Manfaat Daun Sukun dan Cara Mengolahnya

Sukun adalah buah yang sangat populer di Indonesia, ternyata keberadaannya sebagai bahan makanan juga dapat dimanfaatkan sebagai alternatif obat tradisional untuk penyakit asam urat, ginjal, jantung, diabetes dan masih banyak lagi. Kali ini kita akan membahasnya dalam postingan komplit mengenai Manfaat Daun Sukun dan Cara Mengolahnya, berikut diantaranya:

Manfaat Daun Sukun dan Cara Mengolahnya


Manfaat Daun Sukun Untuk Penyakit Asam Urat

Daun sukun sangat berkhasiat untuk menyembuhkan asam urat, caranya ialah dengan memilih daun yang bagus dan segar, bersihkan dan cucilah dengan benar. Potonglah bagian daun sukun tersebut, kalau masih basah, keringkan terlebih dahulu. Untuk mendapatkan khasiatnya, kita dapat melakukan hal berikut : Ambillah lima belas daun keringnya, satu genggam daun greges otot (bibitungan), kemudian siapkan madu atau gula batu sesuai kebutuhan, dan satu gelas air mendidih. Seduhlah daun sukun bersama daun greges otot untuk disaring airnya. Biarkan dingin untuk kemudian ditambah dengan madu atau gula. Silahkan minum ramuan ini untuk kesehatan dan penyembuhan penyakit asam urat secara rutin 2 x sehari untuk 10 hari.


Manfaat Daun Sukun Untuk Penyakit Ginjal

Alangkah direkomendasikan untuk meminum rebusan daun sukun pada penderita penyakit ginjal. Khasiatnya sangat ampuh dan tentu saja bahan daun yang dipilih haruslah yang berkualitas terbaik, tidak kotor, harus fresh dan juga jangan berlubang. Ikhtiarkan untuk kesembuhan dan disiplin mengonsumsinya secara teratur tentu adalah kunci keberhasilan pengobatan.


Manfaat Daun Penyakit Jantung

Daun sukun sangatlah baik untuk kesehatan jantung kita, mengonsumsinya juga bisa menyembuhkan penyakit jantung yang diderita oleh seorang penderitanya. Karena bahan ini herbal, pastinya ia lebih punya nilai lebih daripada bahan kimia yang ada sekarang ini,  Caranya, ambillah daun sukun yang sudah tua dari pohonnya, bersihkan lalu keringkan. Rebuslah dengan air sebanyak lima gelas hingga mendidih dan apabila air sudah berkurang separoh tambahkan lagi air hingga lima gelas tadi. Rebusan ini dapat dikonsumsi rutin, namun tidak boleh diminum keesokan harinya. Harus dihabiskan pada hari itu juga.


Manfaat Daun Sukun Untuk Diabetes

Penyakit diabetes bukannya tidak bisa disembuhkan, cobalah cara alami dengan pemanfaatan daun sukun berikut. Ambillah 3 lembar daun sukun yang berwarna hijau tua, bersihkan hingga tidak ada kotoran yang melekat sedikitpun, sebelumnya usahakan untuk mengambil daun dari pohonnya langsung atau yang masih segar. Potong - potong daun dan keringkan. Ambil air dua liter untuk dimasak di gerabah tanah liat, rebuslah daun sukun yang sudah kering ke dalamnya. Setelah air berkurang setengahnya, tambahkan lagi air seukuran satu liter dan direbus hingga berkurang lagi setengahnya. Setelah dingin dapat diminum, konsumsi setiap hari untuk menyembuhkan penyakit diabetes. Khasiatnya juga mampu menurunkan kolesterol di dalam darah.

Demikianlah untuk Manfaat Daun Sukun dan Cara Mengolahnya, dapat dipraktekkan dirumah karena bahan - bahannya yang alami dan  mudah dicari.  Semoga lekas sembuh dan jangan lupa bahwa kesembuhan itu datangnya dari Allah SWT, tetaplah ikhtiar sembari berdoa sebanyak - banyaknya. Jangan lupa bagikan artikel ini bila bermanfaat. Terimakasih.


Dapatkan info terbaru via email gratis, jangan lupa klik konfirmasi pada email sobat:

4 Responses to "Manfaat Daun Sukun dan Cara Mengolahnya"

  1. daun sukun ternyata banyak khasiat nya ya, kalo di rebus mending pake gula ya, soalnya setau saya daun sukun pait banget air nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang pait mbak, tahan sedikit untuk khasiat obat lebih optimal

      Delete
  2. Daun sukun memang banyak manfaatnya, semoga lewat perantara daun sukun yang di olah dengan baik dapat diberikan kesembuhan untuk penyakit pada artikel di atas. Jika ada yang mungkin tidak dapat sembuh lewat perantara daun sukun maka bisa mencoba pengobatan alami lainnya.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali mas alfarisy. Kita berusaha Allah SWT yang tentukan asli

      Delete