Hukum Pria Memakai Perhiasan Emas dan Perak

Sungguh sudah sangat banyak bertebaran di jalan para pria yang memakai anting, gelang, cincin dan terlebih dari itu kesemuanya terbuat dari emas, ada beberapa yang menggunakan perak dan bahan - bahan yang lainnya. Secara normal bahkan kita tahu fitrah yang menjadi perhiasan di dunia ini adalah wanita, tentu saja yang seharusnya cantik dan berhias adalah harus wanita. Konon jaman berkata lain, media dengan gencar mempromosikan gaya pria seperti demikian agar dibilang keren. Lalu bagaimanakah islam menyikapi hal ini ?

Hukum Pria Memakai Perhiasan Emas dan Perak


Hukum Pria Memakai Perhiasan Emas dan Perak

Sudah diterangkan di dalam hadist di atas bahwa seorang laki - laki muslim dilarang untuk memakai emas dan perak, hal ini akan membuat dirinya menyerupai perempuan dan itu sangatlah diharamkan untuk dilakukan. Memakai anting, gelang, kalung, atau apapun perhiasan lainnya yang membuat seorang laki - laki mirip dengan perempuan, sangat tidak dianjurkan. Beda halnya dengan pria, wanita dihalalkan memakai emas dan sutera, hal ini tidak dipermasalahkan di dalam islam.

Mengikuti jaman atau meninggalkan agama adalah pilihan seorang muslim modern kini yang mengatakan tidak mungkin agama dituruti seratus persen, sementara manusia akan selalu membuat dosa. Pernyataan seperti ini semakin melemahkan aqidah dan akan menambah seseorang kian terjerumus kepada kesalahan - kesalahan baru yang dilakukan lagi. Dosa memang tidaklah muncul diwajahnya seseorang, pahala dan berkah jika diselidiki tidak ada yang bisa menampakkannya. Allah SWT menciptakan perintah dan laranganNya, sebagai seorang muslim yang baik, tugas kita adalah melaksanakannya. 

Tidak hanya memakai emas dan perak untuk perhiasan, menggunakannya untuk wadah tempat makanan juga tidak diperkenankan, sebagaimana hadist berikut :

Hukum Memakai Perhiasan Emas dan Perak untuk makanan


Sungguh perempamaan yang sangat mengerikan yaitu di dalam perut seseorang ada api neraka yang bersuar mendidih menggelegak. Semoga kita selalu bisa melaksanakan apa yang diperintahkan dan menjauhi laranganNya. 

Dapatkan info terbaru via email gratis, jangan lupa klik konfirmasi pada email sobat:

9 Responses to "Hukum Pria Memakai Perhiasan Emas dan Perak"

  1. Mbak, saya setujuuu. islam aja udh mengharamkan kok mereka yg islam gak merasa gimana gimana gitu ya pke perhiasan yg emas. udh lebih" wanita aja sikapnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. rahay wiandra harus kasih ceramah pada mereka

      Delete
  2. Memang gak seharusnya laki laki memakai perhiasan. Apa lagi mamakai anting.. Dewasa ini dengan dalih Mengikuti jaman atau meninggalkan agama adalah pilihan seorang muslim modern kini yang mengatakan tidak mungkin agama dituruti seratus persen, sementara manusia akan selalu membuat dosa. Pernyataan seperti ini semakin melemahkan aqidah dan akan menambah seseorang kian terjerumus kepada kesalahan - kesalahan baru yang dilakukan lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tepat sekali mas admin bos, sebarkan kebaikan.
      copas bisa ya? hehe

      Delete
  3. setahu saya tidak hanya emas dan perak saja. memakai perhiasan yang bukan emas pun haram kecuali cincin

    ReplyDelete
    Replies
    1. berdandan ala wanita haram pokoknya mas ifrod

      Delete
  4. untung saya nggak termasuk laki2 yg suka pake perhiasan nih mbak

    ReplyDelete
  5. Saya biasa dipanggil "Mas", tapi saya pastikan saya tidak pernah memakai emas kok, Mbak Deb. :)

    ReplyDelete