Tips Cara Menghemat Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak

Sering jengkel karena sering mati lampu? atau pemadaman listrik bergilir? Rasanya tidak bisa berteriak padahal sering megeluh tentang ketidakpuasan selaku konsumen, kita sudah membayar listrik tepat waktu, tidak pernah nunggak dan yang  terjadi malah listrik kita dipadamkan secara rutin. Hal ini sudah pasti adalah masalah umum bagi rakyat Indonesia, terutama yang lagi sibuk bekerja tiba - tiba harus terhenti karena pemadaman listrik dan pekerjaan pun menjadi terkendala. 

Alangkah manisnya apabila energi ini bisa digantikan dengan alternatif lain yang bisa menyelesaikan masalah kekurangan beban listrik di Indonesia, tetapi seperti biasa bahasan yang seperti ini hanya akan menjadi wacana, sudah banyak karya - karya anak negeri dan yang paling menyakitkan untuk diterima akal adalah hasil riset mereka selalu ditolak oleh dalam negeri dan dibeli mahal negara asing. Semoga saja Indonesia bisa bangkit dari keterpurukan dan mengatasi masalah listrik ini.

Mengingat sulitnya kondisi energi listrik di Indonesia, sudah selayaknya kita berhemat untuk mengatasinya, situasi ekonomi juga sedang tidak baik untuk memboroskan listrik di rumah, sekarang ini berhemat adalah solusi yang tepat. Berikut Tips Cara Menghemat Listrik Agar Tagihan tidak Membengkak, sekaligus mencegah mubazir penggunan listrik yang tidak baik  :

Tips Cara Menghemat Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak

1. Cabut Peralatan Saat Tidak Dibutuhkan Dari Saklar

Jangan pernah sekali - kali meninggalkan alat - alat elektronik dengan keadaan masih dicolokkan kepada saklar walaupun sudah dimatikan, misalnya tv, komputer, dan lain - lain. Ini mungkin terlihat sepele, tapi listrik masih akan mengalir sebanyak lebih kurang 5% dan ini tentu saja akan merugikan kita saat pembayaraan tagihan karena listrik tidak dipakai. Yang paling sering kita lakukan adalah tidak melepaskan charger dari saklarnya ketika selesai mengecas handphone dan tentu saja kebiasaan buruk ini perlu dirubah.

2. Pakailah Listrik Pulsa

Para pakar ekonomi menilai penggunaan listrik pulsa ini dapat mengendalikan pemakaian listrik dan mengurangi keborosan, sehingga target menghemat tagihan pun dapat tercapai. Selalu pastikan bahwa pulsa tidak benar - benar habis karena ini bisa menyebabkan berbagai pekerjaan di rumah terkendala.  Mengontrol kebutuhan listrik adalah cara yang tepat sebelum memutuskan memakai sistem listrik pulsa ini.

3. Matikan Lampu Yang Tidak Perlu

Tidak perlu menghidupkan lampu di siang hari, buka semua jendela dan pastikan betul bahwa pencahayaan pada rumah sudah maksimal, jangan biarkan anggota keluarga kita melakukan pemborosan dengan menyalakan lampu di kamar, hidupkan lampu seperlunya saja.

4. Jangan Terlalu Ketergantungan Dengan AC

Sudah tidak dipungkiri bahwa AC adalah alat elektronik yang paling banyak memakan listrik dan membuat tagihan kita membengkak. AC sendiri sangat dibutuhkan ketika panas, meski sebenarnya kita bisa menyiasatinya dengan  membuka semua jendela dan menyediakan ventilasi yang cukup, pemakaian AC sudah menjadi gaya hidup dan membuat kita ketergantungan. Selalu pastikan memilih AC yang hemat energi dan gunakan seperlunya saja.

5. Hemat Penggunaan Kulkas

Kulkas atau lemari pendingin terkadang sangat luput dari perhatian kita, sama halnya seperti AC, pilihlah kulkas yang hemat energi, jangan terlalu mengisi kulkas dengan bahan makanan penuh hingga membuatnya ekstra keras menarik listrik untuk mendinginkan suhu dan selalu pastikan untuk tidak membuka pintunya terlalu lama. Kulkas yang dikontrol dengan baik dapat memaksimalkan program penghematan tagihan listik yang akan dibayar.

6. Matikan Alat Elektronik Ketika Tidur

Sudah menjadi kebiasaan tidur dengan alat elektronik menyala ? mungkin ini kelihatannya tidak terlalu diperhatikan, tapi seperti membiarkan handphone menyala sambil kita tertidur dapat menghabiskan baterainya dan membuat kita harus mengisi daya kembali, atau kebiasaan meninggalkan handphone yang dicas sementara kita tertidur, resiko paling fatal selain tagihan membengkak adalah kebakaran akibat baterai yang meledak.

Selain HP, yang juga tak kalah penting untuk dikontrol adalah alat - alat elektronik yang sering menemani kita saat tidur, TV, AC, Lampu, dan pastikan semuanya mati untuk menghemat listrik, atau jika ingin menghidupkan lampu saat tidur siasati dengan menggunakan lampu tidur yang redup cahayanya.

Demikianlah Tips Cara Menghemat Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak, semoga bermanfaat.

Dapatkan info terbaru via email gratis, jangan lupa klik konfirmasi pada email sobat:

12 Responses to "Tips Cara Menghemat Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak"

  1. Di rumah aku masih menggunakan listrik yang dulu bukan pakai pulsa. Tapi di rumah juga tidak terlalu sering menonton tv atau menyalakan lampu terlalu lama. Btw, makasih ya tipsnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kita mbak saya juga tidak suka nonton tv.

      Terimakasih kembali wida zee sudah berkunjung

      Delete
  2. Matikan lampu saat tidur ... hehe
    Gunakan seperlunya saja, ...
    Sy setuju semuanya dg tipz nya neng dila ..

    ReplyDelete
  3. nah dengan beberapa tips diatas bisa jadi solusi ini biar tiap bulan lebih irit sama pembayaran listrik ya mb :)

    ReplyDelete
  4. Penting banget... memang benar hal-hal di atas harus diterapkan apalagi kalau kegunaannya tidak penting-penting amat...
    Salam Mba Debe... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik nyalakan yang bermanfaat saja Kang Dedy tepat sekali
      salam mas dedy :)

      Delete
  5. Kabar terbaru TDL mau turun katanya,,,untuk beberapa golongan pemakai listrik....

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah mas wahab unntuk rakyat miskin kabar yang baik tentu saja

      Delete