Tips Menghindari Maling Motor Profesional

Maling motor memang tidak ada habis - habisnya, setelah beberapa kali tertangkap lalu dihajar massa, tidak akan membuat sekelompotan teman satu profesi maling motor lain tergugah hatinya untuk bertobat. Seperti itulah fenomena yang terjadi di sekitar kita, ada yang melakukan tindakan kriminal ini dengan terbiasa melakukannya, adapula yang karena tuntutan susahnya mencari pekerjaan dan himpitan ekonomi, padahal yang namanya tindakan kriminal tidak ada urusan alasan apapun. Siapakah yang rela mentoleransi prilaku menyimpang tersebut? Sebagai mana kita ketahui, masyarakat kita sudah bosan menghadapi pelaku maling motor yang kian hari kian maraknya. Lalu adakah upaya untuk mengatasi ini? Berikut Tips Menghindari Maling Motor Profesional...

Tips Menghindari Maling Motor Profesional

1. Pilih Tempat Parkir yang Aman

Bermacam - macam jenis tempat parkir. Yang harus kita perhatikan ketika memarkirkan motor adalah keamanan, tentu saja. Pastikan tempat parkir yang dipilih adalah tempat parkir yang resmi, memiliki kartu parkir/bukti, petugas yang mengawasi penuh, dan kalau bisa pilihlah yang memiliki CCTV serta pengawasan motor yang keluar dengan menunjukkan STNK pemilik motor, dengan begitu kita akan lebih bisa aman dari maling motor.

2. Selalu Gunakan Gembok

Sudah ada kunci keamanan dari motor yang digunakan, bahkan setelah mengunci stang motor kita diwajibkan menuntup bagian penutup kunci. Apakah ini sudah aman? tentu saja tidak ada yang bisa menjamin. Hebatnya lagi selain kunci T, para pelaku maling motor selalu ada cara dalam menyiasati hal ini. Solusi yang paling tepat untuk kita adalah dengan membawa gembok dan selalu menggembok motor tiap kali ingin meninggalkannya. Jangan malu bila dibilang kurang gaul atau norak. Inilah yang dinamakan antisipasi tingkat super. Kita tidak pernah tau seperti apa kehebatan maling, maka lebih baik lagi bila kita bisa atasi dengan berbagai metode, salah satunya yaitu dengan cara menggembok motor dengan benar.

3. Posisi Parkir yang Mudah di Awasi

Ketika memarkirkan motor, pilihlah posisi yang tidak terlalu memojok, perhatikan betul letak petugas dan motor kita. Pastikan bahwa petugas bisa dengan tegap mengawasinya. Caranya ialah dengan meletakkan kendaraan kita di tempat strategis hingga membantu proses pengamanan motor juga nantinya.

4. Amati Sekeliling

Bila ada sebuah mobil box, pick up, truk, ataupun sejenisnya di wilayah pakir, waspadalah dan hindari tempat parkir yang demikian, sebab sudah sangat populer cara - cara pelaku curanmor melarikan motor kita dengan kendaraan - kendaraan tersebut. Mencurigai tidak ada salahnya juga tapi jangan pula setiap ada mobil box lantas dicurigai sebagai komplitan maling motor. Hal ini hanya umum yang tidak sepenuhnya mutlak.

5. Jangan Pernah Letakkan Surat - Surat Penting di Bagasi Motor

Penting untuk diingat dan dapat menghindari maling motor sukses mencuri motor kita adalah dengan tidak meletakkan surat - surat penting di bagasi motor, STNK, BPKB, SIM, semua yang sangat fatal apabila dibiasakan tertinggal di bagasi. Ini sama dengan memberikan secara sukarela motor yang kita sayangi. Hindari maling motor dengan sigap menyimpan barang - barang penting di tempat yang lebih aman, misalnya lemari kamar, ataupun dompet.

6. Hindari Terlihat Mencolok

Istilah kejahatan ada karena ada niat pelaku dan kesempatan itu ada benarnya. Hindarilah sejak dini untuk keamanan motor yang kita cintai, jangan terlalu memamerkan kendaraan. Misal untuk motor gede dengan kecanggihan serta kegagahannya, lebih baik gunakan kain penutup motor bila diparkir, atau gunakan motor yang sederhana saja. Semakin jelek sebuah motor, semakin seorang maling tidak tertarik untuk mencurinya. Jangan terlalu memodifikasi motor juga salah satu upayanya. Pencuri cenderung tergiur dengan tampilan yang menarik.

7. Asuransikan Motor

Sebenarnya motor dicuri atau tidak itu sudah takdir bila memang terjadinya kita tidak bisa mencegahnya lagi. Namun demikian, ada cara yang lebih cerdas dalam menghadapi maling motor profesional ini. Jangan pernah lupa untuk mengansuransikan motor yang kita pakai ke perusahaan asuransi terpercaya. Ini untuk berjaga - jaga kalau suatu hari ada yang tidak beres, kita bisa langsung mendapatkan ganti rugi.

Demikianlah Tips Menghindari Maling Motor Profesional, semoga bermanfaat.

Dapatkan info terbaru via email gratis, jangan lupa klik konfirmasi pada email sobat:

30 Responses to "Tips Menghindari Maling Motor Profesional"

  1. Bukannya ada alarm motor juga ya? Eh, gatau ding, nggak punya motor :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mbak lusi. Kita bisa menambahkan alarm motor untuk keamanan. Masalahnya ini terlalu mahal untuk sebagian orang.

      Terimakasih untuk tambahannya

      Delete
    2. ia bner neng dila alrm motr ada tpi mahal ...

      Delete
    3. dan lagi sering ada masalah pada motor ketika dipasang alarm malah kumat - kumatan tuh motor...
      Jadi sebenarnya tips paling benar adalah dengan tidak usah punya motor

      Delete
    4. hahahaha ,,, cerdas sih neng dila ,,,
      jadi makin ,,,

      Delete
  2. tipsnya okeh banget nih ....
    aplgi sy di jkrta ... hrus ekstra hati2 klo p[arkir motor ,, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas fiu,
      hati - hati juga ya dijalan

      Delete
    2. siap laksanakan ... hehehe

      Delete
  3. Tips tambahan mbak,,,klo bisa punya motornya yang butut aja,,,biar gak ada maling yang mau,,,hehhehhe

    ReplyDelete
  4. apalagi menjelang lebaran, lebih kudu waspada ama yang namanya maling

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas lebaran banyak mbak Aiy, hari biasa juga banyak.. akhir - akhir ini juga tindak kriminal banyak karena phk juga dimana - mana.

      Delete
    2. iya nih, jadi kalo banyak maling karna banyak phk harusnya kita ikutan demo ya...

      Delete
    3. demo rame - rame mbak biar berubah negeri ini...

      Delete
  5. Replies
    1. iya mbak pitaloka, lebih baik asuransi saja

      Delete
  6. Iya, nih namanya mungkin demi keluarga ya rela melakukan apa aja.. Tapi kok tega kasih makan keluarga pake uang haram.. Astaghfirullah..

    Namanya pencuri kalo belum tobat kayaknya gak bakalan jera.. Iya makasih tipsnya sangat bermanfaat sekali untuk diamalkan..

    BTW kalo gembok motor itu dipasang di mananya ya?

    Oh ya ada juga loh parkir yang gak boleh dikunci biar bisa di pindah pindahan sama tukang parkirnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Manusia kebanyakan tidak peduli dosa mbak arum, mau itu apa aja dilakuin yg penting dapet duit..dosa kalau nonjol diwajah kali mungkin bisa buat orang malu..tapi karena dosa abstrak..ya kembali urasan beliau dengan Tuhan. Masalahnya banyak orang tidak percaya Tuhan sekarang.

      Gembok biasanya dipasang dibagian lingkar motor mbak rum sehingga roda tidak berputar. Atau bisa dikreasikan sendiri mau bikin gembok yang panjang. Tapi saya biasa simple aja, sangkutkan gembok dilingkar dan pastikan kalau berputar roda tidak jalan. Kalau yang telaten dua duanya ban depan dan belakang digembok, jadinya pencuri gak bisa lariin motor.

      Hehehe tukang parkirnya itu mbak yang kebangetan, saya juga sering nemu yang begitu. Karena saya cerewet saya omelin aja.wkwkwk..

      Alangkah baiknya pindah ke tukang parkir yang lain aja mbak. Kadang tukang parkir banyak juga yang usil main kabur aja padahal uang parkir uda minta dibayar duluan.

      Delete
  7. harus ekstra hati-hati memang. kemarin motor saya kuncinya sudah dibobol. sudah bolonh dan bisa dimasukkin kunci apa saja dan motor bisa hidup. entah apa alasan si pencuri tak jadi membawa motor saya (dan ini sangat saya syukuri), tapi mendapati motor saya seperti itu saya langsung syok :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo teman saya sih pernah juga hampir seperti itu, lubang kunci motor ada besi yang menyumbat, mungkin kunci T pelaku patah saat ingin membobol kunci motor teman saya itu.

      Delete
    2. @Diah siregar
      Mungkim uda langsung ketahuan ya mbak
      Atau mungkin juga dia langsung dapet hidayah

      Intinya masih bersyukur karena Allah tidak ijinkan itu maling motor ambil kereta mbak diah
      Eh orang medan ya mbak? Hihi

      Delete
    3. @dzatmiko oi
      Bener mas..kejadian begit banyak yang alamin. Ini kayaknya bikin susah yang punya motor karena lubang kuncinya jadi harus kebengkel benerin lagi. Tapi alhamdulillah masih selamat

      Delete
  8. Sedikit tambahan lagi nih mbak, Jangan menaruh motor di halaman rumah walaupun pagar rumah tinggingan 2meter atau lebih. Soalnya pernah kejadian di dekat rumah saya ada yang kemalingan motor dan anehnya itu gembok pagar rumah tidak ada yang rusak atau dibobol, pager tingginya kurang lebih 2meter, saksi yang melihat katanya ada mobil pickup (mobil bak) yang parkir lumayan lama di dpan pagar rumah korban. kemungkinan besar pelaku lebih dari dua orang dan motor itu diangkat melewati pagar halaman rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia mas kalau saran saya juga lebih baik kalau tidak ada orang atau keadaan sunyi tidak ada yang pantau motor kita, masukin dalam rumah aja tuh motor. Lebih aman. Mobil box dan pick up itu sering digunakan memang mas, makanya kudu hati-hati.

      Delete
  9. Mantap... Kita siaga.. Maling pun jadi waspada... :-)

    ReplyDelete
  10. Kalau profesional 99% kena mba susah dihindari :) ga tau kalau pakai alarm.
    Orang dulu ditempat sy dari depan rumah (teras) aja banyak yg kena padahal siang2 :) keren emang malingnya dan katanya si tu motor ga dinaekin tapi dimasukin mobil box biar ga ketauan

    ReplyDelete
    Replies
    1. mobil box lagi ya, oke banget memang cara jitu mereka. Kita emang kudu waspada mbak Dian

      Delete