10 Cara Menghasilkan Duit dari Rumah Dengan Menulis

Siapa bilang cari duit susah, jaman sekarang bahkan dengan duduk manis dirumah sekalipun kita bisa menghasilkan uang. Syaratnya hanyalah, ketekunan dan kreatifitas. Menghasilkan duit dari menulis memang kurang begitu diminati oleh beberapa orang, bahkan banyak pula yang tak mengerti bahwa menulis bisa dijadikan profesi. Nah untuk itu kali ini kami akan membagikan info seputar 10 Cara Menghasilkan Duit dari Rumah Dengan Menulis, di bawah ini...

Berikut ini adalah beberapa profesi penulis yang dapat menjadi pilihan dan alternatif untuk kamu yang sangat tertarik dalam menghasilkan uang tanpa perlu memikirkan keluar rumah, caranya ialah dengan memilih salah satu yang kamu minati sebagai profesi yang menjanjikan diantaranya yaitu :


10 Cara Menghasilkan Duit dari Rumah Dengan Menulis


1. Menjadi Penulis Buku Non Fiksi

Disadari betul bahwa menjadi penulis tidaklah mudah, terutama buku non fiksi, namun yang perlu digaris bawahi adalah penghasilan dari royalti yang mengalir terus - terusan, tentu saja sudah seperti tabungan yang siap - siap tunggu waktu kapan akan meledaknya. Disarankan bila memiliki keahlian khusus dalam satu cabang ilmu misalnya dapat menyalurkannya sebagai penulis non fiksi, penulis pendamping (co writer), dan penulis bayangan (ghost writer). Menariknya co writer dan ghost writer ini di Indonesia penghasilannya bisa berkisar Rp. 10.000.000 - 300.000.000 per buku. Bayangkan jika dalam sebulan kita mampu menghasilkan beberapa buku, sudah siap berhitung?

2. Menjadi Penulis Novel


Buku novel adalah jenis buku yang paling banyak dicari orang atau bisa dikatakan yang paling laris, maka dari itu seorang penulis novel bisa saja menjadi milyarder karena satu buku bisa dihargai Rp. 5.000.000 - 20.000.000 per 5.000 - 10.000 eksemplar, akan lebih menggiurkan lagi jika bisa best seller ditambah dengan bonus dari penerbit dan cetak ulang berkali - kali.

3. Menjadi Penulis Cerpen


Masih kalah populer dari novel. tapi pencari buku cerpen bukan tidak ada samasekali. inilah salah satu alternatif untuk kamu yang hobi menulis kisah - kisah dan mengemasnya dalam sebuah tulisan yang diminati pembaca. Jadilah penulis cerpen dan dapatkan royalti sebanyak - banyaknya dari setiap karya yang diterbitkan. Misal di dalam sebuah media massa seorang penulis cerpen akan mendapatkan bayaran bervariasi mulai Rp. 100.000 - Rp. 1.000.000 atau tergantung kebijakan media yang bersangkutan.

4. Menjadi Penulis Artikel


Semakin hari semakin banyak media online yang membutuhkan jasa penulis untuk kontennya, begitu juga media cetak, profesi ini sangat mudah menghasilkan uang karena banyaknya permintaan akan artikel dimana - mana. Syaratnya tentu saja adalah kualitas dan akurat dalam menyajikan suatu informasi. Penghasilan seorang penulis artikel bisa mencapai Rp. 3000.000 per tulisannya di media, itu juga bisa menjadi lebih asalkan memiliki reputasi yang baik dan ternama.

5. Menjadi Penulis Puisi


Indahnya untaian kata - kata dapat disajikan menjadi karya puisi yang diminati pembaca. Cobalah mengirimkannya ke penerbit atau ke media massa. Meski tidak akan sepopuler novel dan cerpen tapi karya puisi akan selalu menjanjikan penulisnya dengan penghasilan yang lumayan. Contohnya saja puisi - puisi  Chairil Anwar yang abadi.

6. Menjadi Penulis Media Sosial


Penulis media sosial (penulis medsos) merupakan suatu terobosan baru dalam profesi kepenulisan, bayangkan saja hadirnya media sosial yang semakin hari semakin menjamur dengan berbagai macam dan namanya seperti facebook, twitter, google plus, dll mampu menghasilkan lowongan pekerjaan baru bagi siapa saja yang ahli dalam bidang tersebut. Sekarang ini mulai banyak bermunculan para artis, pejabat, selebritis atau profesi lainnya yang tidak sempat mengupdate medsos - medsos miliknya dan menggunakan jasa penulis media sosial. 

7. Menjadi Penulis Perjalanan


Profesi ini agak unik, menuliskan perjalanan untuk dijual kepada pihak - pihak yang membutuhkan, baik itu media cetak, online, atau penerbit. Semua tergantung kesepakatan dan biasanya akan ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari kedua belah pihak. Penulis perjalanan biasanya akan menulis berikut dengan menyertakan foto pelengkap yang mendukung.

8. Menjadi Penulis Biografi

Cobalah untuk menjadi seorang penulis biografi, fokusnya ialah menulis biografi - biografi tokoh yang meminta jasa kita untuk dituliskan di dalam buku yang dipesannya. Banyak sekali permintaan dari berbagai macam kalangan, apabila serius seorang penulis buku biografi bahkan dapat memperoleh penghasilan fantastis Rp. 200.000.000 per proyek buku, atau mungkin bisa lebih besar dari itu.

9. Menjadi Penulis Naskah Lagu

Penulis naskah lagu sudah populer dari jaman ke jaman, tidak akan ada kualitas sebuah lagu tanpa keahlian sang penulis naskah, disini letak keharmonisan itu harus terjaga antara lagu dan naskah lagu maka dari itu biasanya penulis naskah lagu juga adalah seorang yang mengerti musik dengan benar.

10. Menjadi Blogger


Di antara semua, inilah yang paling mudah tapi juga bisa menjadi yang paling sulit.  Menjadi blogger bukan hanya sekedar menulis, sekalipun juga dapat dikategorikan sebagai penulis, namun seorang blogger harus mampu mengolah kata, memaksimalkan blognya untuk dibaca dan yang terakhir adalah trafik bila ingin sukses mendulang uang dengan mudahnya. Salah satu profesi yang bisa diandalkan dikerjakan dirumah ialah menjadi blogger, namun tidak semua orang mampu dan bertahan sebab dibutuhkan konsistensi dan ketekunan pastinya.

Ya, itu dia 10 cara menghasilkan duit dari rumah dengan menulis, terimakasih telah membaca dan sampai bejumpa lagi dipostingan selanjutnya.

Dapatkan info terbaru via email gratis, jangan lupa klik konfirmasi pada email sobat:

4 Responses to "10 Cara Menghasilkan Duit dari Rumah Dengan Menulis"

  1. ah dari dulu sempet banget kepikiran pengen jadi penulis buku..
    tapi karna dulu gak tau caranya akhirnya angan2nya ilang gitu aja..
    dan sekarang diwujudkan ke blogger aja walopun masih newbie :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti mbak akan jadi penulis sukses
      blognya keren banget gitu dibilang newbie,hehe
      trus saya apa dong?

      sorry baru jawab komentarnya kelelep,hehe

      Delete
  2. Sepertinya menjadi penulis sosial media lbh ringan daripada penulis lainnya nih, hehe

    OOT :
    saya suka dgn blog mbak debe, berwarna warni pelangi gitu. biasanya blog spt ini cowok yg punya, byk menu dan tampilan template menarik bgt. hebat mbak ini :)
    handal pasti dgn html ya. senang bs mengenal mbak debe :) ^.^ salam inspiring

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo dicoba mbak Rahayu Wiandra, socmed itu uda banyak yang sukses loh darisana, mungkin mbak selanjutnya.

      salam kenal kembali Rahayu Wiandra,blog kamu juga keren kok. Ini blog sederhana, kurang ngerti html,css, saya mah newbie atuh,hehe

      Delete