Tips Cara Berhenti Merokok

Merokok biasanya identik dengan laki - laki, namun akhir - akhir ini sering pula dijumpai wanita yang merokok. Penyebab orang merokok pun beragam, ada yang hanya bergaya - gayaan, melampiaskan suntuk, menikmati rokok dan biasanya hanya dimulai dari coba - coba lantas berlanjut hingga kecanduan dan menjadi gaya hidup. Bukan salah bila merokok, tapi yang salah itu dampaknya. Merokok tidak membunuhmu ?

Khusus yang merasa merokok tidak membunuhnya, mungkin artikel ini kurang cocok untuknya, tapi untuk yang ingin berhenti merokok, berikut kami berikan Tips Cara Berhenti Merokok yang Ampuh :

Tips Cara Berhenti Merokok

1. Segala Sesuatu Harus Dimulai dari Niat

Niat adalah awal dari segala kegiatan kita. Ada pepatah yang mengatakan bahwa sesuatu yang baik harus dimulai dengan niat yang baik pula. Contoh kasus saat ini adalah membuat manusia perokok berhenti merokok, mulailah dengan merenungkan apa - apa saja kerugian merokok tersebut, faktor kesehatan, ekonomi, dan ingatlah orang - orang yang kita sayangi, dengan mengingat mereka kita menjadi berpikir ribuan kali untuk menghancurkan masa depan mereka dengan asap rokok kita.

2. Atur Mindset yang Baik tentang Berhenti Merokok

Berusaha sekeras apapun kalau yang ada di dalam pikiran tidak benar hasilnya juga tidak akan benar. Ada sebuah kisah tentang seorang suami yang disuruh istrinya untuk berhenti merokok lalu ia menuruti, selang beberapa waktu merokoknya kambuh lagi dan tidak hilang. Ternyata penyebabnya adalah karena pria tersebut merasa terkekang dan di dalam mindsetnya ia yakin rokok adalah penambah semangat hidup. Itu hanya pikiran halusinasi, kalau benar karena rokok, lantas orang yang tidak merokok bagaimana bisa bertahan hidup tanpanya? 

Merokok harus diberhentikan dengan cara memberhentikan pola pikir yang jelek juga dari dalam diri sendiri. Pikirkan bahwa merokok lebih banyak ruginya daripada manfaatnya, kenali ini sebagai bakal penguat mindset agar tidak goyah karena sudah mantap ingin berhenti merokok.

3. Menjauhi Teman yang Merokok

Berteman dengan siapa saja sih boleh saja, tapi kalau niat hati ingin berhenti merokok jauhilah teman - teman yang merokok. Kita tidak perlu memusuhi dan merusak tali silahturahmi, kita hanya membuat diri kita jauh dari ajakan - ajakan teman untuk mencoba menyalakan korek rokok yang tadinya kita buang. Sekedar ngopi bersama tanpa harus terpengaruh dengan mereka mungkin tidak masalah, tapi kebanyakan kasus goyah karena teman itu terlalu umum.


4.  Membuang Semua Rokok

Memang sayang rasanya sudah membeli rokok mahal - mahal kok dibuang ? Ini demi terwujudnya misi kita melepaskan diri dari rokok yang mematikan, tahan diri untuk tidak merokok dengan cara membuang semua rokok yang ada di rumah. Kadang - kadang yang sudah bulat tekad pun bisa roboh lagi ketika iseng melihat sebatang rokok dirumah dan mencobanya. Ingat ! kita yang mengatur tubuh kita, bukan tubuh kita yang mengatur kita.

5. Gantikan dengan Menghisap Permen

Ini sudah sangat umum dijumpai dan biasanya manjur. Konon katanya seseorang yang terbiasa merokok akan merasakan pahit mulut ketika tidak merokok, ini adalah efek kecanduan yang membelenggu orang tersebut. Cobalah untuk mengalihkan perhatian dengan menghisap permen, meski rasanya berbeda, sedikit demi sedikit diri kita juga akan terbiasa.

Demikianlah tips cara berhenti merokok yang ampuh. Semoga kita semua bisa sehat dan terbebas dari polusi asap rokok yang membahayakan. Sekian dan terimakasih.




Dapatkan info terbaru via email gratis, jangan lupa klik konfirmasi pada email sobat:

27 Responses to "Tips Cara Berhenti Merokok "

  1. saya nih salah satu ahli hisab mbak,susah banget nih menghentikannya.
    akan saya coba menerapkap ke-5 tipsnya setahap demi setahap.
    makasih atas saran ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. mw sy bntu gk mas ? hehe

      Delete
    2. Pokoknya ahli hisab yang baik gitu kang..

      Delete
    3. merokok atau tidak merokok itu kembali ke pribadi masing - masing

      kalau admin sih ya jelas kalau ada orang merokok mending usil matiin rokoknya :D #pakek omelan maut

      Delete
    4. jadi atut nih kalo mau ngrokok deket mimin ini, bisa kena omelan maut nanti

      Delete
    5. merokok boleh asalkan jangan ada asapnya :D
      Saya enggak serem mas jangan atut,hehe

      Delete
  2. alhamdulillah sy bukan golongan org-org smoker ,,, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mas fiu, ikut senang saya mendengarnya

      MAs yanto ini mau tau aja,hehe

      Delete
    2. Mas yan@ gololongan biru ... :p
      Neng dila@ alhmdulillah ... klo neng dila seneng sy juga ikutan seneng ... heheh ^_~

      Delete
    3. golongan biru???
      mengurangi angka polusi mas, semakin banyak pria tidak merokok semakin bagus ^_~ juga

      Delete
  3. Kalau saya mah smokers sejati yang susah baget untuk berhenti, mumngkin poin no 1 yang kurang dari diri saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat mas jangan menyerah

      #itu juga kalau mau berenti,hehe

      Delete
  4. Betul banget kalau nggak di dasari dena=gan niat pasti untuk berhenti merokoknya pun akan gagal ya hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. gagal maning ya benar sekali mbak zee

      Delete
    2. benar mbak wida...semua harus didasari dengan niat..penjelasan artikel di atas sangat bagus sekali dan harus diperhatikan oleh para sahabat yang memang perokok aktif. dan bagi yang pasif pun juga sangat penting agar tidak ikut2an menjadi pasif...madharatnya lebih banyak daripada bahayanya..eh, daripada manfaatnya :D

      Delete
    3. terimakasih tambahannya Kang Zeer

      Delete
  5. bener mas jauhi temen yang suka meroko kalo di deketi nnanti malah di tawari. untuk sementara waktu aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya bukan mas - mas tukang bakso

      ok mangadul yang penting jangan merokok

      Delete
    2. sebenernya admin ini cwo apa cwe ya?? kok dipanggil mas sama mangs adul.. hehehe

      Delete
    3. Saya bukan cowo juga bukan cewe
      saya wanita :D

      sejujurnya gender tidak begitu penting di dunia blogosphere yang penting kualitas

      Delete
  6. alhamdulillah saya termasuk ahlul hisab...hehehe..trimakasih atas tipnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat kalau gitu kang bisa terapin tips ini

      Delete
  7. Saya dulu pernah mencoba berhenti merokok dan menggantinya dengan permen mbak, sudah hampir sebulan berhenti merokok tapi saya pikir malah pengeluaran lebih besar dari pada merokok, karna jika saya ngga meroko malah nyemilnya yang kuat banget mbak. saya harus gimana dong?? pengaruh dari teman yang merokok juga sangat besar sih menurut saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyemil apa ngemil mas,hehe
      itu bisa diatasi dengan banyak - banyak piknik mas, pasti lupa merokok deh

      Delete