6 Penyebab Gagal Wawancara Kerja

Setiap orang pasti memimpikan memiliki pekerjaan yang baik, penghasilan yang banyak dan kesuksesan dalam segala hal. Sebagai salah satu langkah awal untuk memulai memperoleh itu semua ialah dengan diterimanya kita ditempat kerja yang kita idam - idamkan selama ini. Prosesnya tentunya harus ada wawancara kerja dulu, setelah kita melewati proses tersebut, barulah kita menyongsong masa depan yang lebih cerah.

Adakalanya tidak semua orang bisa lolos ketika ada wawancara kerja. Apakah sesulit itu? sebagian orang mengatakannya sulit dan sebagian orang lagi merasa tidak masalah karena wawancara kerja adalah hal yang sederhana sekali, orang tersebut dengan gampang melaluinya. Lalu, apakah benar? Sebenarnya apa - apa saja penyebab gagalnya wawancara kerja? Berikut kami kumpulkan diantaranya :

6 Penyebab Gagal Wawancara Kerja

6 Penyebab Gagal Wawancara Kerja

1. Berpenampilan Tidak Sopan

Mungkin agak susah untuk melepaskan kebiasaan kita berbusana tertentu sehari - hari. Kadang suatu perusahaan atau lowaongan yang kita pilih mengharuskan kita berpenampilan menarik sesuai selera mereka. Aturlah sebaik mungkin untuk menyiasati hal ini dengan bijak. Hindari memakai pakaian yang tidak sopan, jika perempuan terlalu menor dalam berdandan dan khususnya jangan pernah mengenakan kaos dan baju ketat, sendal dan pakailah yang resmi seuai permintaan perusahaan.

2. Menebar Kebencian

Ketika ada pertanyaan tentang pekerjaan kita terdahulu, munculah sebuah keinginan untuk curhat seputar kejelekan atasan kita sebelumnya. Inilah kesalahan besar yang membuat siapa saja hilang simpati kepada kita. Menebar kebencian adalah prilaku yang mencerminkan diri yang kurang matang, sudah bisa dipastikan pewawancara tidak akan tertarik untuk menerima kita sebagai pekerja.

3. Terlambat

Sudah tahu mau wawancara tapi malah datang terlambat, ini sama saja dengan bunuh diri. Usahakan mempersiapkan segala macam hal jauh - jauh hari sebelum wawancara dimulai. Ingatlah kita bukan pemilik perusahaan yang bisa sesuka hati mengatur pewawancara dan membuatnya menunggu. Bahkan seorang yang sudah sukses sekalipun telah terbiasa untuk menundukkan kemalasan dalam hal mengatur waktu.

4. Curhat Masalah Pribadi

Memang akan ada pertanyaan seputar masalah pribadi seperti dimana kita tinggal, namun jangan pernah berpikiran untuk curhat seputaran kegiatan sehari - hari bersama warga satu kampung dan menjabarkan kebiasaan setiap tetangga secara mendetail, tentu itu akan membuat si pewawancara tertawa sebab bukan itu yang diharapkan dari sebuah wawancara kerja. Jawablah dengan tegas, singkat, padat dan jelas.

5. Berkata Tidak Sopan

Harusnya kita bisa menjaga omongan, namun karena saking antusiasnya kitapun menjadi lupa tentang apa yang kita bicarakan, seringnya saat sebuah wawancara kerja yang terjadi adalah pewawancara merasa tersinggung hingga mengekspresikannya dalam bentuk gesture tertentu, tiba - tiba menjadi tidak ramah, bahkan ada yang sangat ketus setelahnya. Berhati - hatilah dengan ucapan karena satu kata yang salah saja bisa berakibat fatal bagi diterima atau tidaknya kita dalam pekerjaan tersebut.

6. Terlalu Wangi dan Menyengat

Ada yang bilang kalau wawancara harus wangi, tidak salah juga tapi jangan berlebihan pula. Ketika seseorang memakai minyak wangi hingga menusuk hidung orang yang menciumnya, sudah bisa dipastikan bahwa ia akan ditolak oleh pewawancara. Bayangkan saja karena kesan pertama saja sudah tidak baik, jelas ia sudah tidak merasa tertarik lagi.


Ya itulah sedikit 6 Penyebab Gagal Wawancara Kerja disamping hal - hal seperti kurangnya keahlian dan bakat. Semoga bermanfaat.


Dapatkan info terbaru via email gratis, jangan lupa klik konfirmasi pada email sobat:

19 Responses to "6 Penyebab Gagal Wawancara Kerja"

  1. wah banyak juga ya neng maslah gagal wawancara, saya juga pernah ikut tes awancara dulu di sebuah instansi, kebetulan kami kenanya dah jam 11 malam, akhirnya bukan pertanyaan yang berkaitan ditanya siwawancara, hahaha curhat pribadi deh, :) apa mungkin dah ke malaman tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. malam gitu kali mas, untung enggak sampai jam 12 malam ya mas,hehehe kalau gak yang wawancarai malah bukan manusia dan kakinya tidak ditanah :D

      Delete
  2. Replies
    1. kita tunggu adminnya dulu, mungkin lagi ikut wawancara :)

      Delete
    2. sorry kalau balas komen lama, sedikit ada kesibukan di dunia nyata blog pun agak terbengkalai,

      mbak nailul mungkin bisa langsung masuk, wawancara kita mulai :D
      Mas mukhlis langsung saya terima tanpa wawancara ya,hihi

      Delete
  3. Ada teman saya diwawancarai yang tidak sesui pada umumnya, katanya malah cuma ditanya sudah keluarga belum, tinggal sama siapa, sudah makan apa belum hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu lucu mbak :D semacam cari jodoh kali ye

      Delete
  4. memang dalam melakukan wawancara sangat perlu memerhatikan ya bu, salah satunya agar jangan ada kegagalan, salah satu contohnya seperti memakai wangian yang berlebihan :)

    ReplyDelete
  5. Poin nomer 2 mbak biasa tanpa di sadari banyak yg ngelakuin....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya nggak lho Mas....hehehhe

      Delete
    2. ia mas asnaji, apalagi kalau cewek paling hobi gossip, termasuk gosipin mantan bos perusahaan dahulu, jelek-jeleknya disebutin semua hehe


      mas wahab oke tuh

      Delete
  6. Ternyata banyak ya mbak faktor dan penyebab orang gagal wawancara....

    ReplyDelete
  7. Tambahan ya Mbak...
    - Cara duduk yang benar
    - Jangan memotong omongan si pewawancara
    - Jangan klemar-klemer(harus bersikap siaga)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya suka nih ada tambahan
      makasih ya mas wahab syahputra
      -jangan lupa berdoa saat sebelum wawancara dimulai

      itu tuh tambahan lagi yang kelupaan,hehe

      Delete