Bahaya Face Unlock Pada HP Android

Saya ingin share pengalaman saya kepada pembaca tentang HP android saya yaitu smartphone yang lumayan booming pada jamannya yaitu Oppo F5 Youth. Saya juga pernah mengulas tentang kelebihan dan kekurangan HP ini di bawah ini.

Baca:
Pilih Oppo F5 Youth atau Vivo V7?

Namun kali ini yang ingin saya bahas bukan kelebihan maupun kekurangan,  melainkan  fitur face unlock,  yang mungkin bisa dikategorikan lebih ke arah membahayakan kepada usernya.

Face unlock adalah sebuah fitur yang disediakan smartphone untuk penggunanya agar bisa mengaktifkan smartphone tersebut dengan praktis yakni hanya dengan melalui pengenalan wajah. Sebenarnya tujuannya untuk membuat aman Hp/smartphone yang kita miliki namun kenyataannya malah sebaliknya.

Bahaya Face Unlock Pada HP Android,  Berhati - hatilah!


Mungkin konsepnya sama seperti fingerprint yaitu setiap manusia memiliki karakteriktik sidik jari yang berbeda begitu juga dengan wajah,  maka tidak semua orang bisa membuka HP orang lain,  dan kasus pencurian pun akan bisa diminimalisir.

Sebuah niatan baik dari sang pencipta alat ini namun yang terjadi malah hal yang mengejutkan.  Ketika kelalaian terjadi maka dengan mudah Handphone akan dihack. Lebih tepatnya diakali, karena tidak ada proses utak atik sistem operasi hanya untuk membobolnya.

Jadi,  suatu ketika keponakan saya yang masih SD saya dapati tengah memainkan HP saya yang sudah saya kunci.  saya menguncinya dengan tiga cara, face unlock,  fingerprint,  dan kode sandi.

Ketika saya tahu dia bisa membobolnya saya pun bertanya apa yang ia lakukan sampai bisa membuka HP saya yang saya anggap selama ini sudah aman karena telah saya proteksi ketat. Memang saya harus melakukan itu mengingat data - data pekerjaan saya ada disana.

Keponakan saya bilang kalau ia menggunakan foto saya yang ada di handphonenya dengan cara mengzoom pada bagian muka untuk membuka fitur face unlock di HP saya. Terkejut saya pun segera menonaktifkan fitur face unlock agar hal - hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.

Mengingat lemahnya sistem face unlock ini  untuk harga mahal yang dikeluarkan pembeli dalam memperoleh hp dengan tipe suport face unlock di dalamnya,  rasanya sangat disayangkan.  Saya masih tidak tahu  apakah hanya hp saya saja yang mengalaminya atau mungkin sama seperti hp merk lain.  Namun semoga ada perbaikan dikemudian hari.

Dapatkan info terbaru via email gratis, jangan lupa klik konfirmasi pada email sobat:

0 Response to "Bahaya Face Unlock Pada HP Android"

Post a Comment

Komentar dimoderasi. Mohon berkomentar dengan sopan.