Macam - Macam Orang Yang Melalaikan Shalat

Shalat adalah syi'ar agama yang tertinggi dan yang paling utama yang merupakan media penghubung antara hamba dengan Tuhannya. Shalat adalah ibadah yang merupakan lambang dan pertanda keimanan dan ke-islaman seseorang. Ia merupakan salah satu bentuk ibadat dan ketaatan kepada Allah SWT yang meninggalkan efek dan kesan yang mendalam di dalam jiwa, yang mampu membentuk jiwa manusia, sehingga menjadi cipta, rasa, karsa dan karyanya. Lalu bagaimana dengan orang yang terlihat sangat rajin shalat tapi kelakuannya tidak mencerminkan yang demikian?

Ternyata tidak cukup hanya shalat, karena sebenarnya sudah shalat pun kita bisa celaka kalau shalat tersebut terdapat kelalaian dalam melaksanakannya, diantaranya :


Macam - Macam Orang Yang Melalaikan Shalat


1. Lalai dari niat

Banyak orang shalat tapi niatnya sudah berbeda dari yang seharusnya, niatnya tidak karena Allah dan untuk mencari keridlaan Allah.

2. Lalai dari waktu

Waktu shalat sudah tiba dan adzan pun sudah kedengaran dikumandangkan, tetapi ia masih menunda - nunda shalatnya, sehingga sampai pada waktu shalat akan berakhir ia terburu - buru mengerjakan shalat. Mencotok - cotok seperti ayam, kata Rasulullah S.A.W.

3. Lalai dari kaifiyat shalat

Ia shalat tetapi kaifiyat shalatnya tidak seperti shalat Rasulullah. Disana - sini banyak sudah ada perubahan, ditambah atau dikurangi.


4. Lalai dari ruhnya shalat

Ia shalat tetapi tidak khusyu di dalam shalatnya. Shalatnya hanya merupakan kerangka mati yang merupakan hanya gerakan badan saja dan hapalan bibir, tetapi tidak disertai dengan gerak jiwa dan gerak hati.

5. Lalai dari hakikat shalat

Yaitu untuk mengingat Allah S.W.T. ia shalat, tetapi ingatannya, fikirannya, perasaannya, dan kemauannya tidak pernah mengingat Allah SWT. Di dalam shalatnya ia lebih banyak mengingat yang lain dari Allah.

6. Lalai dari hikmat shalat

Seharusnya shalat yang didirikan itu haruslah mampu menimbulkan kesan atau meninggalkan bekas ke dalam jiwa orang yang shalat. Bekasnya yang berupa pembinaan mental spiritual (kerohanian) yang menyebabkan orang yang bersangkutan tidak lagi mau mengerjakan yang keji dan yang mungkar. Jika tidak demikian berarti beliau telah lalai dari hikmatnya shalat.

Orang yang melaksanakan shalat bisa dicintai oleh Allah SWT, sebagaimana mereka mencintai Allah, semoga kita termasuk diantaranya yang tidak melalaikan shalat apalagi meninggalkannya.

فَوَيْلٌ لِلْمُصَلِّينَ (4) الَّذِينَ هُمْ عَنْ صَلَاتِهِمْ سَاهُونَ

“Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya.” [QS Al Ma’un: 4-5]



Dapatkan info terbaru via email gratis, jangan lupa klik konfirmasi pada email sobat:

2 Responses to "Macam - Macam Orang Yang Melalaikan Shalat"

  1. Informasinya yang sangat bagus, terima kasih ya infonya saya jadi lebih tahu tentang sholat dan orang yang lalei dalam sholatnya !

    ReplyDelete