4 Aplikasi Islami Terbaik di Bulan Ramadhan Untuk Android Kamu

Mengingat begitu berartinya bulan ramadhan, maka sangatlah layak kita katakan bahwa bulan istimewa ini seharusnya kita isi dengan sebanyak - banyaknya ibadah kepada Allah SWT. Di kala kita sangat menggandrungi dunia tekhnologi seperti android yang selama ini kita favoritkan, lalu muncullah pertanyaan, apakah android kamu sudah dilengkapi dengan aplikasi - aplikasi islami terbaik untuk memfasilitasi ibadah di bulan puasa tahun ini?

Faktanya, kebanyakan masyarakat indonesia memiliki android sebagai smartphone yang diandalkan di dalam kehidupan sehari - hari, beberapa diantaranya pun memiliki lebih dari satu smartphone. Ini sangatlah menarik untuk diteliti, sebab kita ketahui mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim. Lalu kemudian ketika ditelusuri sangat sedikit yang menginstal aplikasi - aplikasi islami di dalam androidnya, umumnya masyarakat hanya mendownload aplikasi untuk hiburan, games, musik, dan lain - lain. Ini dikarenakan kebutuhan akan hal tersebut yang dianggap lebih penting daripada kebutuhan yang dikategorikan untuk kepentingan agama.

Beruntunglah kita sudah berada di bulan Ramadhan nan penuh berkah ini, karena di hari - harinya yang berlimpahan rahmat, berbondong - bondong umat islam melakukan amal  - amal kebajikan. Masih belum terlambat jika ingin memperbanyak amal ibadah kita, sebab bulan suci masih belum berakhir. Sebenarnya tidak hanya bulan Ramadhan saja, bulan - bulan biasa juga kita seharusnya mampu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Nah salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT adalah dengan mengumpulkan sebanyak - banyaknya pahala melalui ibadah - ibadah yang kita lakukan.

Berikut ini adalah aplikasi - aplikasi islami yang dapat dimanfaatkan untuk beribadah di rumah sendiri atau dimana saja hanya dengan bermodalkan android kesayangan kita. Sobat bisa mendownloadnya langsung di Play Store agar bisa menginstal dan menggunakannya. Rata - rata aplikasi - aplikasi ini gratis, jadi semakin memudahkan kita untuk beribadah.

1. Jadwal Sholat


aplikasi Jadwal Sholat


Jangan bingung ketika kita dalam perjalanan dan misalnya sangat jauh dari lokasi masjid. Aplikasi Jadwal sholat ini sangat membantu kita dalam hal menentukan waktu sholat dengan lengkap, bahkan di bulan puasa aplikasi ini juga sangat berguna dalam hal menandai waktu imsakiyah. Selain ada jadwalnya, kita juga bisa mengatur alarm untuk mengingatkan kita kalau waktu shalat sudah tiba, baik berupa adzan ataupun dering yang bisa diatur. Apalagi ada menu untuk mengetahui arah kiblat di dalamnya, inilah selengkap - lengkapnya aplikasi jadwal sholat.


2. Murattal MTJ

aplikasi Murattal Muhammad thaha


Murattal dari Muhammad Thaha Al - Junayd adalah pilihan terbaik untuk keluarga dalam hal mendengarkan ayat - ayat al-quran, baik itu untuk anak - anak ataupun dewasa suara murattal dari Muhammad Thaha versi anak - anak ini sangatlah membius para pendengar untuk semakin cinta kepada Allah. Aplikasi android ini luar biasa bagus karena bisa membuat kita menghapal Al-Quran dengan sangat menyenangkan, apalagi kita bisa memutar mp3 nya tanpa harus tersambung dengan koneksi internet. Pastikan terlebih dahulu bahwa sebelumnya mp3 murattal tersebut sudah didownload dan tersimpan dimemori android kamu.

3. MyQuran INA


aplikasi android MyQuran INA


Bacalah Al-Quran dimanapun dengan android kamu dengan aplikasi MyQuran INA, aplikasi ini memungkinkan kita untuk membaca Al-Quran disertai dengan tanda - tanda warna yang membantu dalam mengenal tajwid tertentu seperti ikhfa, izhar, dll. secara lengkap. Selain itu aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk memutar langsung bacaan dari Qari' yang kita sukai seperti Mishary Rashid Al Afasy, Ghamadi dan masih banyak yang lainnya. Oh ya aplikasi ini ada dua versi, yaitu yang berbayar dan yang gratis. Versi berbayar tentulah lebih lengkap dari yang gratis yaitu memuat semua murattal dengan penuh, sementara yang gratis hanya sebatas beberapa surah pendek saja. Maka sebenarnya tidak ada kerugian memiliki yang versi berbayar. Apalagi aplikasi ini sudah disertifikasi oleh Menteri Agama RI, jadi tidak ragu memasangnya.

4. Tajwid Lengkap

aplikasi android Tajwid Lengkap


Nah kalau yang satu ini adalah aplikasi yang bisa kita gunakan untuk belajar mengaji, yaitu tajwid lengkap. Mengingat beberapa keunggulan aplikasi berikut ini sangat banyak, maka tak heran kalau aplikasi berikut kami rekomendasikan untuk sobat miliki, diantaranya mengupas tajwid dengan jelas dan komplit hukum - hukum bacaan dan disertai dengan suara. Sangat cocok untuk yang baru belajar memahami bacaan Al-Quran.

Demikian 4 Aplikasi Islami Terbaik di Bulan Ramadhan Untuk Android Kamu. Barangkali ada banyak sekali aplikasi - aplikasi islami yang lainnya yang kamu ketahui silahkan ditambahkan. Tulisan ini dibuat atas dasar pengalaman penulis pribadi, semoga bermanfaat dan teruslah berlomba dalam memperoleh pahala di bulan yang suci.


Dapatkan info terbaru via email gratis, jangan lupa klik konfirmasi pada email sobat:

14 Responses to "4 Aplikasi Islami Terbaik di Bulan Ramadhan Untuk Android Kamu"

  1. saya punya satu aplikasi saja nih mba :) aplikasi jadwal waktu imsak :) biar gk kebablasan gtu sahur nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah mas Effendi Uptodate juga ya

      Delete
  2. harus dilengkapi aplikasinya yang belum ada di andro saya, makasih mba

    ReplyDelete
  3. suara adzan berbuka gk ad ya mbak..hehe :D
    edisi nunggu adzan..wkww

    ReplyDelete
  4. Saya juga punya mbak aplikasi tapi disini tidak ada, namun saya mah lebih ke untuk bisa berbahasa arab atau aplikasi yang menerjemahkan bahasa arab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kang koleksi terus

      Delete
  5. Walaupun tinggal beberapa hari lagi puasa berakhir,,,gue rasa aplikasi ini masih sangat gue butuhkan...

    ReplyDelete
  6. Ia Wahab bener kita ibadah jangan cuma bln puasa doank yg dibanyakin toh appnya masih bs dimanfaatkn

    ReplyDelete
  7. Aplikasi MyQuranINA dan Tajwid lengkap sangat bagus untuk memperkenalkan Tentang Membaca Al-Quran buat anak-anak dan juga saya tentunya.

    ReplyDelete
  8. Aplikasi - aplikasinya bermanfaat sekali yah? namun sngnya saya belum punya android :D

    ReplyDelete
  9. semuanya ada kecuali nomor 3 saya ganti dengan aplikasi al-qur'an biasa yang warna hijau itu loh :D

    ReplyDelete
  10. Walaupun ramadhan udah lewat nggak ada salahnya mencoba aplikasi diatas ya mbak :-)
    Minal Aidzin Walfaidzin ya..
    mohon maaf lahir & batin..

    ReplyDelete