10 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan yang Mengalahkan Obat - Obatan Medis

Minyak zaitun sangat terkenal dan sudah digunakan sejak zaman dahulu kala. Tahukah sobat bahwa manfaat minyak zaitun bagi kesehatan ternyata mengalahkan obat - obatan medis? hal ini membuktikan bahwa apa yang diajarkan kepada kita selama ini adalah benar, yaitu salah satu obat seorang muslim yang wajib berada dirumah adalah minyak zaitun. Apakah kita sudah menyediakannya untuk keluarga kita?

10 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan yang Mengalahkan Obat - Obatan Medis


Minyak zaitun atau olive oil adalah minyak yang diperoleh dari buah zaitun itu sendiri. Sementara itu pohon zaitun konon katanya pertama kali didomestikasi di Mediterania Timur yaitu sekitar 6000-8000 tahun yang lalu. Banyak penelitian yang masih mencari tahu dimana pertama kali tanaman ini dibudidayakan kemungkinan terbesar mengatakan lagi bahwa pohon ini dibudidayakan dari pohon zaitun liar di perbatasan Turki dan Suriah. Bisa jadi meliputi Israel, Palestina, Yordania, Libanon dan Suriah menurut Pusat Nasional  Penelitian  Ilmiah Perancis.

Jauh sebelum itu, islam sudah menjelaskan pohon ini sebagai pohon yang diberkati, bahkan Al-Quran memberikan kita gambaran akan hal itu...

An-Nahl Ayat 11: “Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.”

 At-Tin Ayat 1-2: “Demi tin dan zaitun. Dan demi bukit Sinai”.

 An-Nur Ayat 35 ; “…yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi. Yaitu pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur dan tidak pula di sebelah barat. Minyaknya saja hampir-hampir menerangi walaupun tidak disentuh api”

Beberapa kali disebut dalam Al-Quran, serta nabi Muhammad SAW juga menganjurkan kita untuk memelihara kesehatan dengan minyak ini sebab pohon zaitun adalah pohon yang diberkati...

Diriwayatkan dari Umar bin Khattab RA, bahwa Rasullullah SAW bersabda: “Makan dan berminyaklah dengan zaitun karena ia berasal dari pohon yang diberkati “. (HR. Tirmidzi).

Kemudian bermunculan penelitian - penelitian yang berasal dari para pakar kesehatan, dokter dan banyak peneliti lainnya bahwa manfaat minyak zaitun itu sangat banyak sekali untuk menyembuhkan beberapa penyakit, bahkan hampir semua penyakit. Secara ringkas kami mengulas hal ini dan mengurutkannya yaitu..

Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Mengalahkan Obat - Obatan Medis


Sebelum memakai minyak zaitun, pastikan dulu kondisinya dan kualitasnya, sebab minyak zaitun yang sekarang sudah banyak yang tidak murni atau dicampur dengan bahan - bahan yang tidak baik untuk kesehatan. Sedangkan hasil dari memakai minyak zaitun yang asli dan palsu tentulah akan berbeda. Beberapa manfaat minyak zaitun yang baik bagi kesehatan dan pengobatan diantaranya :

1. Menurunkan Kolesterol


Kolesterol berbahaya dapat dikurangi dengan mengonsumsi minyak zaitun secara rutin, sementara itu tidak perlu takut akan kehilangan kolesterol baik karena minyak zaitun mampu membaedakannya dengan akurat.

2. Mengurangi Resiko Terjadinya Penyumbatan (Trombosis) dan Penebalan (Arteriosklerosis) Pembuluh Darah.


Sudah bisa dibayangkan apabila trombosis kita mengalami penyumbatan, ditambah penebalan pembuluh darah, maka dengan hitungan waktu rentetan penyakit serius akan mendatangi dengan sendirinya. Dengan mengonsumsi minyak zaitun, aliran darah menjadi lancar dan tubuh dapat terjaga kesehatannya.

3. Mengurangi Angka Kematian


Meski umur adalah urusan Allah SWT, memelihara kesehatan juga diperintahkan dan mampu menjaga kondisi tubuh kita sehingga sehat selalu juga adalah perintah yang harus dilaksanakan. Para peneliti melakukan riset di Albania, yaitu negara paling miskin yang penduduknya adalah muslim, yang mengejutkan banyak orang adalah angka kematian pada negara tersebut sangat minim yaitu 41 orang dari 100.000 orang pria disana. Setelah diselidiki, ternyata masyarakatnya terbiasa menjadikan minyak zaitun sebagai bahan utama masakan sehari - hari.

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Mengonsumsi minyak zaitun sangat bagus untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini juga sudah banyak penelitiannya, diantaranya yaitu hasil studi Universitas Napoli Itali oleh Dr. Aldovaroro, menyatakan minyak zaitun membantu menurunkan tekanan darah tinggi pada 32 pasiennya.

5. Membunuh Sel Kanker


Zat di dalam minyak zaitun extra virgin olive oil mampu membunuh sel kanker dalam 30 menit. Zat tersebut dengan nama Oleo Chantal atau OC, secara mengejutkan disebutkan dalam penelitian Mollecular and Cellular Oncology, OC mampu menyebabkan kematian sel kanker dengan sangat cepat, zat anti peradangan dan seperti kemoterapi pada pasien ini bahkan tidak menyebabkan sel - sel baik pada tubuh rusak atau mati.

6. Mencegah Timbulnya Kanker


Seperti yang disebutkan di atas, sebelum mengidap penyakit kanker maka mencegah lebih baik daripada mengobati, tidak ada salahnya untuk kita menambahkan minyak zaitun sebagai menu wajib makanan kita sehari - hari untuk kesehatan. Mengolesi pada kulit juga sangat dianjurkan karena juga bisa mencegah penyakit kanker kulit.

7. Mengurangi Timbulnya Tukak Lambung


Kandungan gizi yang tinggi pada minyak zaitun amat disarankan untuk dikonsumsi agar lambung tetap sehat dan ini juga memiliki kaitan erat dalam mengobati kanker lambung. Menurut Dr. Samut dari Universitas Harvard Amerika dalam kongres Organisasi Penyakit Sistem Pencernaan Amerika pada oktober 2000 M minyak zaitun memiliki kandungan positif untuk mencegah kanker lambung dan tukak lambung.

8. Minyak Zaitun seperti ASI


Kita sepakat bahwa ASI tidak ada tandingannya di dunia ini. Tapi studi lain menjelaskan bahwa pada minyak zaitun ada kandungan gizi yang setara ASI. Dipublikasikan pada februari 1996 M di Universitas Barcelona, Spanyol, 40 wanita yang menyusui telah diteliti dan hasilnya para peneliti membuktikan bahwa lemak yang terdapat pada ASI termasuk jenis lemak berantai tunggal, lemak terbaik ini juga ternyata terdapat di dalam minyak zaitun.

9. Mengurangi Peradangan Sendi


Mengonsumsi minyak zaitun secara rutin dapat mengurangi resiko peradangan sendi. Sebuah penelitian juga memberikan penjelasan terhadap hal ini yaitu Majalah AMJ CLIN NUTR edisi november 1999 dalam penelitian yang dipublikasikan ada 145 pasien penderita sakit persendian semacam Arthritis di Yunani Utara mereka dikorelasikan dengan 108 orang sehat. Penelitian tersebut membuktikan bahwa mengonsumsi minyak zaitun memiliki pengaruh besar terhadap pencegahan dari terjadinya penyakit ini.

10. Minyak Zaitun Untuk Kecantikan


Sudah banyak produk - produk kecantikan yang menjadikan olive oil sebagai bahan utama pembuatan di dalamnya. Selain mengosumsinya secara rutin, minyak zaitun juga bisa dioleskan pada kulit, untuk meremajakan, menghalus, melembabkan, dan tentu saja mempercantik kulit. Selain itu minyak zaitun juga sangat bagus untuk rambut, memeliharanya agar tidak rusak, menyuburkan dan melebatkan rambut, serta masih banyak manfaat yang lainnya.


Demikian  10 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan yang Mengalahkan Obat - Obatan Medis, semoga bermanfaat. Selalu jaga kesehatan kita dan keluarga dengan mengonsumsi minyak zaitun.

Dapatkan info terbaru via email gratis, jangan lupa klik konfirmasi pada email sobat:

17 Responses to "10 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan yang Mengalahkan Obat - Obatan Medis"

  1. Gue juga seneng banget Deb,,, Pake minyak zaitun buat kulit...

    ReplyDelete
  2. Tapi minyak zaitun ini mahal loh, mbak deb :( hiks.
    ya akhirnya beli minyak kemiri..:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak mahal kok, mungkin nanti saya jual

      Delete
  3. Banyak banget yah khasiat minyak zaitun ini, apalagi buat para perempuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mas isrofi, kalau begitu mari sedia

      Delete
  4. wah banyak juga ya khasiatnya yang menarik, minyak zaitun standartnya kayak ASI, saya baru tahu. terimakasih infonya ya

    ReplyDelete
  5. Ini minyak zaitunnya kita konsumsi langsung gitu ya? Maaf, soalnya tahunya minyak zaitun buat rambut atau dioles di kulit kasar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minyak zaitun asli yang tidak dicampur kimia sangat dianjurkan diminum langsung atau campur masakan, kalau bisa juga masak pakai minyak ini dan terbukti lebih sehat lihat deh sudah ada banyak penelitiannya. kalau dioles juga bisa

      Delete
  6. Minyak Zaitun ini, belum pernah ngerasain secara langsung atau melihat secara langsung, akan tetapi bisa jadi saya pernah melihatnya tapi lupa...
    Namun yang pastinya minyak zaitun ini sangat bermanfaat dan banyak manfaatnya...
    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anietha Rohmah sebagai wanita sudah pasti ada memakai produk kecantikan yang mengandung minyak zaitun

      Delete
  7. terkenallah si zaitun itu, anak tetangga yang ditawar mahal karena khasiatnya.... :D #belinya dimana ya kalo di pedesaan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Sumarno beli tetangga kok susah, hehe
      tanya aja harganya langsung

      Delete
  8. membaca artikel ini jadi tahu, ternyata minyak zaitun sangat banyak memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan maupun merawat kecantikan dan kegantengan, hehe.... mksh infonya mbak debe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik... sama-sama Kang Maman... :D

      Delete
    2. ia mas maman sama - sama atas kunjungannya

      to mas Dedy Akas, makasih loh uda dijawabpin

      Delete