Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Punggung

Jerawat memang menjengkelkan, bukan hanya di wajah, ia juga bisa muncul dipunggung dan kalau sudah begitu akan terasa sakit sekali dan perih. Bukannya tidak masalah ? bukankah jerawat ini tidak terlihat dan tak terlalu menjadi perhatian orang banyak dan merusak penampilan? Mungkin ada yang tanya begitu, maka jawaban tepatnya adalah jerawat bisa berbahaya juga apabila tidak segera ditangani.

Menurut Peter Lambert, profesor biologi dari universitas Aston, Birmingham, Inggris, bakteri jerawat propionibacterium acne dapat menyebabkan infeksi pada badan dan juga membahayakan karena bisa pula merembet menyerang sel dan punya potensi menjadi kanker. Untuk itu kita tidak bisa menganggap sepele si jerawat, segera harus diatasi dan dicari solusinya. Berikut ini kami ulas artikel tentang hal tersebut.


Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Punggung


Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Punggung

1. Faktor pemicu jerawat umum

Sama halnya dengan jerawat di wajah, jerawat pada punggung manusia disebabkan pula oleh kelenjar minyak yang terlalu aktif, sel kulit mati, poliferasi bakteri penyebab jerawat dan lain - lain. Penyumbatan yang terjadi dari sel - sel kulit mati yang terperangkap dalam folikel ini akan menjadi jerawat apabila dipadukan dengan bakteri. 

2. Jumlah kelenjar sebasea

Faktor kelenjar sebasea pada punggung juga menjadi pemicunya, hal ini membuat sebum dan sel kulit mati berlebih dan tentu saja mengakibatkan jerawat.

3. Pakaian

Pakaian patut diperhatikan agar tidak menjadi penyebab timbulnya jerawat. Pastikan selalu menggunakan pakaian yang bersih, tidak ketat dan hal ini lebih baik lagi untuk kondisi kulit kita. Terlebih untuk yang sudah memang memiliki jerawat di punggung, selalu gunakan pakaian yang longgar dan hindarilah menggunakan tas ransel yang berbahaya, ini membantu agar tidak terjadi gesekan pada kulit.

4. Keringat

Selalu perhatikan kesehatan dan kebersihan, itu adalah kunci untuk tubuh terlihat fit dan begitu pula dengan kulit. Jangan pernah takut untuk berkeringat, tapi juga harus waspada pada keringat yang bisa menyebabkan jerawat. Semisal kita selesai berolahraga, jangan lupakan untuk sesegera mungkin mandi dan gunakanlah sabun yang lembut.


Cara Mengobati Jerawat di Punggung


1. Cucilah bagian kulit yang berjerawat atau punggung dan gunakan sabun untuk membersihkannya, hindari menggunakan sabun biasa, pakailah sabun anti bakteri yang baik untuk jerawat punggung anda.

2. Oleskan gel yang berupaya ampuh untuk mengobati si jerawat tersebut yaitu cream benzoil peroksida dengan konsentrasi 10 %. Bila perlu konsultasikan ke dokter agar lebih akurat dari ahlinya dan mendapatkan penanganan yang tepat.

3. Selalu pakai pakaian yang longgar dan jangan pernah mencoba menggunakan baju ketat selama masih memiliki jerawat di punggung, ini untuk menghindari luka yang mungkin terjadi akibat gesekan.

Demikianlah penyebab dan cara mengatasi jerawat di punggung semoga bermanfaat.

Dapatkan info terbaru via email gratis, jangan lupa klik konfirmasi pada email sobat:

14 Responses to "Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Punggung"

  1. naudzubillah, ngeri juga ya. yg punya masalah jerawat di punggung ayo merapat kemari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiya ya ngeri banget liat gambar jerawat yang ada dipunggungnya, mendingan jerawat batu di wajah kalo gini mah, baca ulang ah cara mengobatinya

      Delete
    2. ngeri memang mang, susah mau duduk nyandar aja mikir, hihi

      Delete
  2. itu jerwat atau kerikil mab, gede2 amat :)
    kalo di muka serem tuh
    sudah ada solusi, yg jerawtan catat baik2

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya takut la kalo gede gede euy kang :)

      Delete
    2. bukan kerikil apalagi upil, itu jerawat mas wong

      mas mukhlis jangan takut nanti saya tangkap

      Delete
  3. serem bener jerawat di punggung hoho. .. udah panaskan aja pake tarason hehe

    ReplyDelete
  4. wah, bahaya nih jerawatan dipunggung ya mb debe, emm penyebabnya keringat juga bisa ya :) mesti diwaspadai ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa diatasi dengan rajin mandi mas,hehe

      Delete
  5. Mba kalau membersihkannya menggunakan sabun mandi biasanya akan menyebabkan jerawat di punggu lebih banyak atau malah bagus ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyakan,
      cobaun sabun khusus jerawat aja

      Delete
  6. Jerawat memang menjengkelkan...bikin kita tidak nyaman dan pede ya mbak

    ReplyDelete