Lowongan Kerja Palsu PT Pupuk Sriwidjaja Palembang Menipu Banyak Orang, Waspada !

Maraknya PHK  yang terjadi di tahun 2017 belakangan ini membuat semakin banyak jumlah pengangguran di Indonesia secara menyeluruh. Hal ini belum lagi dikalkulasikan dengan pengangguran - pengangguran lain yang berasal dari lulusan sarjana yang memang belum mendapatkan pekerjaan. Jangankan lulusan S1 bahkan S2 sekalipun masih ada yang menganggur, lalu apa kabar dengan yang hanya lulusan D3 apalagi SMA? kemana lagi mereka harus mencari kerja?

Begitu juga yang dialami oleh salah seorang pemuda yang kami wawancarai. Pria yang enggan disebutkan namanya ini menceritakan pengalamannya melamar pekerjaan via online kepada PT PUSRI (PT Pupuk Sriwijaya Palembang). Tergiur dengan status perusahaan yang BUMN dan dengan gaji besar 4 jutaan rupiah perbulan, ia hampir saja terkecoh oleh lowongan pekerjaan palsu.


Ringkas cerita lowongan pekerjaan tersebut ia dapatkan dari salah satu situs jejaring sosial Linkedin. Seperti warga Indonesia kebanyakan lainnya, ia tidak terlalu familiar dengan jejaring sosial yang satu ini, hingga ia menganggap bahwa website tersebut adalah website resmi milik PT Pupuk Sriwidjaja Palembang.

Sepertinya hal demikian dipakai oleh Sang Penipu untuk mengecoh banyak korbannya. Sistem dibuat benar - benar mirip seperti perekrutan karyawan pada umumnya, pelamar diminta mengirimkan lamaran berupa ijazah dan file - file penting lainnya melalui email dan kemudian harus menunggu untuk kabar ujian tes dan interview yang selanjutnya apabila lulus ditahapan seleksi administrasi.

Anehnya tidak beberapa lama bahkan hanya hitungan waktu sehari saja email langsung dibalas, Sang Penipu pun langsung mengatasnamakan PT PUSRI dan memberikan lampiran berupa pemberitahuan lulus seleksi administrasi dan apa - apa saja yang harus dipersiapkan sebelum seleksi itu dilaksanakan di Palembang.

Peserta diminta untuk kirim konfirmasi kepergian melalui SMS. Nampaknya semacam penghitungan jumlah orang yang akan ditanggungi oleh perusahaan untuk transportasinya pulang pergi ke Palembang. Hal aneh lagi - lagi mencuat disini ketika peserta diwajibkan untuk mendaftarkan diri ke Travel yang bekerja sama dengan perusahaan PT PUSRI, ada seperti ketergesa-gesaan agar peserta membayar dengan segera karena katanya waktunya sudah hampir habis.

Merasa tidak yakin dengan lowongan pekerjaan yang ia dapatkan, pelamar menghubungi kami dan meminta saran agar ia tidak terjerumus oleh usaha penipuan orang tidak bertanggung jawab tersebut, karena sangat tidak relevan ketika pelamar disuruh membayar travel pulang pergi sebanyak empat juta rupiah sementara di dalam lowongan tersebut menyatakan bahwa travel dan mobilisasi disediakan oleh perusahaan.

Ketika ia menelpon pihak travel mereka mengatakan bahwa uang akan diganti perusahaan setelah peserta tiba di Palembang. Kami sudah yakin ini penipuan dari alurnya, tapi karena penasaran, maka kami telusuri bagaimana cara si penipu membuat lowongan pekerjaan ini sampai sukses menipu banyak orang di Internet.


Memakai Linkedin sebagai penyebar lowongan pekerjaan

Lowongan Kerja PT Pupuk Sriwidjaja Palembang Menipu Banyak Orang, Waspadai Loker Palsu !

sepertinya pembuatnya sangat berniat dalam strategi ini, bayangkan saja sampai - sampai membuatkan fromulir di applyto.co atau jobcash.net, peserta bisa klik lamar untuk melihat dan disana akan kita dapati dan amati betapa rapinya pekerjaan sang penipu agar terlihat profesional. 

Lowongan Kerja PT Pupuk Sriwidjaja Palembang Menipu Banyak Orang, Waspadai Loker Palsu !

Perhatikan baik - baik pada halaman linkedin dia juga menyertakan alamat email yang bisa dihubungi atau untuk mengirimkan lamaran. Email itu bukan milik perusahaan PT Pupuk Sriwijaya Palembang yang beralamatkan di www.pusri.co.id. Email resmi milik PT Pusri adalah sdm@pusri.co.id atau humas@pusri.coid, sedangkan pusri@asia.com ialah email milik asia.com yang websitenya abal - abal dan acak-acakan seperti sebuah website travel palsu.

Setelah diselidiki kasus ini ternyata sudah banyak terjadi dengan banyak perusahaan tapi menggunakan modus yang sama semenjak tahun 2013 dan mungkin akan bertambah banyaknya lagi jika orang - orang tidak mendapatkan banyak pengetahuan tentang hal ini.

Saran kami untuk para pencari/pelamar lowongan kerja di Internet.
  1. Lamarlah langsung dari website resminya, kalau tidak ada lowongan pekerjaan berarti memang tidak ada penerimaan karyawan baru.
  2. Jangan mudah tergiur dengan gaji banyak, sesuaikan dengan lulusan dan pengalaman.
  3. Teliti betul alamat website ketika menerima info loker, cek website resminya dan juga alamat email resminya.
  4. Jangan mentransferkan uang dalam bentuk apapun sekalipun itu diiming - imingi sebagai ongkos transportasi yang akan dikembalikan uangnya oleh perusahaan.
  5. Coba searching internet terlebih dahulu tentang info pekerjaan yang didapat, ini membantu mengetahui ketidaktahuan kita tentang perusahaan dan juga tipuan yang mungkin dilakukan dari pengalaman orang - orang yang diceritakan di Internet.
  6. Bukan mengatakan informasi lowongan pekerjaan di Linkedin penipuan ataupun web informasi lowongan pekerjaan lainnya, tapi ada beberapa orang tak bertanggung jawablah yang menyalahgunakan website tersebut. Maka harus teliti.
Demikian informasi tentang Lowongan Kerja Palsu PT Pupuk Sriwidjaja Palembang Menipu Banyak Orang, Waspada ! dan jangan lupa bagikan ini kepada siapa saja agar semua orang lebih berhati - hati lagi dan tidak menjadi korban.

Dapatkan info terbaru via email gratis, jangan lupa klik konfirmasi pada email sobat:

0 Response to "Lowongan Kerja Palsu PT Pupuk Sriwidjaja Palembang Menipu Banyak Orang, Waspada !"

Post a Comment