Tips Atur Keuangan Cegah Bokek Saat Liburan

Saat - saat liburan adalah saat yang paling dinantikan, namun kadang - kadang kita kelimpungan menghadapi masalah keuangan yang semakin menipis. Jangan sampai bokek saat masa liburan tiba karena ini akan sangat mengganggu kenyamanan liburan kita. Berikut kami berikan ulasan mengenai:


Tips Atur Keuangan Cegah Bokek Saat Liburan


Tips Atur Keuangan Cegah Bokek Saat Liburan

1. Menyusun Rencana Liburan

Setiap manusia membutuhkan liburan untuk menyegarkan otak ketika sudah lelah agar bisa kembali rileks, tapi jangan lupakan untuk menyusun rencana liburan yang baik dan benar agar tidak kewalahan untuk mengatasinya. Setiap tahun kita pasti akan liburan dan bahkan mungkin ada yang memang hobi melakukan perjalanan beberapa kali dalam setahun, solusi untuk mencegah bokek saat liburan adalah dengan menyicil biaya perjalanan dari gaji bulanan kita sedikit demi sedikit.

Hindarilah melakukan perjalanan liburan dadakan yang kurang menyenangkan di kantong karena hanya akan menguras pernghasilan kita yang tak diprediksikan akan membengkak. Liburan yang seru dan menyenangkan sudah pasti harus terlepas dari kesulitan masalah keuangan, makanya butuh perencanaan yang matang.

 2. Menentukan Tujuan, Waktu dan Lama Perjalanan

Jangan lupakan bahwa berwisata juga membutuhkan kesiapan semisal budget untuk tempat - tempat tertentu. Sesuaikanlah tujuan dengan penghasilan atau tabungan yang kita miliki, jangan terlalu memaksakan apabila tidak cukup mendanai sebuah perjalanan yang sudah lama diimpikan, tunda dulu dan dahulukan yang bisa terwujud duluan.

Waktu dan lama perjalanan juga harus diperhatikan. Jika itu adalah sebuah keluarga yang memiliki anak, pastikan waktu liburan sekolah mereka bersamaan dengan kita, hal ini tentu lebih menyegarkan pikiran daripada sebaliknya apabila liburan tanpa persiapan yang hanya menyebabkan stress yang baru sebab lamanya perjalanan hanya akan membuat pikiran menjadi terbebani.

 3. Memilih Transportasi

Sesuai dengan destinasi liburan kita, sesuai pulalah ongkos yang dibutuhkan. Seandainya tempat yang kita tuju sangat jauh maka cara mudah menjangkaunya ialah dengan mempersiapkan ongkos jauh - jauh hari sebelumnya. Jangan lupakan ketika memilih transportasi pilihlah yang terbaik dan termurah, dijamin bokek takkan melanda.

 4. Akomodasi 

Kalau ingin menginap di hotel, jangan terlalu memewahkan diri, persiapkanlah secara benar untuk masalah akomodasi. Persiapkan cadangan uang untuk menikmati makanan - makanan yang tersedia di sekitar tempat wisata.

5. Internet dan Buku Panduan 

Jika merencanakan sebuah perjalanan alangkah baiknya kita selalu mengecek harga tiket atau akomodasi online demi mendapatkan fasilitas yang lebih murah, jangan ragu untuk segera memesan ketika ada promo atau diskon karena biasanya harganya akan jauh lebih murah. Selain itu sediakan pula lah buku panduan untuk memberi informasi seputar kota tujuan dan lokasi - lokasi tempat wisata.

6. Makanan 

Alangkah baiknya untuk mempersiapkan budget makanan agar liburan bisa maksimal tanpa hambatan dan tenang. Perencanaan yang baik bisa memangkas harga pengeluaran untuk makanan saat kita berlibur, caranya adalah dengan memasak. Khusus untuk ini pilihlah guest house yang memiliki fasilitas seperti kompor dan kitchen.

7. Bekal Uang 

Membekali diri dengan uang sangatlah penting, ingatlah untuk selalu mengatur berapa maksimal uang yang ingin dibelanjakan saat liburan dan jangan melebihi batasan yang kita tetapkan sendiri. Disiplin saat membawa bekal uang dan mengatur pengeluaran mampu mencegah kita dari sifat boros. Hindari copet dengan tidak terlalu banyak membawa uang, bawa uang seperlunya saja dan kita bisa memanfaatkan kartu debit atu kredit kemudian.

8. Memilih Lokasi Wisata 

Memanfaatkan city tour nampaknya bisa menjadi solusi untuk kita yang ingin mengetahui kebudayaan di suatu daerah sambil menikmati keindahannya serta tidak terlalu pusing memikirkan biaya yang biasanya lebih murah ketimbang kita bereksperimen sendiri. Mengunjungi tempat seperti pantai dan museum adalah destinasi yang biasanya menjadi pilihan favorit.

9. Oleh - Oleh

Mau tidak mau kita akan tergiur untuk membeli banyak sekali barang - barang menarik untuk dijadikan oleh - oleh, namun jangan terlalu cepat membeli, tergesa - gesa akan menghancurkan kantong dalam sekejap, pastikan untuk membeli seminimal yang penting saja untuk keluarga inti dan kerabat dekat. Khusus untuk umum berikan saja satu bungkus coklat untuk dimakan bersama.

Berlibur memang menyenangkan, alangkah baiknya pula bila karena berlibur kita menjadi riang gembira dan bukannya semakin pusing karena memikirkan biaya hidup selanjutnya untuk membayar ini itu, demikianlah tips atur keuangan cegah bokek saat liburan, semoga bermanfaat.

Dapatkan info terbaru via email gratis, jangan lupa klik konfirmasi pada email sobat:

15 Responses to "Tips Atur Keuangan Cegah Bokek Saat Liburan"

  1. liburan memang sangat dinanti nantikan bagi para siapa aja ya neng dila, baik mahasiswa pokonya semua deh, gunanya ya bisa menetralkan suasana yang lagi tegang stress salah satunya, namun dibalik itu untuk persiapan agar tetap aman agar ga kanker nantinya dibutuhkan beberapa tipsjuga, nah seperti yang telah dikupas diatas sangat efekif ini neng :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga mas mukhlis rejekinya lancar dan tidak bokek, tepat sekali :)

      Delete
  2. tipsnya sangat bermanfaat nih, persiapan yang matang dan penargetan yang sudah di buat perencanaan sudah pasti tidak akan kekurangan uang ya neng? bener-bener top deh artikel perencanaanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga mas Dzatmiko rejekinya lancar dan tips ini bermanfaat selalu

      Delete
  3. Hallo Mba Debe...
    Informasi yang sangat lengkap... bisa dibuat tips untuk para penikmat yang suka jalan-jalan... :D
    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga mas dedy
      Semoga mas Dedy rejekinya lancar dan semakin suka jalan-jalan

      Delete
  4. sy sendiri kadang kesulitan dlm mengatur pengeluaran untuk transportasi...soalnya setiap hr mobilan terus...hidup d jalan.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah gawat itu kang, semoga bisa kendalikan finansial kedepannya

      Delete
  5. liburannya dirumah saja ... dijamin anti bokek ,,,heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. makan tidur makan tidur dijamin endut deh, hihi

      Delete
    2. hahahaha ,,,, yg penting kn gk bikin bokek ,.,, :P

      Delete