Tips Menyembuhkan Diare pada Anak Secara Alami

Anak akan kehilangan keceriaannya ketika sakit, konon hal ini akan membuat orang tua manapun merasa cemas, kala penyakit datang banyak cara yang kita lakukan agar anak cepat sembuh, terutama untuk sakit diare yang biasa kita temui pada anak - anak. Namun, meskipun penyakit ini tergolong biasa, kelak efeknya akan sangat bahaya dan mematikan apabila anak kekurangan cairan. Untuk itu diperlukan penanganan yang tepat dan cepat.

Diare adalah kondisi dimana buang air besar yang berbentuk cairan dan terjadi berulang kali atau lebih dari tiga kali dalam sehari, kondisi ini pada anak biasanya dapat terjadi karena terserang virus. bakteri. intoleransi laktosa, alergi pada susu dan lain - lain. Tentu kita tidak ingin anak - anak kita mengalaminya, untuk itu berikut kami berikan..


Tips Menyembuhkan Diare pada Anak Secara Alami



Tips Menyembuhkan Diare pada Anak Secara Alami


1. Berikan larutan oralit

Oralit bisa kita beli di puskesmas terdekat, namun kalau sedang dalam kondisi yang mendadak dan jauh, kita bisa dengan inisiatif membuatnya sendiri di rumah. Caranya ambillah satu sendok teh gula dan seperempat sendok teh garam, kemudian masukkan ke dalam 200ml air putih hangat, aduk - aduk sampai merata dan minumkan kepada anak yang menderita diare. Dengan mengonsumsi oralit, anak dapat terhindar dari kekurangan cairan pada tubuh.

2. Asupan Cairan yang Cukup


Ini sangat penting untuk anak, yaitu pastikan betul cairan di dalam tubuhnya memadai. Asupannya yang kurang dapat menyebabkan dehidrasi, maka dari itu perbanyaklah memberikan anak air putih bila sedang terkena diare. Bila si kecil masih mengonsumsi ASI, lanjutkan menyusuinya bahkan hingga melebihi yang biasa ia konsumsi, ini membantu untuk mengatasi dehidrasi tersebut.

3. Terus Berikan Makanan


Anak akan merengek kesakitan, tentu kita tidak akan tega, selain itu juga nafsu makannya pun kian menurun. Ini tidak boleh dibiarkan, karena selain anak akan kekurangan gizi, juga makanan yang ia konsumsi akan membantu menghentikan diare yang ia derita nantinya. Untuk itu sang ibu harus lebih tegas dalam hal ini, berikan makanan secara terus - menerus pada anak, sekalipun ia tidak selera. Ini akan membantu dalam proses penyembuhannya dan mencegah anak kekurangan energi. Perlu dicatat bahwa ketika memberikan makanan, berilah yang sudah dihancurkan atau bubur, ikan atau daging yang dimasak matang dan lembut sekali, ini agar mempermudah dalam pencernaannya.

4. Hubungi Dokter 


Segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat setelah tahu anak mengalami diare dan tak sembuh - sembuh. Larutan oralit memang telah diberikan namun itu bukanlah obat, melainkan hanya mencegah dari kekurangan cairan yang berlebih. Jangan anggap remeh penyakit ini walaupun umum, namun kebanyakan yang meremehkan malah berujung pada kematian.

Demikianlah Tips Menyembuhkan Diare pada Anak Secara Alami. Tetap jaga kesehatan anda dan keluarga.

Dapatkan info terbaru via email gratis, jangan lupa klik konfirmasi pada email sobat:

5 Responses to "Tips Menyembuhkan Diare pada Anak Secara Alami"

  1. Oralit populer mengenai penyakit diare ini ya Mbak... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar mas diar, harus sedia oralit dirumah

      Delete
  2. calon ibu yang pinter nih ... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cieeee .... pipinya neng dila merah nih ... :D

      Delete