Manfaat Gerakan Shalat Untuk Kesehatan

Info berikut ini akan sangat bermanfaat sekali untuk kita yaitu umat muslim yang senantiasa menjaga shalatnya. Gerakan shalat seringkali dianggap hanyalah sebuah gerakan, kita suka lupa kalau segala sesuatunya yang diciptakan dibumi ini pasti ada manfaat dan hikmahnya, termasuk pula kita sebagai makhluk yang disuruh menyembah Allah SWT dalam shalat yang khusyuk, pertemuan yang khusus antara manusia dengan Penciptanya, Kekasih sejati yang selalu menjaga dan mencintai kita serta tidak akan pernah meninggalkan kita. Shalat malah sering dianggap hanya sebuah rutinitas biasa, padahal shalat yang berkualitas akan menghasilkan insan yang berkualitas pula, berikut kami sajikan Manfaat Gerakan Shalat untuk Kesehatan :


Manfaat Gerakan Shalat Untuk Kesehatan



1. Gerakan Tahbiratul Ihram

Gerakan shalat yang paling awal ini yaitu berdiri dengan tegap kemudian mengangkat kedua belah tangan untuk disedekapkan di depan dada adalah gerakan yang memiki manfaat untuk kelancaran serta kesehatan pernafasan manusia, sehingga dapat berfungsi dengan lancar. Manfaat lainnya ialah untuk mengencangkan otot dari aktifitas kedua tangan dan bahu yang berkontraksi.

2. Gerakan Rukuk

Pada saat rukuk atau membungkukkan badan ke arah depan dan tangan bertumpu pada lutut, otot pada punggung hingga bokong berkontraksi, gerakan ini memperlancar aliran darah khususnya bagian tubuh atas manusia. 

3. Gerakan Sujud

Gerakan memposisikan diri paling rendah di atas tanah ini adalah penyerahan diri beserta kemuliaan manusia yang disimbolkan dengan kepala kepada Sang Pencipta, manfaatnya luar biasa sekali yaitu aliran darah dapat mengalir secara maksimal ke area kepala, memaksimalkan fungsi otak manusia baik itu otak kanan maupun otak kiri, gerakan sujud yang berkualitas dapat membuat orang yang sujud menjadi cerdas, selain itu otot leher sampai kakipun ikut mendapatkan imbas yaitu semakin kencang dan kuat. Untuk pernafasan juga baik, sebab sujud diteliti mampu melancarkan pernafasan dan menjadikannya teratur, apalagi sujud yang khusyuk dan penuh dengan ketaatan.

4. Gerakan Duduk

Pada bagian shalat yaitu setelah sujud dilanjutkan dengan gerakan duduk yakni bagian pantat dan paha menumpu pada bagian kaki bawah. Ketika kegiatan ini berlangsung, terjadi reaksi otot kaki menekan dan ini tentu akan sangat bagus untuk peredaran darah kita hingga memaksimalkannya terpompa dengan baik. Lakukan dengan sebaik - baiknya agar terhindar dari penyakit linu pada kaki.

5. Gerakan Salam

Inilah gerakan penutup pada shalat, pada gerakannya dilakukan memutarkan wajah ke kanan dan ke kiri hingga menatap ke belakang. Lakukan dengan benar untuk mendapatkan manfaatnya untuk kesehatan yaitu otot leher menjadi mengencang serta memperlancar peredaran darah hingga teratur.


Ya itulah dia beberapa manfaat dari gerakan -gerakan shalat, sungguh nikmat anugerah shalat ini kita rasakan, selain shalat mencegah diri dari perbuatan keji dan munkar, juga manfaat kesehatannya pula kita dapatkan. Sudah banyak penelitian yang membuktikan. Demikianlah postingan Manfaat Gerakan Shalat Untuk Kesehatan di atas, barangkali ada yang ingin menambahkan silahkan di kolom komentar di bawah ini...

Dapatkan info terbaru via email gratis, jangan lupa klik konfirmasi pada email sobat:

26 Responses to "Manfaat Gerakan Shalat Untuk Kesehatan"

  1. Subhanalloh, banyak sekali ya mbak manfaatnya.. Selain beribadah, kita juga sama seperti berolahraga ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kayaknya saya dapat pertamax ya?? hehehehe

      Delete
    2. Manfaatnya besar mas dzatmiko, makanya kita tidak boleh meninggalkannya..

      Selamat mas dapat pertamax berhadiah piring cantik, hehehe

      Delete
    3. Buat mas mukhlis, maaf anda kurang beruntung :D

      Delete
    4. ambil sendiri mas ditoko sembako

      Delete
  2. subhanallah, gerakan sholat sangat bagus ternyata ya mbak, bahkan bisa menjadikan buat kesehatan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia mas mukhlis..selain itu jiwa juga dibikin tenang, tentu saja dengan tata cara yg benar

      Delete
  3. artinya sholat lima waktu secara benar itu menyehatkan ya mbak Debe... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepat sekali mba anjar..kita pun terjaga karenanya

      Delete
  4. luar biassa subhanalloh ternyata banyak sekali manfaat dari gerakan shalat. Selain itu shalat memang sudah kewajiban bagi semua kaum muslim

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia mbak kewajiban yang menentukan mana yang muslim dan kafir hanyalah dengan shalat

      Delete
    2. masa sh yg menentukan mana yg kafir mana yg gak dg sholat? hehe
      brrti yg gk sholat termasuk kafir yah ...
      :D

      Delete
    3. Itu kata pak ustad, bukan kata saya mas fiu
      saya mah apa atuh
      CMIIW

      Delete
  5. Beh.. Subhanallah banget tuh!
    Sebenarnya sholat itu kita yang butuh bukan Allah.. mungkin ya diwajibkan itu karena banyak manfaat bagi kesehatan maupun kepribadian..
    Bermanfaat banget artikelnya menjelaskan tentang manfaat sholat untuk kesehatan :-)

    ReplyDelete
  6. subhanallah, gerakan shalat sangat bagus untuk kesehatan
    jangan lupa Wudhu juga banyak manfaat'a seperti untuk mencerahkan wajah, biar awet muda :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik dapat tambahan..
      Yups terimakasih chiisana sekai

      Delete
  7. hinggsa sedetail itulah Allah Menyuruh Rasul Sholat bersama umatnya didunia, gerakannya juga manfaat buat kesehatan jeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepat sekali mang cilembu.. itulah kebenaran islam. Manfaat gerakan shalat juga adalah salah satu contoh karunia menjadi seorang muslim adalah nikmat iman yang tak terhingga nilainya.

      Delete
  8. alhamdulilah dapat jugak pencerahan nya.,.
    makaih mbak,.,.

    ReplyDelete
  9. nice info ... dapat informasi bermanfaat banget

    ReplyDelete