6 Manfaat Tanaman Bunga Kertas Bougenville bagi Kesehatan

Tanaman bunga kertas (bougenville) sangat banyak ditanam di pekarangan rumah, selain mempercantik dan menjadi tanaman hias, Bougenville  ternyata memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan kita, apakah sobat sudah tahu apa - apa saja manfaat tersebut? Berikut kami berikan informasinya.

Sejak dulu di Filipina bahkan masyarakat menggunakan tanaman bunga kertas untuk mengobati berbagai macam penyakit, kemudian dilanjuti dengan tersebarnya berita tersebut hingga diikuti Amerika, Eropa dan negara - negara Asia lainnya. Senyawa yang bisa kita temukan dalam bunga ini juga banyak sekali yaitu Tannin, Pinitol, Alkaloid, Antrakuinon, Asam Oksalat, Flavonoid, Senyawa Fenolik, Glikosida, Terpenoid, Saponin, Steroid, Minyak Esensial, Lemak dan Protein.

6 Manfaat Tanaman Bunga Kertas Bougenville bagi Kesehatan

Nah untuk itu beberapa penyakit dapat disembuhkan dengan menggunakan tanaman bunga kertas ini sebagai obat, diantaranya :

1. Kolesterol


Bahaya kolesterol dapat memicu berbarbagai macam penyakit ganas di dalam tubuh kita, hindari ini dengan menyimbangkan jumlah kolesterol HDL dan LDL di dalam tubuh. Mengonsumsi teh dari tanaman bunga kertas (bougenville) dapat menjaga keseimbangan tubuh akan kelebihan kolesterol tersebut.

2. Melancarkan Pencernaan


Penyakit semacam lambung bermasalah, diare, kembung dan perncernaan tidak lancar bisa disebabkan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Atasi ini dengan cara berikut: yaitu cuci bersih daun bougenville dan rebuslah dengan menggunakan air sebanyak tiga gelas hingga mendidih dan air berkurang setengahnya. Konsumsilah air rebusan tersebut dengan madu untuk menyembuhkan penyakit pencernaan yang diderita.


3. Gatal Pada Kulit


Penyakit gatal bisa diakibatkan biang keringat, bakteri, jamur dan masalah pada kulit ini bisa diatasi dengan menggunakan ramuan tanaman bunga kertas (bougenville), daun sirih, daun lidah buaya yang dikupas, cuci dan kemudian rebuslah hingga menjadi kental dan oleskan pada bagian kulit yang gatal setelahnya. Jangan lupa dinginkan terlebih dahulu.

4. Hepatitis


Ternyata batang bunga bougenville ini bisa juga untuk mengobati penyakit hepatitis. Caranya cucilah dengan bersih bagian batang sebanyak 15 gram, kemudian ambil air dua gelas untuk merebus, biarkan hingga rebusan berkurang airnya setengah. Setelah disaring, bisa langsung diminum selagi hangat, sehari satu gelas.


5. Haid Bermasalah/Tidak Teratur


Ini masalah yang tidak boleh diambil enteng oleh wanita karena haid tidak teratur bisa memunculkan penyakit lain yang berbahaya bagi tubuh wanita tersebut, atasi dengan bunga bougenville, ambil sekitar 15 gram bunganya, 15 rumput teki,  setelah itu rebuslah dengan air dua gelas dan biarkan hingga airnya berkurang setengahnya atau satu gelas, saring dan minumlah segelas sehari.

6. Nyeri Haid dan Keputihan


Penyakit wanita yang harus segera diobati lainnya yaitu nyeri haid dan keputihan, keduanya bisa disembuhkan dengan memanfaatkan tanaman ini, cuci dan bersihkan 9 sampai 15 gram bunga bougenville, rebus dengan air 2 gelas, biarkan hingga bersisa 1 gelas, minum selagi hangat segelas sehari dan jangan lupa sebelumnya disaring terlebih dahulu.

Demikianlah 6 Manfaat Tanaman Bunga Kertas Bougenville bagi Kesehatan, semoga informasi ini dapat menambah wawasan kita bersama.




Dapatkan info terbaru via email gratis, jangan lupa klik konfirmasi pada email sobat:

46 Responses to "6 Manfaat Tanaman Bunga Kertas Bougenville bagi Kesehatan"

  1. Jadi mau coba khasiatnya bunga ini... Deb!

    ReplyDelete
  2. Hem.... Ternyata selain jadi penghias, juga bisa buat obat ya mbak.! Buat jamur, termasuk panu, kadas ya mbak.! Xixixi oh ya mbak tuh komentarnya di blog sebelah minta di jaeab mbak xixixixu... Blog nya mbak tadi saya pikir punya saya.! Templetnya sama ha ha ha

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener ini tanaman penghias sekaligus obat yang jarang diketahui orang.
      Oh ia mas admin bos, lupa saya jawab komennya diblog sebelah, banyak pengunjung tuh,
      ada apa sih kok bisa mirip templatenya? ngintips ya? hahaha

      Delete
    2. Xixixixi ngintip.!?? Gsk donk timbilen engko ek ek ek templet itu dak kupakai sejak tahun 1970 mbak hek hek hek

      Delete
  3. masya allah ternyata bunga favorit keluargaku ini ada manfaatnya slain indah dipandang ya, makasih udah sharing,kunjung balik dan komen ya tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Raini Munti bener deh, bunga ini indah dan bermanfaat, terimakasih kembali kunjungannya

      Delete
  4. Itu bunga kalau direbus warnanya tetap merah atau gimana y ? aku penasaran buat obat melancarkan pencernaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. merah donk warnanya, kok berubah? emangnya ultramen

      Delete
    2. ada lagi yg berubah, mbak.. power ranger :)

      Delete
    3. waduh banyak pahlawan super disini

      Delete
  5. Wah, saya baru tahu kalau bunga ini memang bisa mengatasi kolesterol. Sip deh buat tipsnya.

    ReplyDelete
  6. Banyak juga ya mbak manfaat bunga dari bunga kertas untuk kesehatan, sepertinya ini cocok juga ya untuk dijadikan bahan olahan kesehatan dan juga bisa dijadikan bahan obat herbal juga ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sri Lestari bisa praktek deh langsung dirumah, bener itu mah

      Delete
  7. Ternyata bunga kertas bisa di konsumsi juga ya mbak, saya baru tahu tuh mbak ... hehehe

    ReplyDelete
  8. tanaman ini byk bgt di rumah loh, tapi seriusan bru tau ad manfaatnya bagi kesehatan. :)
    Wah makasih ya mbak deb :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rahayu bisa sebarin ke teman lainnya biar sama-sama tahu

      Delete
  9. Orang yang sembelit jadi cocok ya Mbak Debe, menjadikan Tanaman Kertas sebagai obat..... :D biar lancar gitu ya... hehehehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sembelit itu seksi mas Diar, gak perlu diobati kalau menurut saya

      Delete
  10. Kayaknya saya perlu nanam bunga ini solanya punya masalah sama lambung kan enak nantinya tinggal bikin obat sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo mas dwi, semoga lekas sembuh

      Delete
  11. biasanya nyeri haid hanya wanita yang pertama kali haid. nah gimana jika setiap haid terasa nyeri bahkan sampe pingsan? seperti yang terjadi pada teman saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. perlu diperiksakan ke dokter mas, biasanya itu penyakit

      Delete
  12. wah wah, ternyata bisa menurunkan kolesterol nih.. depan rumah bunga yang satu ini masih banyak. baru tahu. makasih mbak

    ReplyDelete
  13. lah ini kok banyak banget sih manfaatnya, pernah punya tanaman ini waktu di kalbar :D

    ReplyDelete
  14. dulu waktu masih kecil bunga ini banyak dan sering dipake mainan pasar-pasaran atau masak-masakan... entah kenapa sekarang kuk jarang nemui bunga ini...
    baru tahu kalau bungan bugenvil ternyata bisa dijadikan obat tradisional...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas sumarno saya juga dulu suka masakin ini bunga,hehe
      bisa banget untuk pengobatan

      Delete
  15. kirain hanya untuk hiasan saja, ternyata banyak manfaat untuk kesehatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mas wong crewchild, namanya juga segala yang diciptakan Allah pasti punya manfaat

      Delete
  16. Manfaatnya lebih banyak untuk kaum hawa ya...
    Bagus juga kalau buat tanaman hias di rumah...
    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus mas dedy akas, perawatannya juga tidak ribet
      salam kembali

      Delete
  17. Dulu di kampungku buanyak banget bunga ini. Tapi, sekarang entah menghilang kemana. Pohonnya pun tak lagi tersisa. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas irham sya'roni bisa tanam lagi, mungkin akan lebih baik lagi dari yang dulu dikampung

      Delete
  18. bunga bougenville bisa buat obat? baru tahu sayah mah... kirain cuman tanaman hias ajah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari dulu kang maman, tapi yang paling tersohor itu untuk mengobati gatal, digigit serangga

      Delete
  19. Saya baru tau loh mbak tanaman bunga kertas sangat bermanfaat juga dan saya kira hanya tanaman hias saja eh ternyata banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya senang bisa bagi tahu kang iman, semoga bermanfaat ya

      Delete
  20. Lama habis bertapa. Ini baru turun gunung. Blognya teman2 sudah pada bagus2 semua....

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah out of topic,saya juga sering bersemi juga kok kang pri,hehe

      Delete
  21. teman saya ada yang nama belakangnya bougenville, terdengar aneh sampai saya tahu ternyata itu nama bunga kertas. subhanallah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mbak dewi temannya jangan dipetik ya,hehe

      Delete