6 Manfaat Biji Buah Nangka Bagi Kesehatan

Siapa yang tidak kenal dengan buah nangka Artocarpus heterophyllus atau jackfruit, berasal dari India dan menyebar luas hingga ke banyak negara di asia tenggara, buah yang manis dan beraroma khas ini adalah buah yang paling digemari masyarakat untuk dimakan langsung, diolah menjadi kue, dan bahkan ada yang menjadikannya sayur - mayur lezat favorit keluarga. Tapi banyak sekali orang yang membuang biji nangka karena kurangnya pengetahuan akan manfaat biji tersebut, nah kali ini kami akan mengupas tentang buah unik ini secara tuntas.


6 Manfaat Biji Buah Nangka Bagi Kesehatan


6 Manfaat Biji Buah Nangka Bagi Kesehatan

Kalau itu buah nangka mungkin tidak asing lagi ditelinga kita akan manfaat yang ia miliki yaitu, sebagai sumber kalori sukrosa dan fruktosa, kaya akan serat, mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, karoten B, xhantine, lutein, kalium, magnesium, magnesium, mangan, dan masih banyak lagi. Sungguh rugi yang melupakan buah ini sebagai menu makanannya, terlebih melupakan bijinya, apalagi membuangnya karena ternyata biji buah nangka tidak kalah penting manfaatnya bagi tubuh kita, yaitu :

1. Sumber Protein

Protein pada biji buah nangka bisa menandingi kacang - kacangan, untuk itu mengonsumsinya sangatlah disarankan untuk dimasak menggantikan menu makanan yang lainnya.

2. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Masalah pencernaan yang terganggu dapat diatasi dengan mengonsumsi biji nangka bubuk, kemujarabannya tidak perlu diragukan lagi. Gilinglah biji nangka kering supaya mendapatkan bubuknya, atau bisa juga langsung membeli bubuk nangka di pasar.

3. Menyehatkan Rambut

Rambut rontok ataupun berketombe kini bisa diatasi dengan biji nangka, sebab sirkulasi darah diperbaiki dan membuatnya lancar hingga pertumbuhan rambut dapat menjadi subur.

4. Mencegah Kerusakan Rambut

Karena kandungan vitamin A pada biji buah nangka sangat penting bagi pertumbuhan rambut, segala macam kerusakan rambut dapat dicegah dengan ampuh, baik itu rambut kering ataupun rapuh.

5. Menghilangkan Keriput

Campurkan biji nangka dengan susu beberapa jam, gilinglah hingga halus dan olesi pada bagian wajah atau kulit yang keriput. Khasiatnya menghilangkan keriput dapat terlihat dalam beberapa minggu.

6. Menyehatkan Kulit

Buatlah pasta dari campuran biji nangka digiling dengan madu dan tambahkan pula susu, jadikan masker pada wajah dan biarkan hingga kering, setelah beberapa menit bilas dengan air bersih. Lihat hasilnya, wajahpun menjadi mulus dan cerah.

Ya itulah 6 Manfaat Biji Buah Nangka Bagi Kesehatan, semoga bisa menjadi wawasan yang berguna dan jangan lupa untuk tetapa membatasi ketika memakan buah nangka karena kandungan gas yang terdapat di dalamnya juga tidak baik bagi tubuh kita bila terlalu banyak.

Dapatkan info terbaru via email gratis, jangan lupa klik konfirmasi pada email sobat:

14 Responses to "6 Manfaat Biji Buah Nangka Bagi Kesehatan"

  1. Ketika panen atau lagi musim buah nangka saya sering tuh mungutin biji nya untuk di kukus dan di makan. tetapi saya baru tahu manfaatnya sekarang :) pntesan saya sehat dan awet muda ya ternyata efek dari biji buah nangka tersebut :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. widih mas fendi awet mudaa.. diem diem sring makan biji nangka..hehe

      Delete
    2. semoga sehat selalu mas effendi dan awet muda
      untuk mbak rahayu juga

      Delete
  2. enak nih biji nangka kalo direbus, kalo dtempatku namanya beton mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha. maaf mas adi, adminnya cewek. namanya mbak debe. kenalan dlu yah sm adminnya. hehe


      manfaatnya jelas ya mas spt dituturkan oleh admin, brrti mas adi bs sehat dan awet muda spt mas fendi diats..hehhe

      Delete
    2. hehe terimakasih ya rahayu wiandra
      memang sering dipanggil mas, kesel sih
      Adi Hand nanti kita panggil mbak aja,hehe

      semoga Mbak Adi hand dan Rahayu semakin sehat dan awet muda selalu

      Delete
  3. Di kampung saya, biji nangka biasa disebut "beton". Kalau direbus, rasanya enak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama dong om, dkmpung saya jg. enak dmkan saat hangat. kelatnya terasa jg sih. hehe

      Delete
    2. Aku kira sebutan "beton" cuma ada di Jawa, Hayy. :)

      Delete
    3. Ya kalau orang sumatera juga banyak yang keturunan jawa mas Irham, contohnya saya,hehe

      tapi baru tahu istilah beton dari rahayu wiandra

      Delete
  4. Makasih infonya ya mbak deb, saya jd tau manfaat dan kandunga yg tdpat pd biji nangka. saya jg suka keduanya, daging dan biji nangka. disayur jg suka. hehe.
    btw, kalo ngobati buat rambut bijinya digiling dlu atau dijdikan rempah dlu ya mbak? kira"lengket gk yah getahnya itu...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang dimaksud disini adalah biji nangka rebus yang dimakan.
      kalau rahayu mau coba diterapkan langsung ke rambut juga silahkan, dijadikan bubuk atau digiling, jujur belum saya riset tapi tidak ada salahnya juga bereksperimen
      mungkin seperti lidah buaya juga, bagus kok, bisa dimakan langsung jus atau diterapkan ke rambut

      semoga rahayu wiandra makin cantik,hehe

      Delete
  5. Bakal tambahan sayur asem juga enak Deb...

    ReplyDelete