Manfaat Kecap Bagi Kesehatan

Mengingat setiap harinya wanita di dapur senantiasa bertemu dengan benda yang satu ini, kerap kali kita tidak begitu peduli dengan kandungannya, tahukah ladies bahwa kecap bukan hanya sekedar penyedap masakan, ia juga memiliki segudang manfaat yang sangat baik untuk tubuh, apa sajakah itu? Berikut Manfaat Kecap Bagi Kesehatan :

Manfaat Kecap Bagi Kesehatan

1. Mengatasi Penuaan Dini dan Penyakit Degenerativ

Kulit kedelai hitam pada kecap sebagai sumber pembuatannya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, memiliki kandungan antioksidan, keunggulannya sudah tidak bisa diragukan lagi untuk mengatasi penuaan dini dan penyakit - penyakit degenerativ pada manusia.

2. Menurunkan Kolesterol

Kecap sangat bermanfaat bagi penurunan kadar kolesterol pada tubuh, ini disebabkan adanya kandungan isoflavon dan antosianin pada kecap yang merupakan pemberi dampak baik pada profil lipid sehingga dapat mengurangi tekanan darah dan kolestrerol.

3. Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Penyakit pembunuh manusia nomor satu di dunia ini adalah yang paling menakutkan bagi kita, tapi tenang saja karena berkat adanya kecap, kandungan kecap dan khasiatnya mampu menghambat oksidasi kolesterol sehingga plak pembuluh darah tidak terjadi dan penyakit jantung koroner pun dapat dicegah dengan baik.

4. Kaya Vitamin

Sudah tidak diragukan lagi kebaikan kedelai hitam untuk kesehatan yaitu manfaatnya sebagai sumber vitamin A,B,C,K dan bukan hanya itu masih bisa kita dapatkan kandungan lainnya seperti protein, karbohidrat, lemak, kalsium, magnesium, fosfor, kalium dan semua mineral yang dibutuhkan tubuh manusia.

5. Melancarkan Pencernaan

Manusia membutuhkan kecap untuk mendapatkan khasiatnya yang ampuh dalam melancarkan pencernaan, serat pada kacang kedelai sangat amat bagus untuk ikut andil dalam mengeluarkan zat - zat racun di usus dan mencegah diare.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan peptide pada kedelai hitam memiliki khasiat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Inilah yang dibutuhkan manusia sebagai senjata untuk melawan penyakit - penyakit berbahaya yang menyerang tubuh.

7. Mencegah Kerusakan Ginjal

Kecap yang berkualitas baik akan sangat bermanfaat bagi ginjal sebab kedelai hitam tidak sulit dan mudah diterima oleh ginjal serta berfungsi untuk meningkatkan kinerjanya.

Demikianlah beberapa manfaat kecap bagi kesehatan manusia, bahkan ada yang mengatakan kecap sangat baik untuk obat batuk berdahak, caranya ialah dengan mencampurkannya dengan jeruk nipis beberapa tetes, meskipun terbukti ampuh namun beberapa riset menyatakan bahwa fungsi kecap tersebut adalah untuk memberikan rasa, bukannya sebagai pemilik kandungan penyembuh selayaknya jeruk nipis.

Dapatkan info terbaru via email gratis, jangan lupa klik konfirmasi pada email sobat:

73 Responses to "Manfaat Kecap Bagi Kesehatan"

  1. sy suka kecap ABC ... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua kecap sudah ada yang iklankan, saya pilih kecap apa cobak, cap singa gituh ?

      Delete
    2. berapa bayarnya ? klo buat neng dila mah gpp bayar .... :D

      Mas mukhlis@ cap keong ..

      Delete
    3. Iklan aja sekalian mas...!

      Delete
    4. Mas gak usa iklan kecap iklan yang lain aja,hehehe @mas mukhlis


      Terdeteksi modus..@fiu S

      Nanti saya pasang halaman pasang iklan ya mas@trik pos

      Delete
    5. hihihih ,,,, jadi modusnya gk di trima nih ,,, :D ?

      Delete
    6. hahaha, asik asik ini mbak :) kalo gituh saya pasang iklan saus saja mbak, artikel selanjutnya ini mah :) wkwkwkww

      Delete
    7. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    8. @Fiu S
      Jangan kebanyakan modus mas, pelecehan itu namanya..entar saya laporin KPBW (Komisi Perlindungan Blogger Wanita)

      @Muhammad Mukhlis
      Ayo buruan buat sausnya iklan disini diskon! Hari senin harga naik!

      Delete
    9. Khusus untuk bapak Ifrod Maksum..mohon maaf komentarnya saya hapus..

      Komentar anda kurang ganteng!

      Delete
    10. hehe ... klo modud gk diterima sy mw serius deh sama neng dila ,,, ini cius loh yah ... :D :P

      Delete
  2. Wah lengkap sekali ya manfaat kecap ini, baru tau saya kalo kecap memiliki manfaat yang begitu banyak. ga sia sia saya suka dengan kecap ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas dzatmiko benar sekali mas...kecap harus dikonsumsi dan disukai

      Delete
    2. untuk sekarang mas dzamiko ayo kecapnya di buat jus :) nikmat sepertinya :) wkwkwkwkw

      Delete
    3. dih masa kecap mw dibuat juz sih .... :(

      Delete
    4. Mas mukhlis seleranya oke juga nih kecap dijus, hehehe

      Delete
    5. neng dila jangn ikut2an loh ya ,,,

      Delete
    6. hahaha, iya tuh, apalagi suasana gerah, bisa fresh tuh ya :) wkwkwkwkw

      Delete
    7. Mas fiu dan mas mukhlis mungkin bisa janjian minum jus berdua biar romantis :D

      Delete
    8. sy maunya minum juz berdua ama neng dila aja titik ,,, :D :P

      Delete
  3. Untuk sate, nasi goreng, bubur ayam, mie ayam dan wah masih banyak lagi.. ternyata lagi banyak manfaatnya untuk kesehatan. Saya cuman tahu kecap buat obat batuk di tambah jeruk nipis :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia mas memang yang paling populer untuk obat batuk.. semoga info ini bermanfaat

      Delete
  4. Bentuk yang sederhana namun mempunyai banyak manfaat khususnya bagi tubuh (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga manfaatnya bisa kita rasakan mbak wida

      Delete
  5. wah banyak juga ternyata manfaat kecap bagi kesehatan kita ya mas, tapi apa semua kecap baik buat tubuh kita??

    ReplyDelete
    Replies
    1. tul betul betul :)

      adminnya bukan mas e kang hendry, tapi mbak :) hehehe

      Delete
    2. hahahaha ... mb hendri bakal dapat piring cantik nih dri neng dila .. :D

      Delete
    3. mbak hendriyana..

      Silahkan jemput piring cantiknya

      Delete
    4. sayanya gimana ga dapat apa apa berati ?

      Delete
    5. dapat gelas pecah mau ? :P

      Delete
    6. Mas mukhlis dapat sendal jepit :D

      Delete
    7. mas mukhlis jngn mau ,,,, klo di kasi sndal jepit ,,,

      Delete
    8. kok sandal jepit sih mbak, maunya kan jam tangan kek, buat kenangan dari mbak, betul ga mas Fius

      Delete
    9. Uda saya kasih mas fius jam tangannya mas mukhlis bagi dua ya..hehehe

      Delete
    10. hehehe, nis mas mukhlis kebgian kotak jm tangannya aja yah ,,, :D

      Delete
  6. makan nasi lauk telur ceplok, dressing dengan kecap dan kerupuk sebagai pelengkap.. ahahahha saya sukaa saya sukaaa...
    tapi pernah baca komposisi di salah satu merk kecap koq ada pengawetnya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. brrti kecapnya gk layak pakai ... ;D

      Delete
    2. Saya juga suka kecap mbak Aiy..

      Ia banyak kecap yang pakai pengawet..kalau kita bisa buat sendiri lebih bagusan mbak tanpa pengawet

      Tau deh produk jaman sekarang serba diawetin

      Delete
    3. mbak aiy walaupun ga pakai pengawet udah kelihatan cantik lho mbak :)
      beneran sumpah

      Delete
    4. awas ada yg lg modus berkedok kecap /.... hjahahaha :P

      Delete
    5. ahahaha ,,, ah neng dila modu juga nih ,,, :P

      Delete
    6. hahahaha ,,, bisa aja ih neng dila ,,, :D

      Delete
  7. subhanallah, ternyata kecap yang dikonsumsi sebagai bahan pelunak masakan sangat banyak ya mbak manfaatnya, selain manfaat buat masakan ternyata sangat bagus buat kesehatan, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah... kitanya jadi tambah sehat makanan juga makin enak.

      Bener setuju banget mas mukhlis

      Delete
    2. tul betul betul, saya dulunya sukak konsumsi kecap seperti ABC pokonya yang manis manis deh, pas lagi ada jambu wah enak deh pokonya :)

      Delete
    3. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    4. Mohon maaf lahir batin mas mukhlis

      Komentarnya terlalu kreatif! makanya saya hapus :)

      Delete
  8. kalau kecapnya beli biasanya malah banyak mengandung unsur kimia seperti pengawet

    Jadi baiknya gimana tuh mba? Hehe

    ReplyDelete
  9. yang bonen ini, kok khasiatnya banyak bener, klo makan kecap tiap hari gak bakal tua2 dong :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk
      Yang boneng siapa mbak put?

      Tapi emang saya terinspirasi membuat postingan ini karena abang saya yang hobi banget makan kecap..wah seriusan umurnya uda mau 30 tapi wajahnya masih baby face... kalau menurut saya bener itu mbak kasiatnya gak bikin tua.hehehe

      Cuma item ia kebanyakan makan kecap

      Delete
    2. brrt sy mw minum nya kecap juga ah ....
      biar lbh baby face mukanya ,,,hehe

      Delete
    3. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    4. Saya tidak mentolerir komentar yang tidak sopan..kali ini saya maafkan!

      Delete
    5. waduh , emg yg diatas komen apa ?

      Delete
    6. Komentar yg kasar dan tidak patut.. :)

      Delete
  10. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  11. Kalau bikin nasgor, saya sukak pakai kecap loh mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah enak itu nasgor..hehehe
      Nasi goreng tanpa kecap hambar rasanya @ririe khayan

      Delete
  12. setuju banget, gue emang dari dulu demen ama kecapp :D

    ReplyDelete
  13. hihi... baru tahu saya kalo kecap pun bermanfaat untuk kesehatan, karena kedelai hitam itu ya mbak. makasih mbak sudah share ke kita2

    ReplyDelete
  14. karena kecap manis, saya yang suka kecap pun manfaatnya jd ikutan manis. :D wkwk

    ReplyDelete