Cara Menyimpan ASI yang Benar dan Sehat

ASI adalah penunjang kecerdasan dan kesehatan anak yang pertama, meski sudah ada susu formula, tentu saja ini tidak bisa disamakan dengan dahsyatnya ASI, sudah mulai ada kesadaran para ibu untuk memberikan ASI eksklusif kepada anak -  anaknya. Namun meskipun begitu, ada saja kendala terutama untuk seorang wanita karir yang tentu saja tidak bisa selalu bersama dengan sang bayi dan menyusuinya. Menyimpan ASI adalah solusi yang tepat, lalu bagaimanakah caranya?


Cara Menyimpan ASI yang Benar dan Sehat


Tata Cara Menyimpan ASI yang Benar dan Sehat tentu saja harus diperhatikan, tidak boleh salah penyimpanan dan harus dilakukan dengan baik agar kualitasnya terjaga dan si bayi dapat merasakan manfaat kehebatan ASI itu sendiri. Untuk langkah - langkah penyimpanannya bisa dibaca di bawah ini :

Tata Cara Menyimpan ASI di dalam botol

Botol adalah wadah yang akan kita gunakan untuk menyimpan ASI, untuk itu pastikan betul bahwa kualitasnya terjamin bersih dan sehat, lebih disarankan menggunakan botol kaca karena menghindari lengketnya sisa - sisa ASI pada dinding botol tersebut. Botol yang dipilih yaitu 60-120 ml dengan tak lupa dan harus dicatat ketika mengisi botol, kita mesti mengisinya 3/4 volume botol saja. Ini dimaksudkan agar ASI habis sekali minum saja, dan untuk penyimpanan jangan lupa menyertakan saat memerah tulis tanggal, waktu, dan nama, agar tidak keliru dan menjamin mutunya kelak saat dikonsumsi.

Tata Cara Menaruh ASI di dalam Kulkas

Tentu saja ibu harus menyimpan ASInya di dalam kulkas agar bisa tahan lama, namun perhatikan dengan teliti saat menyusun stok ASI tersebut, pastikan berurutan susunannya dari tanggal dan waktu memerah. Untuk mempermudah mengambil ASI di kulkas, tempatkanlah yang paling dulu diperah dibagian depan. Ini untuk membuat ibu tidak repot saat hendak memberikan ASI kepada si bayi untuk dikonsumsi.

Demikianlah Cara Menyimpan ASI yang benar dan sehat, sedangkan untuk menyimpan di cooler bag, jangan lupa untuk menaruhnya dengan tepat, hal ini dikarenakan memasukkan ASI ke cooler bag tidak boleh instan diperlukan pembekuan ice gel selama 24 jam terlebih dahulu dan diikuti dengan step yang selanjutnya.

Dapatkan info terbaru via email gratis, jangan lupa klik konfirmasi pada email sobat:

49 Responses to "Cara Menyimpan ASI yang Benar dan Sehat"

  1. bagus nih mbak tipsnya buat seorang ibu yang sibuk dengan pekerjaan dan hanya sedikit waktu untuk buah hati yang masih menyusui

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas kasian dedek bayinya
      eh jadi kangen ibu,hehe

      Delete
  2. Lumayan buat nambah pengetahuan tentang merawat anak, makasih mbak infonya

    ReplyDelete
  3. Kalau nanti gue punya bini,,,
    Pasti gue ajarin cara yang kaya di atas Deb...

    ReplyDelete
  4. wah bagus nih mba..ntar tak kasih tau istri saya..haa

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan diberi tahu, pakai kecap juga ya mas, biar manis :D #gagal paham

      Delete
  5. Iparku suka nyimpan ASI. Untung serumah sama akunya cuma 2 minggu. Kalau lebih jatah space buat es krim aku jadi berkurang, tuh. Menuhin kulkas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe mbak indi kayaknya kalau iparnya mau datang suruh bawa kulkas sendiri :D

      Delete
  6. Kalau menurut sayamah sempat nggak sempat harus langsung dari pabrik susu tersebut alias susu bh langsung ceu...he...he...

    ReplyDelete
  7. emang kalo ASI dikulkas tahan berapa hari mba?tanya dulu ya mba :)
    tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau frezer bisa 3-4 bulan mas, tergantung pintu kulkas sering dibuka atau tidak, ada juga ibu yang bisa sampai 6 bulan masih bagus ASInya dalam tabungan.

      Delete
  8. Dulu istri saya sering menyimpannya di dalam kulkas tuh mba..hee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga sekarang buah hatinya tumbuh sehat dan cerdas ya mas

      Delete
  9. bekal buat masa depan saya kelak kalo punya anak nih hehe

    ReplyDelete
  10. nggak berbhaya tuh asi di simpandalam kulkas, apa nggak basi nantinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih bahaya anak minum susu formula mas
      basi itu kalau tidak tahu meletakkannya mas, kalau tabungan ASI direkomendasikan malah sama dokter dan bidan kebanyakan

      Lagipula ini juga sangat membantu untuk ibu yang memiliki masalah dengan kelainan puiting/anak tidak bisa menghisap langsung dari sang ibu

      Delete
  11. BTW, itu yang disimpan apa ASI alami atau ASI dari susu produk perusahaan ya ?
    Kalau ASI alami, itu gimana cara mencairkannya di botol ya ? bagi-bagi tip ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ASI alami dari ibu dong,
      baca caranya disini >>> http://meetdoctor.com/mobile/article/penyimpanan-asi

      Delete
  12. Sangat penting ini khususnya untuk ibu yg menyusui

    ReplyDelete
  13. Buat ibu - ibu yang menyusui dan gak sempat ngasih asinya ke anak secara langsung karena kesibukan,, maka ibu bisa menggunakan cara ini,, asupan Asi si anak tetap tercukupi, dan ibu tetap bisa bekerja... heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepat sekali, dan lebih murah lagi daripada beli susu formula

      Delete
  14. Untungnya istri saya dirumah saja jadi nggak perlu repot repot nyimpan asi tapi cukup membantu bagi ibu yang bekerja diluar rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu lebih bagus mas karena gizi tidak terkurangi

      Delete
  15. Alhamdulillah saya punya 2 anak yang masih balita dan yang 1 masih ASI dan lebih bersyukurnya sang ibu selalu memberikan asinya langsung dari wadah sebenarnya .. saya sangat setuju dengan artikel ini karena pasti akan ada bedanya ASI yang diberikan langsung dari ibunya dengan ASI yang disimpan dalam wadah lain terlebih dahulu, dan artikel ini memberikan pencerahan untuk itu ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik memang tanpa ditabung dulu ya mbak, langsung dari bayi ke ibu tentu gizi lebih maksimal didapatkan

      Delete
    2. eh terbalik hehehe maksudnya dari ibu ke bayi

      Delete
  16. saya sieh tak pernah meyimpan atau menampung asi sieh mbak,,
    mungkin lain waktu ini bisa sagat bermamfaat bagi saya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok mbak siti, ini hanya alternatif, tp alangkah baiknya tanpa disimpan alias langsung saja ke si bayi

      Delete
  17. panduan penting terutama bagi wanita career, Insya allah bermanfaat

    ReplyDelete
  18. wah... saya belum pernah menyimpan asi mbak

    ReplyDelete
  19. info yang menarik untuk solusi bagi wanita menyusui yang sibuk mbak

    ReplyDelete
  20. berguna sekali bagi ibu menyusui, apalgi ibu baru berumah tangga nih, bisa jadi pengalaman :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah - mudahan demikian, saya juga ikut senang

      Delete
  21. Untuk ASI yg di simpan bisa tahan berapa lama mbak?

    ReplyDelete
  22. Wah ini nih yang perlu di perhatikan soal asi, walaupun saya tidak bisa memproduksi asi bisa nya hanya mencicipi asi.....tankhyu mbak info nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama - sama mas,
      agaknya lupa minum obat ini mas trik

      Delete
  23. hbis disimpan dalam kulkas, boleh sy minum gk neng asi nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh banget mas fiu, ASI kingkong boleh banget mas

      Delete
    2. ih ,,, neng dila mah gtuuu,, masa sy mau dikasi ASI kingkong sih ... :D

      Delete