Bahaya Obat Nyamuk Bakar Bagi Kesehatan

Mengingat rata - rata penduduk Indonesia menggunakan obat nyamuk bakar yang biasanya banyak dijual dipasaran karena harganya yang murah dan efektif untuk mengusir nyamuk, postingan kali ini akan sangat mengejutkan pembaca karena faktanya tidak hanya nyamuk saja yang bisa dibasmi berkat obat nyamuk ini, manusia pun bisa lenyap. Keampuhan nyamuk bakar tidak perlu diragukan lagi. Tapi tahukah kamu semengerikan apakah Bahaya Obat Nyamuk Bakar Bagi Kesehatan ? Berikut ulasannya : 

Bahaya Obat Nyamuk Bakar Bagi Kesehatan


1. Merusak syaraf dan pemicu kanker

Dichlorovynil dimethyl phosfar ( DDVP ), Propoxur yang merupakan senyawa karbamat adalah senyawa berbahaya yang dapat membunuh manusia. Dikabarkan ratusan ribu orang di Bhopal menderita kerusakan syaraf parah akibat senyawa ini.

2. Lebih berbahaya dari 100 batang rokok

Merokok bisa menyebabkan banyak penyakit bagi sang perokok, bayangkan bila 100 batang rokok dikonsumsi sekaligus, seperti itulah ilustrasi perbandingan bahaya merokok, dengan bahaya obat nyamuk bakar yang sama - sama menghasilkan asap. Kandungan karsinogen di dalamnya jelas sekali lebih ampuh ketimbang rokok dalam hal pemicu kanker.

3. Menyebabkan gangguan pernafasan

S-2 adalah zat yang akan merusak pernafasan dan kesehatan manusia. Sayangnya lagi, masyarakat sering tidak peduli dengan seringnya meletakkan obat nyamuk bakar terlalu dekat dengan jangkauan hidung, ini menyebabkan gangguan pernafasan bahkan mengakibatkan masalah penyakit serius seperti kanker yang mematikan.


4. Memperparah penyakit asma

Penderita asma tidak disarankan menggunakan obat nyamuk bakar, hal ini disebabkan kandungan obat nyamuk yaitu pyrethrum masuk ke dalam paru - paru manusia ketika bernafas, ketika dihirup hal ini memicu penyakit asma yang diderita kambuh dan memperburuk keadaannya.

5. Menurunkan kekebalan tubuh

Di dalam obat nyamuk bakar terdapat zat - zat berbahaya termasuk zat nikotin setara 100 rokok, pyrethrum, dan lain - lain yang semua memiliki andil dalam menurunkan kekebalan tubuh manusia dan merusak kesehatan.

6. Keracunan

Gejala yang umum dan sering ditemui saat penggunaan obat nyamuk bakar ialah, oyong, pusing, mual, muntah, dan  berlanjut kepada keracunan yang membahayakan tubuh. Hal ini tidak bisa dihindari kecuali dengan berhenti menggunakan produk tersebut.

7. Iritasi mata dan peradangan mata

Terpapar pyrethrum terlalu sering juga dapat merusak mata, menyebabkan iritasi dan peradangan. Segera hubungi dokter bila hal ini terjadi.

8. Kanker paru - paru akut

Octachlrodipropyl Eter sebagai zat penyebab kanker paru - paru akut berasal dari obat nyamuk bakar, zat ini apabila dibakar menjadi BCME yang luar biasa efeknya untuk menyebabkan kanker kepada seseorang yang terpapar obat nyamuk.

9. Tertelan menyebabkan kematian

Keracunan bahkan sampai pada tahap yang parah dapat berujung kepada kematian untuk seseorang yang tidak sengaja menelan obat nyamuk, untuk itu selalu pastikan membersihkan tangan setelah memegang obat nyamuk. Jangan biarkan anak kecil bermain dengan obat nyamuk bakar dan jagalah agar tidak tertelan oleh mereka.

Ada banyak sekali kerugiannya, namun akan sangat sulit untuk meninggalkan obat nyamuk tipe bakar bagi kita. Selalu awasi dan antisipasi agar hal - hal yang tidak diinginkan tidak terjadi. Sekian Bahaya Obat Nyamuk Bakar Bagi Kesehatan, semoga bermanfaat.

Dapatkan info terbaru via email gratis, jangan lupa klik konfirmasi pada email sobat:

8 Responses to "Bahaya Obat Nyamuk Bakar Bagi Kesehatan"

  1. Ternyata menggunakan obat nyamuk bakar itu bisa membunuh kita dalam jangka panjang ya mbak?? walaupun efeknya tidak cepat tapi jika digunakan setiap hari kemungkinan akan terlihat cepat efeknya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia jangka panjangnya mengerikan mas dzatmiko, tapi jangk pendek juga bahaya jika tertelan

      Delete
  2. Untung aja nyamuk di rumah ku udah bersahabat semua, jadi ga ada yang brani gigit deh. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi nyamuknya gaul juga ya mas bisa dijadikan sohib

      Delete
  3. Waduh lebih bahaya dari 100 batang roko padahal harganya lebih muurah dari 1 bungkus roko :) ngeri banget dong.
    Sy suka pake itu juga kalau kepaksa buat simpen di dapur biar ga banyak nyamuk, kalau dikamar si ga berani ga tahan sama asepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang bahaya banget sebenarnya lebih parah dari rokok, tapi kayak yang mbak dian katakan tadi kita kadang pakai. Mayoritas rakyat indonesia kayaknya deh suka pakai ni obat nyamuk.

      Delete
  4. ternyata sangat berbahaya ya mbak

    ReplyDelete