Manfaat Mendengarkan Tilawah Al-Quran

Suatu ketika saya mendapati seorang teman non muslim yang mengatakan bahwa ia sangat menyukai suara lantunan Al-Quran yang sangat merdu ketika ada yang mengaji. Sebenarnya saat itu juga ia tengah diberikan hidayah dari Allah SWT namun ia tidak menyadarinya, saya hanya mengucapkan rasa syukur alhamdulillah dan berharap suatu hari nanti ketika telah bertemu lagi dengannya ada kemajuan dari hidayah - hidayah yang ia dapatkan.

Seperti halnya ketika ia merasa teduh dan melihat cantik wanita muslimah yang mengenakan hijab, seketika itu juga ia sedang dalam proses meyakinkan diri dari mana sebenarnya ia berasal. Hingga suatu saat nanti ia akan kembali kepada fitrahnya, saya percaya Allah SWT selalu memberikan hikmah dibalik segala macam kejadian di muka bumi ini.

Bahkan seorang non muslim sekalipun bisa merasakan kesejukan ketika mendengarkan tilawah Al-Quran, namun kenapa malah banyak umat Islam yang melupakan membaca kitab suci sendiri ? menanamkan kepada diri perlu bahwa Al-Quran memiliki banyak manfaat, berikut diantaranya :

Manfaat Mendengarkan Tilawah Al-Quran

Manfaat Mendengarkan Tilawah Al -Quran 


وَإِذَا قُرِئَ الْقُرْآنُ فَاسْتَمِعُوا لَهُ وَأَنْصِتُوا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

“dan apabila dibacakan Al Quran, Maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat” (Al-A’râf: 204)

1. Memperoleh Ketenangan Jiwa

Mendengarkan tilawah Al-Quran dapat menenangkan jiwa seseorang, menurunkan perasaan depresi, sedih, rasa takut, cemas, gelisah, dan semua yang mengganggu pikiran manusia. Hal ini bukan tidak ada penelitiannya sama sekali.

Salah satu penelitian yang dilakukan peneliti Muhammad Salim dipublikasikan Universitas boston yaitu meneliti 5 sukarelawan yakni 3 laki - laki dan 2 perempuan yang tidak mengerti bahasa arab. Ketika diperdengarkan murotal Al-quran dengan tartil hasilnya responden mendapat 65% ketenangan. Penelitian dilakukan dengan dua sesi dan sebanyak 210 kali yaitu sesi bacaan murotal Al-Quran dengan tartil dan dengan bahasa arab yang bukan dari Al-Quran. Kesimpulannya Al-Quran memiliki pengaruh besar untuk ketenangan jiwa.

2. Meningkatkan imunitas dan kekebalan tubuh

3. Meningkatkan kapasitas untuk berinovasi

4. Meningkatkan kemampuan untuk fokus

5. Mengobati penyakit biasa seperti alergi, dingin, pilek, dan sakit kepala

6. Mengobati penyakit kronis, akut, dan sulit disembuhkan

7. Mencegah penyakit ganas seperti kanker

8. Merubah perilaku secara signifikan

9. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan orang lain

10. Meningkatkan kemampuan berbicara dan kecepatan berbicara

11. Menguatkan stabilitas mental dan menghilangkan ketegangan syaraf

12. Merubah kebiasaan buruk seperti kebiasaan makan yang berlebihan dan merokok

13. Mengontrol amarah dan menghilangkan sifat ceroboh

14. Kemampuan membuat keputusan dengan baik

15. Menghilangkan rasa takut, ragu-ragu, dan cemas

16. Mengembangkan dan menguatkan kepribadian

17. Menenangkan hati dan mengendurkan ketegangan pikiran

Begitu banyak manfaat mendengarkan Tilawah Al-Quran, mari sama - sama tidak meninggalkan Al-Quran sebagai pedoman hidup. Ketika membaca juga kita diharuskan menghadirkan hati agar apa yang kita baca tidak serta merta menghilang namun tetap melekat, jangan lupakan pula membaca arti tafsirnya juga.

Dapatkan info terbaru via email gratis, jangan lupa klik konfirmasi pada email sobat:

29 Responses to "Manfaat Mendengarkan Tilawah Al-Quran "

  1. Alqur'an adalah sumber cahaya kehidupan ...
    Siapa yg membaca, mentadabburi dan mengamalnkanya, maka Allah tidak ada kan menyia-nyiakan hidupnya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimaksih ustadzah dila ...

      Delete
    2. belum pantes saya mas dipanggil ustadzah, masih dangkal ilmu
      terimakasih kembal mas fiu

      Delete
  2. Klo org islam itu sndri gk merasa tenang ketika mendengatkan alqur'an brrti blm dpt hidayah juga ...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, semoga hidayah aLLAH SELALU TERCURAHKAN KEPADA KITA :)

      Delete
    2. muslim harus paham kandungan Al-quran supaya ia tidak tersesat, benar sekali mas fiu dan mas mukhlis

      Delete
    3. Neng dila juga benar... :)

      Delete
  3. Sy juga sama, klo melihat wanita berhijab dan rapi hati sy berasa tenang sekali melihatnya ... hehehe
    Apalagi ... kalo ...

    ReplyDelete
  4. mendengar tilawah alquran sangatlah banyak, saya sendiri paling suka kalo setiap sore dikami sealu ada tilawah nya di menasah dan di masjid :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia mas, tilawah memang punya banyak manfaat. Saya lebih seneng kalau yang dimesjid orang yang mengaji mas bukannya kaset

      Delete
    2. Setju ... ntr yg dapat pahala malah kaset lg ..heje

      Delete
    3. kalau kaset bisa dapat pahala, udah bejibun pahalanya mas soalnya seluruh Indonesia diputerin kaset

      Delete
  5. ternyata banyak sekali ya manfaat dari mengengarkan tilawah al-quran, kalo saya pribadi hati suka merasa tenang banget, apa lagi kalo pas lagi banyak masalah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kesejukan, itu karena Alquran mengandung hidayah dan berasal dari Allah SWT.

      Delete
    2. Yg ini nih sy lbh senang juga ...hehe

      Delete
  6. Membaca atau mendengarkan orang membaca Al-Qur'an memang membuat hati lebih tenang.
    Ternyata selain untuk ketenangan hati mendengarkan suara-suara ayat suci Al-Qur'an banyak manfaat lainnya juga yah mba, bahkan bisa untuk mengobati penyakit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener setuju dengan Chisana Sekai
      segalanya dari Allah SWT, termasuk penyakit bisa dengan mudah Ia sembuhkan

      Delete
  7. wow begitu besar dan banyak manfaat dari mendengarkan ayat suci alquran.
    mendengarkan saja udah dapet begitu banyak manfaat apalagi bila yg membaca ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Membaca pahalanya berlipat - lipat lagi mas yanto

      Delete
  8. makasih ya sharenya, aku udah lama banget gak dengerin tilawah, ngaji pun bolong-bolong, jadi malu sendiri nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama - sama mbak ervina, Ia ini juga untuk menasehati admin juga. Saling menasehati dalam kebaikan mbak

      Delete
  9. Semoga kita termasuk orang2 yg dapat mengamalkan isi Al Quran. Amin

    ReplyDelete