10 Manfaat Jantung Pisang Bagi Kesehatan

Kesehatan harus dijaga karena sebanyak apapun harta yang kita miliki di dunia ini pastilah tidak akan ada artinya jika kita tidak bisa menikmatinya karena sakit. Penyakit datang karena kurang merawat diri dan kesehatan yang buruk. Pola makanan dan gaya hidup yang sehat sangat amat dianjurkan oleh semua dokter di seluruh dunia. Sekalipun berobat itu baik, mencegah sakit adalah jauh lebih baik daripada mengobati. Kali ini tentang makanan, apakah sobat pernah memakan jantung pisang? manfaat jantung pisang itu ternyata banyak sekali untuk kesehatan, berikut ulasannya...


10 Manfaat Jantung Pisang Bagi Kesehatan

10 Manfaat Jantung Pisang Bagi Kesehatan


Banyak yang lupa kalau makanan yang satu ini adalah alternatif penyembuhan untuk berbagai macam penyakit, karena rasanya yang tidak terlalu enak banyak orang tidak suka dengan jantung pisang. Namun jangan salah, karena sekarang ini sudah bertebaran resep makanan untuk mengolah jantung pisang agar lebih terasa nikmat disantap. Kita bisa menyesuaikan dengan selera dan variasi apa yang ingin kita hidangkan. Nah, dengan begitu manfaatnya pun bisa kita rasakan, yaitu :

1. Kaya akan nutrisi yang amat baik bagi tubuh


Pisang dan juga jantung pisang dikenal memiliki manfaat kandungan gizi yang luar biasa. Nutrisi yang ia berikan bagi tubuh kita yang mengonsumsinya tergolong lengkap diantaranya karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin B, vitamin B1, vitamin C, yodium, fosfor, kalsium, zat besi, flavonoida yaitu antioksidan, anti kanker, dan anti aging atau penuaan.

2. Mencegah dan mengobati Stroke


Penyakit berbahaya seperti stroke bisa dicegah dengan rajin mengonsumsi jantung pisang, Cara mengonsumsinya adalah ambillah jantung pisang ambon, rebus kemudian peras untuk diambil sarinya, minum ini dua kali sehari untuk mencegah atau mengobati penyakit stroke.

3. Mencegah kolesterol


Konsumsi jantung pisang mampu membuat diri kita terbebas dari penyakit kolesterol, hal ini disebabkan kandungan jantung pisang akan mengikat lemak jahat dan kolesterol yang kemudian akan segera dikeluarkan dari tubuh kita.

4. Menurunkan berat badan


Karena memiliki kandungan serat yang tinggi, jantung pisang sangatlah bagus untuk diet.

5. Menyehatkan perut


Pencernaan kita akan lancar karena kandungan fiber yang tinggi pada jantung pisang, demikian pulalah makanan ini sangat baik dan menyehatkan perut.

6. Mencegah diabetes


Jantung pisang bisa menjadi makanan bagi penderita diabetes, caranya rebuslah jantung pisang dan konsumsi rutin untuk menurunkan kadar gula darah.


7. Kaya serat


Sangat layak dikatakan makanan wajib yang disediakan di dapur untuk masakan karena kandungan seratnya sangat beragam juga karbohidrat, protein, mineral, vitamin - vitamin, betakaroten, dan lain - lain.

8. Mencegah kanker


Penyakit paling ganas seperti kanker pun bisa dicegah dengan rutin mengonsumsi jantung pisang. Ini dikarenakan mengonsumsinya akan mempengaruhi efek radikal bebas yang terkurangi. Ekstrak metanol memilliki fungsi yang sama dengan antioksidan yang sangat baik untuk mencegah kanker.

9.  Anti penuaan


Kandungan flavonoid dari jantung pisang sangat mampu dan berkhasiat untuk anti penuaan dan juga merupakan anti-radikal.

10. Mencegah penyakit gondok


Obat gondok alami adalah jantung pisang, ini tidak mengherankan mengingat kandungan yodium yang dimilikinya.

Demikianlah 10 manfaat jantung pisang bagi kesehatan, semoga bisa menjadi referensi untuk selalu menjaga kesehatan bersama. 

Dapatkan info terbaru via email gratis, jangan lupa klik konfirmasi pada email sobat:

26 Responses to "10 Manfaat Jantung Pisang Bagi Kesehatan"

  1. wow, ternyata banyak sekali manfaat jantung pisang ya, saya baru tahu nih. Dulu waktu msh dikampung ibu saya sering masak jantung pisang, tapi sekarang udah gak pernah lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ibu memang koki paling handal ya mas maman..dimasak daun ubi tumbuk jantung pisang juga enak mas,hehe

      Delete
  2. Wah banyak juga ya manfaat jantung pisang
    Selain bikin perut kenyang
    Tapi sayang dipasar jarang

    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jarang memang mbak anisyayu, harus tanam sendiri

      Delete
  3. Kangen Pingin ngrasain makanan olahan dari jantung pisang, itu laui pauk para moyang kita loh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas tabuh gong makanya jaman dulu org sehat semua

      Delete
  4. wah saya nih salah satu orang yg suka banget makan jantung pisang mbak.
    tp baru kali ini tau manfaatnya secara mendetail

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitu juga saya mas :D berarti kita sama dunks :D

      Delete
  5. Jantung pisang, jadi cocok juga dimakan buat yang sedang melakukan program diet ya mbak.... :)

    ReplyDelete
  6. Wah selain enak buat sayur ternyata kaya manfaat ya mbak, harus sering-sering nih makan sayur ini biar awet muda dan sehat selalu.! Info jos banget mbak!

    ReplyDelete
  7. Hmm banyak juga ya mbak manfaat dari jantung pisang ini sebenarnya sih saya juga pernah coba dan waktu pertama kali coba rasanya itu tidak mengenakan sekali tapi pas sudah biasa ternyata rasanya enak dan banyak manfaatnya juga, jadi saya makin tambah suka nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. suka sekali mas kang Nurul, apalagi kalau yang masak cewek cantik

      Delete
  8. jantung pisang selain enak dibuat lalapan juga menyimpan sejuta khasiat ya mb, :D hebat

    ReplyDelete
  9. lengkap ya, bisa buat sayur juga kan katanya mbak?

    ReplyDelete
  10. Jantung itu makanan yang enak sekali mbak apabila di olah dengan benar, saya baru tahu terjantung itu memiliki manfaat yang sangat luar biasa :)

    ReplyDelete
  11. ternyata banyak juga ya manfaat jantung pisang buat kesehatan tapi kalo jantung pisangnya di ambil dan di masak lalu buah pisang nya gmna dong mba kan kasian ngga bakal jadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasian kok sama pisang nya sih
      kenapa mas efendi gak kasian sama monyetnya, entar kalau pisangnya dimakan
      monyet makan apa?hehe

      Delete
  12. Yang pasti jantung pisang enak buat lalapan Deb...!!!
    Direbus biar empuk trus dicocol sambel... Mantaps...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuih sedaap...
      Wahab Syahputra kokinya, this is it! :D

      Delete
  13. di kampung daerah saya buah jantung pisang laku kerasss mbak.
    kalo ibu saya masaknya di gulai, ehm enaknya nambah berkali-kali. hihi
    ibu bilangnya malah lelucon : jantung pisang bgus bagi kesehatan krna bisa memperbaiki jantung kita biar gak bocor :D wkwkwwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. jantung pisang itu memang bagus untuk jantung kok mbak rahayu, kolesterol terjaga...
      lucu juga ya maminya,hehe

      Delete