10 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan !!!

Buah kurma saat bulan puasa adalah buah yang paling banyak dicari kaum muslimin, masing - masing keluarga sudah menyiapkan menu berbuka puasa masing - masing, namun jangan pernah melupakan menambahkan buah kurma sebagai buah - buahan wajib karena manfaatnya yang luar biasa...

Berpuasa sebulan lamanya, melaksanakan perintah agama, memakan buah kurma sebagai sunnah, umat islam menjalaninya dengan baik namun tak banyak yang tahu kalau buah ini memiliki segudang khasiat yang bahkan bisa dikatakan hampir mencapai kesempurnaan diantara buah - buah lainnya. Kenapa demikian?

Di dalam tujuh butir buah kurma terdapat 100 gram yang mengandung gula, glukosa, frukrosa, sukrosa, selulosa, protein, lemak, mineral, protasium, fosfat, belerang, magnesium, kalsium, fosfor, asam amino essensial diantaranya lisin, valin, leosin, arginin, teorinin, isalosin, tritopan, vitamin A, B1, B2, serta asam glutamin sebagai anti oksidan.

Buah kurma dan manfaatnya sangatlah banyak dan apabila diurutkan tidak hanya 100 manfaat kurma bagi kesehatan, bahkan bisa lebih dari itu, namun kami mengurutkan diantaranya yaitu:

1. Buah Kurma Sebagai Penangkal Racun

Disarankan untuk memakan kurma tujuh butir setiap hari untuk membantu tubuh dalam hal melawan racun - racun yang menyumbat aliran darah, ini dikarenakan kurma memiliki zat antioksidan yang sangat tinggi. Selaras dengan sunnah rasul yang juga memerintahkan kita akan hal yang sama, sungguh besar keutamaan buah kurma bagi seorang muslim.

2. Kurma Sebagai Sumber Energi

Mengonsumsi buah kurma dapat menjaga diri kita agar asupan energi tetap tercukupi, hal ini dikarenakan kurma sebagai sumber energi yang baik dengan kandungan manfaat gizi di dalamnya yang lengkap. Kurma juga sangat baik untuk berbuka puasa, sebab ketika berpuasa manusia terlalu banyak kehilangan energi.

3. Mencegah Kanker

Kita bisa terhindar dari kanker apabila rajin mengonsumsi kurma, terutama kanker usus besar, serat pada buah kurma sangatlah banyak dan ini bisa menjadi pelancar dan membantu selaput lendir usus agar mengikat bahan kimia sehingga mencegah terjadinya kanker usus besar.

4. Manfaat Bagi Pencernaan

Masalah - masalah pencernaan seperti susah buang air besar, anti infeksi, anti inflamasi dan anti hermaracik dapat diatasi dengan baik oleh buah kurma, kita cukup memakannya saja secara rutin setiap hari.

5. Menjaga Kesehatan Mata 

Kandungan vitamin A pada kurma sangatlah tinggi, kelebihan ini bisa kita manfaatkan untuk memelihara kesehatan mata. Selain itu juga kurma sangat bagus untuk melindungi kulit dari penyakit - penyakit, mencegah kanker paru - paru dan kanker mulut.

6. Kurma Sebagai Sumber Zat Besi

Zat besi adalah komponen hemoglobin di dalam sel darah merah yang menentukan daya dukung oksigen di dalam darah. Nah, kandungan zat besi di dalam kurma sangatlah banyak, fungsinya juga bisa kita manfaatkan untuk tubuh kita.

7. Mencegah Stroke 

Kalium pada kurma mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah sehingga memberi perlindungan terhadap penyakit stroke dan jantung koroner.

8. Mencegah Anemia

Buah kurma sangat ampuh untuk mencegah anemia dikarenakan zat besi dan kandungan B kompleks di dalamnya yang berkhasiat baik bagi jantung, selain itu juga kalium memiliki peranan yang tak kalah pentingnya bagi tubuh.

9. Memelihara Kebugaran

Agar selalu tampil bugar, selalulah mengonsumsi kurma terutama bagi pria, sebab zinc yang terdapat pada kurma meningkatkan hormon testosteron pada pria dan membuat tubuh terpelihara kebugarannya.

10. Manfaat Kurma Bagi Ibu Hamil

Manfaat kurma bagi kandungan dan ibu hamil juga tak kalah banyaknya, diantaranya memelihara kesehatan ibu agar tidak terkena anemia, memperlancar persalinan dan ASI, meningkatkan kekuatan di saat proses persalinan, menjaga kontraksi otot jantung, memperlancar pencernaan ibu, serta kandungan gizi yang tinggi pada kurma juga kalsium yang amat baik bagi pertumbuhan gigi dan tulang pada janin.


Dapatkan info terbaru via email gratis, jangan lupa klik konfirmasi pada email sobat:

29 Responses to "10 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan !!!"

  1. saya taunya kurma itu untuk menambah tenaga dan sangat cocok dikonsumsi diwaktu berbuka puasa mbak.
    ternyata masih ada 9 manfaat ygt lain toh

    ReplyDelete
  2. Saya kira mba akan membahas semuanya :) Tapi saya yakin manfaat buah kurma ini lebih dari 100 mba soalnya dalam artikel mba saja sudah 10. gimana dalam artikel orang lain coba. jadi kalau di tambah-tambahin bakal lebih deh dari 100. Btw belum beli kurma nih buat nanti buka :) hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. 10 aja uda pegel, Itu juga banyak yg disatuin,
      Terimakasih effendi nurdiaman atas tambah2nya

      Delete
  3. Alhamdulillah kurma termasuk makanan favorit saya :-)
    btw jadi inget kalau di rumah belum ada kurma.. Hehehe

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah mas eksapedia bisa beli untuk dirumah

    ReplyDelete
  5. tapi saya yang kebetulan saat ini sedang berada didunia barat...biasa-biasa ajah tuh...nggak sampe menggemparkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah yang betul kang lagi ada dimana tuh ?

      Delete
    2. Barat mana dulu nih? Maksudnya Indonesia bagian barat?

      Delete
    3. ah mang lembu dunia baratnya pakai kompas mana cobak
      Kang Nurul Iman, gak usa ditanyain entar dia tanya balik loh,hehe
      Dedy Akas, Dengan Barat Hati saya bilang Ya

      Delete
  6. oya mbak, itu judulnya 100 manfaat kurma, kok tulisannya hanya sepuluh mbak? disempurnakan di youtubenya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ngeliatnya 10 loh kang oim..

      coba deh kang oim simpan angka 0 1 lg, jd 10 kan kang? :D
      karena saya udh simpan angka 0 nya kang buat jaga" tabungan masa depan kang.

      Delete
    2. ia 100 kebanyakan mending ditabung kang Oim dan Rahaya Wiandra

      Delete
  7. Saya hanya tahu kalau kurma itu makanan khas yang hanya ada saat bulan puasa aja, ternyata banyak manfaat yang terkandung di dalamnya yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang, musimnya di bulan ramadhan ya.
      yuk ah kang berburu kurma di pasar. buat kurma untuk cake juga biar enak

      Delete
    2. ada banyak kang mbak, disupermarket
      kandungannya ya banyak bingit

      Delete
  8. Wah ternyata buah kurma ini banyak sekali ya manfaatnya, tapi harganya juga mahalkalau di kampung

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang, semakin enak smkin mahall. krena di produksi dri negara arab ya. mahal pajak dan ongkos jalannya mgkn kang..

      Delete
    2. ia kang dan rahayu wiandra, kalau mau murah mungkin bisa tanam sendiri yak

      Delete
  9. ternyata banyak juga ya manfaat buah kurma ini, kirain cuma bisa buat buka puasa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas itu salah satunya buat buka puasa, makanan manis yg nikmat. Nabi juga favoritnya ini kan.
      istimewanya, hny pada waktu Ramadhan kurma ini akan berbuah banyak. pernh baca gtu klo gak salah deh, iya gak mbak deb?

      Delete
    2. wuih banyak sekali boss Bloggerpedia, tak terhingga
      100 untuk Rahayu Wiandra
      udah macam adminnya,hehe

      Delete
  10. Banyak banget ya.. sampe 100 manfaat kurma bagi kesehatan...
    Inilah salah satu keistimewaan buah-buahan yang ada di alam surga...
    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga kita bisa sampai disana ya mas ded,
      salam back

      Delete
  11. wah banyak bangettt...
    nah loh, bgi ibu hamil bisa jg yaa.. wih manteb
    manisnya kurma, manisnya ramadhan kita ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. manisnya kurma semoga bisa tertularkan kepada kita ya
      Rahayu Wiandra

      Delete