Tidurnya Orang Yang Berpuasa Adalah Ibadah?

Hari - hari tidak terasa dan puasa kita di bulan Ramadhan ini pun berjalan dengan sangat lancar. Beberapa diantara kita tidak merasakan ada beban apapun ketika berpuasa karena yang dirasakan hanyalah menahan haus dan juga lapar. Fenomena yang banyak kita jumpai adalah selesai makan sahur langsung tidur dan ini akan terus berlanjut hingga tiba waktunya berbuka puasa. Apa ia ada orang seperti itu?

Tidurnya Orang Yang Berpuasa Adalah Ibadah?


Faktanya semakin tahun 2016 ini, semakin banyak seorang muslim yang melakukan hal yang demikian, apalagi jika malam harinya ia sibuk bergadang untuk kepentingan kebahagiaan duniawinya, nonton bola, nongkrong, maen game, bahkan ada pula yang masih tidak bisa menahan diri agar tidak melakukan hal maksiat di bulan puasa. Alasan sederhana yang diucapkan adalah karena malam hari sudah tidak puasa, esok siang ia akan puasa dan beribadah dengan sepenuh hati dan kekhusyukan. Pertanyaannya, sahkah puasa orang seperti itu? Apakah memang benar tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah?

Dijadikan Dalil Untuk Anak Muda Bermalas - Malasan Ketika Berpuasa

Percaya atau tidak, hadist yang menyatakan tidurnya orang berpuasa adalah ibadah ini memang sangat sering kita dengarkan di masjid - masjid oleh para penceramah dan ini menjadi motivasi tersendiri bagi para anak muda untuk bergadang dan menghabiskan waktu malam hari untuk bersenang - senang, menyiksa kesehatan badan, terkena angin malam, menonton bola dan apalagi saat ini lagi musimnya liga eropa. Keesokan harinya tak jarang banyak yang malas bangun untuk makan sahur, tapi ia berniat puasa karena tahu puasa hukumnya wajib. Sekali lagi menyiksa raga, sampai waktu berbuka ia tahan tertidur karena ingin balas dendam tidak tidur semalaman. 

Hadist Tersebut Ternyata Lemah/Dhaif


Hadis tersebut ternyata merupakan hadis dho'if (lemah). Hadis ini ditemukan didalam kitab Ihya' Ulumuddin Karangan Imam Al Ghazali Jilid 1 halaman 242.

Dalam kitab tersebut disebutkan; Dari Abdullah bin Abi Aufa radhiallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda, “Tidurnya orang yang berpuasa itu ibadah, diamnya adalah tasbih, doanya dikabulkan, dan amalnya dilipatgandakan.” (HR. Al-Baihaqi dalam kitab Syu’abul Iman) Al Baihaqi sebagai periwayat hadis mengatakan,dalam sanad hadis ini terdapat perawi yang bernama Ma’ruf bin Hassan dan Sulaiman bin Amr An-Nakha’i.
Al Baihaqi mengatakan, perawi yang bernama Ma’ruf bin Hassan adalah dhaif, sementara Sulaiman bin Amr lebih dhaif lagi dari Ma'ruf. Dalam Takhrij Ihya’ Ulumuddin jilid 1, halaman 310, Imam Al-Iraqi menyebutkan salah seorang perawi Sulaiman An-Nakha’i termasuk salah serang kazib (tidak dapat dipercaya riwayatnya).
Syaikh Nashiruddin Al Banni memasukkan hadis ini dalam kumpulan hadis dhaif karangannya (dapat dilihat Silsilah Adh-Dhaifah, Hadis ke 4696). Demikian juga Imam Al-Munawi dalam kitabnya, Faidhul Qadir Syarh Jami’us Shaghir juga mendhaifkan hadis ini.

Maka apabila berlandasan akan hadist tersebut lalu ingin tidur terus - terusan maka jelas akan membuat kita berpuasa sia - sia, terlebih lagi dengan tidur tanpa henti dapat merusak kesehatan. Orang yang berpuasa lebih dianjurkan untuk beraktifitas, beramal, tadarus, olahraga dan selama itu tidak bermalas - malasan dan tidak membatalkan puasanya maka pahala akan berlipat - lipat kita dapatkan.

Tidur Menjadi Ibadah Karena Niat


Meskipun begitu ternyata  tidur dapat dikatakan sebagai ibadah di bulan puasa ketika diniatkan untuk mengistirahatkan tubuh yang lelah. Tentu saja di siang hari dan bukannya dalam keadaan yang terus - menerus. Tidur siang yang dimaksudkan disini adalah satu jam hanya untuk menyegarkan stamina badan. Lagipula dibulan yang penuh dengan berkah ini sangatlah sayang jika hanya dihabiskan untuk bermalas - malasan saja, sebab ketika kebablasan tidur juga menyebabkan tinggalnya shalat, sedangkan puasa tanpa shalat ibaratkan rumah tanpa tiang.

Wallahu'alam.

Dapatkan info terbaru via email gratis, jangan lupa klik konfirmasi pada email sobat:

24 Responses to "Tidurnya Orang Yang Berpuasa Adalah Ibadah? "

  1. Tidur jg buat lemes kan mbak deb, lebih baik isi kegiatan yg bermanfaat ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepakat dengan Hayy... daripada tidur lebih baik isi dengan kegiatan yang bermanfaat. Salah satu kegiatan yg bermanfaat saat tengah malam adalah tidur. :)

      Delete
    2. hehe, tidur malam ya jelas ibadah donk mas Irham
      setuju saya sama semuanya

      Delete
  2. mbak deb, itu muka siapa yg tidur diatas? nyenyak banget itu boboknya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu muka anak emaknya loh saya poto,hehe

      Delete
  3. Kadang suka dijadiin bahan candaan sama temen, katanya mau ikutan ibadah siang nggak? saya tanya ibadah apaan? jawabnya tidur siang...
    Ternyata pemahamannya tidak seperti itu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. becanda ini sudah jadi indonesia kayaknya kang Man,hehe

      Delete
  4. Benar tuh mba walaupun tidurnya orang yang sedang berpuasa itu ibadah tetapi tidak di anjurkan untuk seharian tidur dan malas-malasan, apalagi sampai lupa waktu sholat. itu kebangetan banget tuh

    Ngomongin masalah piala Eropa ini merasa tersindir nih karena saya pecinta bola yang selalu menontonnya apabila tidak bekerja :) hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ih saya gak nyindir loh mas EfFend, Saya cuma sarkasm

      Delete
  5. tidurnya ahli ibadah berbeda dengan tidurnya orang awam. Ayo yang awam seperti saya jangan tidur melulu tapi perbaiki amal kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk mari perbaiki amal, sama saya juga masih awam mas Nailul

      Delete
  6. Itu foto debi apa foto orang lagi ngaji yang ketiduran hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. foto anak orang mas, gak tau gak kenal juga
      jumpa dijalan itu wkwkwk

      Delete
  7. bahaya nih mba debe, kalau saya ketiduran, bisa diposting kyk diatas hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh bahaya ya teh, ah kalau teteh diposting mah cakep dunk

      Delete
  8. Kebayang yah, gimana nasib Puteri Tidur sekarang. Tidur selama ratusan tahun, pasti mudharatnya gede...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih gede semuanya mas Son, bauk the jigongnya juga gede

      Delete
  9. Kalau ane kebanyakan tidur malah bangun2 lemes + laper + hausnya banget, jadi secukupnya aja kali ya,, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iye mas Eksapedia, cukup dan tidak berlebihan

      Delete
  10. tahun lalu kala masih mengawasi pembangunan jalan nasional yang kerjanya tengah malem sampe pagi, puasaku tidur dari saur - bangun jam 3 sore, justru malah pol puasanya sebulan penuh...jadi tiudrlah yang banyak kala puasa ramadan, sebab tidur pun dapet pahala..hehe

    ReplyDelete
  11. Kalau saya mah lebih baik tidak tidur siang mbak, karena kalau saya tidur siang suka ke bablasan bahkan sampai jam 5 mau magrib, kemarin saja hari minggu saya tidur jam delapan pagi bangunnya jam 5 sore bukan salah susah bangun tapi mungkin dikarenakan kecapean.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelum tidur mungkin baca doa dulu kang supaya jangan kesiangan

      Delete