10 Manfaat Bermain Drama Bagi Kecerdasan Anak

Belajar adalah sebuah proses yang sampai kapanpun tidak akan pernah ada selesainya.  Kegiatan ini terkadang menjenuhkan apalagi kalau dilakukan secara terus menerus.

Beberapa orang bahkan memberikan anak - anaknya kelas tambahan selain di sekolah.
Bisa ikut kursus ataupun memanggil guru privat di rumah. Lalu apakah cara ini efektif untuk meningkatkan kecerdasan anak?

Nah,  belajar dari suksesnya pendidikan di Finlandia. Satu hal yang tidak dimiliki pendidikan Indonesia adalah manajemen jam bermain anak.

Kalau dipikir - pikir apakah tidak lelah dengan jadwal yang segitu padatnya anak disuguhi dengan pelajaran dan pelajaran lagi.  Jangankan anak - anak,  orang dewasa saja sering jenuh dengan mempelajari sesuatu yang terlalu monoton.

Padahal otak yang rileks akan membantu anak dalam menyerap pelajaran,  tapi kebanyakan anak - anak Indonesia mengalami stress diwaktu yang sangat belia,  yaitu masa - masa sekolah.

Lihat juga
Cara Ampuh Menghilangkan Stress

Perlu diketahui bahwa seorang anak yang kurang cukup waktu bermain diusia bermainnya,  kelak ketika ia dewasa akan menjadi manusia yang berkepribadian kekanak-kanakkan.  Jadi,  sudah menjadi hal yang umum ketika kita menjumpai anak kecil yang terperangkap di dalam tubuhnya orang dewasa.

Anak - anak sekarang harus belajar sampai jam 2 siang,  beda lagi kalau yang full day school,  nah ditambah lagi mereka harus ikut les atau bimbel sepulang sekolah, selanjutnya harus belajar mengaji hingga malam hari tinggallah waktu untuk tidur mengistirahatkan diri.

Kasihan mengingat yang dikeluarkan tidak hanya uang tapi juga waktu anak.  Masalahnya lagi,  padahal anak sudah rajin belajar, kenapa prestasinya tidak meningkat?

Salah satu penyebabnya tentu saja karena anak stress.  Nah untuk itu kita harus menyiasati waktu belajar anak dan sekalipun ia belajar maka haruslah sambil bermain.

Bermain drama adalah salah satu metode yang tepat untuk mempelajari sesuatu.  Bisa dipakai khususnya untuk mempelajari bahasa.  Mau itu bahasa inggris,  mandarin,  arab, jepang dan lain - lain.


Cara meningkatkan kecerdasan anak dengan bermain drama


Mempraktekkan drama dengan bahasa - bahasanya dapat membuat anak cepat menangkap pelajaran baru. Selain itu ada juga beberapa hal lainnya yang bisa didapatkan anak ketika bermain drama, diantaranya :

1. Kekompakan


Bermain drama bersama teman - teman dapat meningkatkan kekompakan anak dengan teman - teman bermainnya.  Ini juga akan membantu dikemudian hari dalam hal problem solving,  bermusyawarah dan bermasyarakat.

2. Kepemimpinan


Menjadi pemimpin itu harus dilatih,  ternyata dari kecil kita bisa melatih anak,  sebab ketika bermain drama anak akan terbiasa memimpin diri dan teman - temannya agar patuh dengan skenario.

3. Bersosialisasi


Senada dengan kekompakan,  apabila dengan anak yang baru dikenal sekalipun anak sudah bisa dengan mudah mensosialisasikan dirinya. Karena terbiasa membawakan diri dengan sesama.


4. Bergerak sehat


Sangat bagus untuk melatih anak bergerak dan banyak menghasilkan keringat karena bermain drama butuh banyak tenaga dan akan membuatnya sehat.

5. Manajemen


Sama halnya seperti orang dewasa, anak - anak juga lama kelamaan akan memanajemen dirinya dengan caranya bergaul dengan teman - teman bermain dramanya dan membuat adegan - adegan yang ada.

6. Kreatifitas


Sedikit banyak anak akan terlatih dalam hal kreatifitas,  hal ini bisa ditunjukkan dengan ide - ide yang bisa saja muncul ataupun ia utarakan ketika bermain drama.

7. Inisiatif


Ketika memunculkan ide anak akan memberikan tindakan reaksi yaitu initiatif dalam hal mewujudkan idenya tersebut.

8. Melatih ingatan


Benar sekali,  bermain drama akan melatih ingatan anak,  dan ini tentu meningkatkan kecerdasannya.

9. Mengekspresikan diri


Banyak anak yang sulit untuk berekspresi,  melalui media drama,  maka anak - anak akan dibuat ekspresif dengan didorong oleh kebersamaan dengan teman - temannya.

10. Keberanian


Malu tampil di depan umum akan teratasi dengan bermain drama,  mungkin untuk pertama anak akan merasa sungkan,  tapi pada akhirnya ia malah ketagihan.

Nah itu dia 10 Manfaat Bermain Drama Bagi Kecerdasan Anak,  semoga semua anak Indonesia bisa menjadi kebanggaan bagi orangtuanya dan juga nusa dan bangsa.


Dapatkan info terbaru via email gratis, jangan lupa klik konfirmasi pada email sobat:

0 Response to "10 Manfaat Bermain Drama Bagi Kecerdasan Anak"

Post a Comment