Beberapa Senam Mata Untuk Menyembuhkan Mata Minus Anda

Mata minus pasti sangat membuat kita tidak merasa nyaman, apalagi harus selalu memakai kacamata adalah ketakutan tersendiri bagi penderita mata rabun sebab kian hari mata akan semakin parah saja jumlah minusnya. Kenapa bisa mata yang selalu menggunakan kacamata malah ukuran minusnya justru bertambah bukannya menurun?

Tidak pernah ada yang menyalahkan ilmu kedokteran, namun fakta justru membuktikan bahwa orang yang tidak mengenakan kacamata sekalipun ia rabun keberhasilannya menurunkan mata minus jauh lebih efektif ketimbang pengguna kacamata aktif.  Masing - masing manusia yang menderita miopi ini juga memiliki keunikan - keunikan tersendiri. Ada yang hanya minus 2 tapi tidak bisa berjalan tanpa kacamata dan selalu menabrak benda ketika berjalan. Tapi ada malahan orang yang sudah minus 4 tapi mampu berada dilingkungaannya tanpa menggunakan kacamata, tidak ada keluhan menabrak benda, meskipun sebenarnya sama - sama pandangan kabur.

Ternyata ada beberapa faktor yang harus diperhatikan untuk menyembuhkan mata minus. Bukan ingin melawan apa yang dikatakan dokter, masing - masing kita bisa membandingkan sendiri dengan orang - orang disekitar, apakah ada yang menggunakan kacamata? apakah dengan memakai kacamata kemudian matanya sembuh atau berkurang minusnya?

Harry Benjamin N.D dalam bukunya Pengobatan Alamiah Untuk Pemakai Kacamata menyatakan Sekali menggunakan kacamata, seluruh proses penglihatan alamiah tersingkir dari sistemnya.

Mau mencoba cara baru dan inisitif lain selain menggunakan kacamata? Yap lepaskan kacamata anda dan mulailah melihat secara normal dan yakinkan dengan penuh percaya diri anda bisa. Berikut beberapa caranya :

Beberapa Senam Mata  Untuk Menyembuhkan Mata Minus Anda

1. Makanan

Pilih makanan yang benar - benar baik untuk mata dan kesehatanya. Rajin dan rutin mengonsumsinya dapat mempengaruhi penglihatan anda. Seperti wortel, rimbang, sayur - mayur yang masih segar dan hijau.

Baca juga : Empat Makanan Wajib Untuk Kesehatan Mata Selain Wortel

2. Memotivasi diri dengan target

Bukankah sangat menyebalkan bila harus melulu memakai kacamata? tidakkah anda ingin melihat benda tanpa adanya alat tersebut terpakai dimata anda? mulailah dengan memiliki target sangat ingin melakukan aktifitas biasa dirumah tanpa kacamata, kemudian berlanjut berkendara dan mewujudkan target kegiatan apapun tanpa kacamata dimanapun. Ini untuk memotivasi diri dengan benar. Betapa keinginan terbesar mampu mengubah segalanya. Misalnya saja ingin melepas kacamata karena mempengaruhi penampilan, jelek dipandang karena mata cekung, berair, pegal, pusing dan sebagainya. Atau masalah finansial, lelah membeli kacamata baru yang mahal, bisa juga untuk alasan bekerja dan ingin diterima oleh lowongan yang mengharuskan tidak boleh memakai kacamata.

3. Hypnoterapi

Sekali lagi, jangan pernah menelan mentah - mentah sugesti negatif yang mengatakan "Pemakai kacamata akan bertambah parah minusnya kalau tidak kacamata" gantilah dengan sugesti yang positif seperti "Mati saya semakin nyaman tak kabur tanpa kacamata", gunakan kreatifitas masing - masing untuk mengolah sugesti positif dalam pikiran, usahakan juga sesingkat mungkin kata - katanya agar terekam dalam memori sehingga semakin mudah melekat disana.
Saya tidak butuh kacamata
Penglihatan saya terang
Kesehatan mata saya membaik
 dan sebagainya.

4. Hydroterapi

Hydroterapi adalah terapi air untuk menyebuhkan mata minus. Cara ini sudah digunakan selama berabad - abad untuk pengobatan. Melakukan terapi ini ialah dengan mengompres air hangat dan dingin secara bergantian pada mata. Gunakanlah waslap atau kain/handuk kecil. Kompres dengan air dingin selama semenit, ganti dengan air hangat kemudian semenit selanjutnya. Ini akan mempengaruhi mata dan oksigen yang mengalir disana nantinnya.

Lakukan message air, caranya jadikan kedua telapak tangan sebagai wadah air, dekatkan wajah untuk dilemparkan air ke bagian mata dalam keadaan tertutup. Untuk yang muslim, silahkan lakukan ini sebelum berwudhu. Atau ketika lagi mandi dengan shower, hadapkanlah mata dengan kondisi tertutup, ini sangat baik untuk melatih otot - otot mata dari tepukan air tersebut.

Lakukanlah hal - hal tersebut untuk merasakan manfaatnya secara langsung mata pegal, pusing, lelah, hilang secara drastis, lakukan kompres air dingin dan hangat bergantian tersebut sehari atau dua kali sehari.


5. Senam Mata

A. Senam menggerakkan bola mata
lakukanlah hal - hal berikut ini dengan posisi santai kepala tegak, kemudian tubuh dibikin relaks:

  1. Gerakkan mata ke atas dan kebawah, lakukan gerakan ini perlahan dan teratur serta sejauh mungkin, tidak boleh terlalu dengan paksaan, lakukan dengan kekuatan minimum
  2. Mata digerak - gerakkan ke kiri dan kekanan. sama seperti di atas kekuatan minimum
  3. Mata digerakkan ke kanan searah jarum jam seputaran penuh, kemudian balas berlawanan arah jarum jam. 
  4. lakukan gerakan ini masing - masing 6 kali dengan selang waktu dua detik diantara setiap gerakannya.
B. Senam Kedipan mata
  1. Lakukan kedipan kuat pada mata. kedipan yang kuat ini akan merangsang mata mengeluarkan air mata yang banyak membasahi bola mata. Buka mata lebar - lebar selama dua detik, lalu tutup dengan kuat dan cepat, buka lagi tutup lagi, begitu seterusnya, diantara kedipan yang kuat itu lakukan beberapa kali kedipan ringan.
  2. Lakukan kedipan lambat. Tarik nafas lambat dan perlahan. jangan terlalu khusus melihat apapun, fokus pada nafas, hanya kedipkan mata secara ringan dan biasa, ketika menghembus nafas tutup mata dan jadilah santai sesantai mungkin sembari mengucapkan relaks--relaks--
C. Senam Latihan Fokus Mata
  1. Fokus jauh dekat : Peganglah benda dan mulai dengan jarak 15 cm tepat ditengah bola mata. Pandangi dengan seksama, lalu ubah pandang pada objek jauh 4 - 6 meter kemudian. Objek dekat tetap, namun yang jauh bisa berganti - ganti. Misal selama 2 detik lihat objek dekat, kemudian 2 detik objek jauh, begitu seterusnya. Untuk yang dipekarangan rumah contohnya: lihatlah cangkir selama 2 detik, kemudian pohon atau bunga 2 detik kemudian. 
  • Membawa fokus jauh dekat : ambil pensil dan pandangi dengan jarak 15 cm di tengah bola mata anda, kemudian letakkan mendekat hingga tersentuh hidung, sambil mendekat tarik nafas dalam - dalam. Ketika buang nafas tariklah objek tersebut menjauh. Ketika melihat dekat objek menjadi ganda, cobalah untuk melihat kedetail terkecil hingga objek tidak menjadi ganda.
  • Perputaran jarum jam : Gunakan imajinasi anda, bayangkan ada jam raksasa, bayangkan berada tepat di bola mata anda. Gerakkan mata anda dari jam 1 selama 2 detik dan kemudian kembali ke pusat.Kemudian ke jam 2 selama 2 detik lalu kembali ke pusat, lanjutkan hingga jam 12.
Demikianlah Beberapa Senam Mata Untuk Menyembuhkan Mata Minus Anda, semoga bermanfaat.

Dapatkan info terbaru via email gratis, jangan lupa klik konfirmasi pada email sobat:

4 Responses to "Beberapa Senam Mata Untuk Menyembuhkan Mata Minus Anda"

  1. Ternyata senam mata juga ada tekniknya ya mbak, terima kasih infonya sangat berguna sekali ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada lebih banyak lagi kang, kembali.

      Delete
  2. Tipsnya,,,pas banget nich buat gue Deb...

    ReplyDelete