Bila Korban Kapal Danau Toba Tak Ditemukan Hal ini Yang Akan Terjadi! Nomor 5 Paling Gawat!

Sudah 8 hari musibah tenggelamnya kapal KM sinar Bangun di Danau Toba,  yaitu pada 18 Juni 2018 masih belum menunjukkan tanda - tanda semua korban dapat ditemukan.

KM Sinar Bangun saat itu mengangkut seratusan penumpang yang dilaporkan tenggelam di perairan Danau Toba, antara Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir dengan Desa Tigaras, Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Senin, sekitar pukul 17.30 WIB. Kabar terakhir yang diterima adalah banyaknya ganggang di dalam danau yang kemungkinan menutupi korban - korban yang tenggelam.

Bisa dipastikan korban yang masih dalam pencarian saat ini kondisinya sudah meninggal dunia,  mengingat telah lamanya mereka tenggelam di dalam danau.

Patut kita akui,  Danau Toba memiliki kedalaman yang sangat dalam dan juga luas yang hampir lebih 14 jam lamanya bila kita telusuri dengan perjalanan biasa selayaknya perjalanan mobil di jalanan.

Bila Korban Kapal Danau Toba Tak Ditemukan Hal ini Yang Akan Terjadi! Nomor 5 Paling Gawat!

Menurut Wikipedia,  panjang Danau Toba sekitar 100 kilometer,  lebar 30 kilometer dan kedalamannya hingga 1.600 meter, wajar saja bila segala macam alat yang digunakan tidak mampu menyusurinya.

Tercatat hingga saat ini korban yang ditemukan masih 19 orang selamat dan 3 orang meninggal dunia. Masyarakat masih berharap agar semua korban dapat ditemukan,  telebih keluarga korban dengan penuh doa memohon agar anggota keluarganya bisa selamat dari musibah tersebut.

Pada Minggu (24/6/2018), titik posisi kapal KM Sinar Bangun yang tenggelam tersebut telah ditemukan Basarnas bersama "Mahakarya Geo Survey" Ikatan Alumni ITB yakni letak koordinatnya sekitar  di 47 derajat lintang utara dan 98,6 derajat bujur timur.

Posisi kapal diperkirakan berada di kedalaman 450 meter di bawah permukaan air. Mengingat kedalamannya hingga 450 meter, Ikatan Alumni ITB mengusulkan untuk memobilisasi ROV ECA H1000 "semi work class" yaitu kapal selam robot demi membantu proses pengangkatan kapal.

Bila Korban yang ratusan jumlahnya masih belum ditemukan juga dan para pelaku yang bersalah tidak dihukum, dikhawatirkan 5 hal berikut ini akan terjadi.

1. Berkurangnya pendapatan masyarakat di sekitar danau toba akibat kunjungan wisatawan yang menurun
2. Munculnya cerita - cerita mistik mengurangi pengunjung yang ingin datang ke Danau Toba dan semakin memperparah keadaan
3. Trauma yang mendalam bagi korban dan keluarga korban
4. Kepercayaan masyarakat akan  berkurang terhadap tempat wisata Danau Toba
5. Wisata Danau Toba sudah tak diminati turis lokal maupun mancanegara


Dapatkan info terbaru via email gratis, jangan lupa klik konfirmasi pada email sobat:

0 Response to "Bila Korban Kapal Danau Toba Tak Ditemukan Hal ini Yang Akan Terjadi! Nomor 5 Paling Gawat! "