6 Tips Cara Mengatasi Orang Pingsan

Bingung pastinya kalau saat sedang mengobrol dengan teman, lantas si teman tiba - tiba pingsan. Entah itu penyebabnya karena kecapekan, sakit, ataupun pusing kurang istirahat, yang jelas kita akan sangat dibuat gelisah, tidak tahu harus bagaimana. Oke, jangan panik dulu, untuk kali ini kami akan bagikan caranya bagaimana menghadapi kondisi tersebut.

Tips Cara Mengatasi Orang Pingsan


6 Tips Cara Mengatasi Orang Pingsan


1. Coba sadarkan tapi tanpa air


Entah kenapa selalu ada aksi memercikkan air saat ada kejadian orang pingsan, ini menjadi hal mutlak padahal lebih sering sia - sia, ada juga yang menggunakan wewangian yang menyengat, bawang merah dan bawang putih, meski ini sangat memungkinkan namun jangan membiasakan melakukan ini karena hanya akan memperparah keadaan.

2. Segera topang tubuhnya


Jangan lupa ketika terjatuh, orang yang pingsan dapat berpotensi memiliki cedera yang berbahaya baginya, pastikan jika kamu adalah teman yang berada dekat dengannya agar selalu jaga posisi dan membopongnya agar tidak sampai terjatuh ke lantai.

3. Amankan ia ke tempat yang tenang


Tentu saja sembari memanggil bantuan kita harus mengamankan orang tersebut agar tidak bertambah buruk kondisinya akibat penat dan kerumunan, carilah tempat yang pas untuknya berteduh, kemudian amati pula penyebab ia pingsan, ini demi proses penanganannya. Jangan salah ambil tindakan apabila ia tergigit ular, kepanasan, disengat listrik dan lain - lain kita bisa sesuaikan dengan bantuan yang ingin diberikan.


4. Jangan dikerubuni


Ingatkan orang - orang disekitar agar tidak menonton dan mengerubungi, ini dikhawatirkan dapat membuat si pingsan menjadi bertambah parah kepanasannya dan sulit untuk bangun. Langkah selanjutnya perhatikan apakah baju yang dikenakannya ketat atau tidak, maka segeralah longgarkan agar ia bisa bernafas.


5. Perhatikan responnya


Orang pingsan ada pula yang masih bisa mendengar dan seperti mengigau, pastikan kalau ia sudah sadar apa belum dengan memanggil namanya atau menepuk - nepuk pundaknya secara lembut. Ini bisa mengurangi efek pingsan tadi. Bila ia merespon baik, maka jangan biarkan ia berdiri dulu, suruhlah orang tersebut istirahat sejenak sembari kita menunggu bantuan dokter datang.

6. Jangan menggerakkannya sembarangan


Perlu diingat kita harus perhatikan betul keadaan korban apakah kepalanya cedera atau tidak, jika ia jangan pernah mencoba menggerakkannya, hal ini menghindari semakin parah cedera yang ia alami, pastikan pula lehernya juga tidak kenapa - kenapa, karena dua bagian ini sangat penting. Jangan sampai salah memberikan penanganan agar tidak fatal akibatnya.

Demikianlah 6 tips cara mengatasi orang pingsan, terimakasih telah berkunjung dan selalu berbagi.

Dapatkan info terbaru via email gratis, jangan lupa klik konfirmasi pada email sobat:

6 Responses to "6 Tips Cara Mengatasi Orang Pingsan"

  1. Kalau yang kesurupan gimana kang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. disuruh pingsan lagi aja kang
      enggak usa dibangunin, tar juga dia capek ndiri

      Delete