Cara Membuat Anak Hobi Membaca

Membaca adalah jendela dunia. Ketika kita ingin keliling dunia maka membaca sudah seperti sarana praktis untuk mewujudkan impian tersebut. Hanya dengan membaca pengetahuan bertambah. Masalahnya sekarang adalah membaca disebut sebagai hobi. Padahal membaca seharusnya menjadi sebuah kebutuhan primer manusia.

A ;  Hobi kamu apa?
B :  Hobi saya membaca
A :  Oh kalau saya tidak hobi membaca

Cara Membuat Anak Hobi Membaca


Lalu apakah pantas jika membaca disebut hobi ? sebutan hobi sebenarnya lebih pas untuk mendaki gunung, menyanyi, melukis, dan sejenisnya. Kalau membaca disebut hobi sementara kegiatan membaca ini senantiasa akan kita temui dan lakukan seumur hidup, diprediksi kesulitan akan selalu kita temui nanti di dunia ini.

Tapi kata hobi sudah terlalu menjamur, kita tidak bisa membendung istilah ini dan menggantikannya dengan yang lain. Minat masyarakat terhadap membaca sangat rendah, ditambah lagi dengan kesulitan ekonomi membuat mereka enggan membeli buku. Meskipun begitu jaman sekarang segalanya bisa diatasi dengan internet, seandainya dimanfaatkan secara positif hasilnya juga sangatlah baik.

Membaca harus dimulai dari anak - anak. Perlu diterapkan sedari dini untuk membuat anak paham bahwa membaca adalah kunci kesuksesan mereka dimanapun. Tentu saja mengajari anak agar berminat membaca tidak semudah dengan orang yang sudah dewasa, kita butuh banyak kesabaran dan bujukan yang khusus. Seperti berikut ini kami berikan tips Cara Membuat Anak Hobi Membaca..


1. Sediakan Buku Dongeng

Menyuruh anak membaca tidaklah mudah, pertama - tama kita harus memunculkan minat dari dalam diri anak terlebih dahulu, Buku dongeng yang bergambar menarik adalah solusinya, bacakan selama 10 menit kepada anak sambil kemudian ajaklah ia untuk ikut membaca dengan antusiasnya.

2. Motivasi dengan Cara yang Fun

Anak menyukai keceriaan. Saat ia tidak lelah, ajaklah untuk bermain sambil belajar. Biarkan ia mengamati gambar pada buku - buku yang disediakan. Setelah ia muncul keingintahuan dan mulai tanya - tanya, ambil alih suasana itu untuk mengajaknya membaca.

3. Dengarkan Cerita si Kecil

Anak memiliki caranya tersendiri untuk berekspresi, ketika anak selesai membaca, biarkanlah ia mengutarakan kesenangannya atau ketidaksukaannya terhadap suatu karakter di dalam cerita buku. Support ia dengan mendengarkan setulus hati, kemudian merespon lembut saat mengkoreksi apa - apa yang ia baca.

4. Cerita Lucu

Buat si kecil tertawa dengan cerita - cerita lucu pada buku dongeng, cerita yang sederhana dan menarik akan disukai anak sehingga ia lebih gemar untuk membacanya terus menerus

5. Pujian Untuknya

Inilah bagian yang paling penting dalam suatu proses pembelajaran. Anak menginginkan dirinya selalu diperhatikan. Lihatlah ia secara mendalam sambil memuji apa yang ia kerjakan. Bacaannya mungkin kadang salah, namun dengan menyukai apa yang ia kerjakan anak akan semakin termotivasi lagi untuk membaca dan memperbaiki bacaannya.

Demikianlah Cara Membuat Anak Hobi Membaca, semoga kita bisa meningkatkan kualitas bangsa dengan mendidik anak agar senantiasa cerdas lagi berjiwa petarung di dalam hidupnya.


Dapatkan info terbaru via email gratis, jangan lupa klik konfirmasi pada email sobat:

54 Responses to "Cara Membuat Anak Hobi Membaca"

  1. Sering2 ajak ke perpus boleh gk neng?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh juga nih usulannya
      oke terimakasih mas fiu sudah menambahkan :)

      Delete
    2. sering ajak ke perpus, solusi yang bagus juga, karena begitu banyak koleksi buku pasti anak anak akan tertarik dan penasaran :)

      Delete
  2. Dampaknya juga sangat baik jika anak gemar membaca :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak manfaat membaca mas, tepat sekali

      Delete
  3. tipsnya boleh juga dicoba, anak2 jadi seneng baca

    ReplyDelete
  4. tapi gara-gara dari kecil suka baca komik akhirnya smpe gede sukanya baca komik doang hha

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggak papa kalau anak seneng baca komik
      Di dalam komik juga terkadang ada moral message yang berharga, asal komiknya jangan ngelantur.
      cuma kalau sudah dewasa pasti tahu membaca komik itu lebih banyak ruginya
      saya juga dulu suka banget membaca komik
      sekarang tidak

      Delete
  5. di tempat tinggal kalian ada ga perpustakaan yang disediakan pemerintah setempat untuk warganya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada mas, cuma ditempat saya perpustakaan lebih mirip kuburan, sepinya luar biasa

      Delete
    2. Disaya gak ada, kedasaran untuk membaca sangat rendah ya, ditambah lagi sekarang akses ke bukul digital semakin baik dengan adanya internet dari rumah juga bisa

      Delete
    3. kesadaran apa kedasaran mas, hehehe

      Delete
  6. Membaca adalah cara pintar buat pintar...

    ReplyDelete
  7. kata hobi sudah menjadi umum ya mb dila, memang betul juga membaca bisa di buatin hobi :) hehehe

    ReplyDelete
  8. 5 cara yang bagus buat ajakin anak kita supaya hobi dengan membaca, tapih saya belum jadi bapak dan belum punya anak, ntar kalo sudah punya anak ini tips saya kasihkan deh :) hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, kok tau mb, ngintips ya :)

      Delete
    2. terdeteksi itu mah mas bukan ngintips :D

      Delete
    3. terdetksi ke mana mb ? ke hati ya, asik asik

      Delete
    4. Ke apotik mas cari obat atau jamu biar sembuh, hehehe

      Delete
  9. Membaca adalah aktifitas yang mungkin selalu kita lakukan sehari hari ya mbak?
    kalo ada orang yang bilang kalo dirinya nggak suka baca, sudah jelas kalo dia berbohong ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena di dalam hidup kita memang diharuskan membaca

      Delete
  10. mungkin anak akan suka membaca jika kita sudah mengajarkannya sejak dini ya mbak? dan akan menjadi terbiasa hingga dewasa

    ReplyDelete
  11. Setuju dengan caranya Mbak, dan terlebih yang buku dongeng, saya kan pernah kecil ya, saat kecil saya seneng banget baca buku dongeng, sampai besar saya jadi suka membaca deh... hehehehehehehehehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi
      Uda besar harus menjadi pengarang yang sukses kayak pencipta buku dongeng, mantap mas diar

      Delete
  12. kalo saya bukan dongeng, tapi karena suka baca komik dari kecil jadi suka baca :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komik bisa untuk menarik pancingan membaca, asal bisa dikontrol baik hasilnya

      Delete
  13. sebagai tambahan, kalau dia lagi cerita pancing dengan kita bertanya seakan kita tidak tau....lalu ajak membaca dengan pelan. kadang yang dibacanya sama yang diceritakan gak nyambung, tapi itulah imajinasi anak sedang bermain....tinggal kita pancing dengan cara yang bersahabat dan menyenangkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. weh ... pandai sekali mbah ini memancancing yah ... :)
      makyus buat tmbahan ilmu pancingnya mbah ... :)

      Delete
    2. Mbah dinan uda berpengalaman nih kayaknya untuk urusan ini
      Terimakasih banyak, asik nih ditambahin lagi

      Delete
    3. Mas fiu S
      Setidaknya harus punya alat pancing untuk membaca

      Delete
  14. Makasih banget mbak tipsnya kebetulan lagi mau menularkan anak saya hoby membaca :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mbak turis cantik. Anak saya belum ada yang pandai membaca juga mbak, makanya saya bikin post ini biar sama-sama paham kitanya :)

      Hehehe
      Mau pahamkan anak siapa cobak :D nikah aja belum...

      Delete
  15. Makasih banget mbak tipsnya kebetulan lagi mau menularkan anak saya hoby membaca :)

    ReplyDelete
  16. Kalo baca komik boleh ga?
    Soalnya kan sama-sama baca buku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh. Tp tanamkan agar anak tahu bahwa bukan cuma komik saja yang penting dibaca di dunia ini.

      Delete
  17. mantap tipsnya, lebih baik hobi membaca ya dari pada hobi pegang gadget =D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau digadget bisa baca enggak masalah kayaknya mbak :D

      Delete
  18. meMotivasi dengan Cara yang Fun pasti ampuh banget tuh ya mas, soalnya anak nggak bakalan cepat bosan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini bukan mas e, tapi neng gitu lho :) cuci mukak dulu sono

      Delete
    2. Ky Cules
      saya tidak berkumis

      Muhammad Mukhlis
      Terimakasih mas, belum bangun kali ya ntu ky cules

      Delete
  19. kalo buat anak-anak kaya saya yang masih imut nih kak, :D dikasih reward adalah cara yang paling efektif :V

    ReplyDelete
  20. Kayaknya jangan lupa belikan hadiah buku cerita menarik akan menjadikannya gemar membaca. Jangan dihadiahi hp. lupa semua tuh sama bukunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas ezy bener juga ya kasih buku cerita pakek gambar pasti seru

      Delete
  21. dulu aku gak prnh diksh buku dongeng nih semasa kecil, akhirnya besar gak suka bgt membaca..hehe
    waduh, besok anakku hrus disediakn buku dongeng nih..
    Thanks tipsny mbak deb:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung pengen punya anak aja ya Rahayu Wiandra,hehe
      sip semoga anaknya berhasil

      Delete