Jenis - Jenis Penyakit Hepatitis

Kita seringkali bingung ketika ada seseorang yang terkena hepatitis, dalam bahasa orang indonesia sering disebut sebagai sakit kuning. Penyakit itu mematikan bukan? berbahaya dan kebanyakan malah ketakutan mendengarnya, bagi orang awam penyakit hepatitis itu adalah satu jenis, padahal sebenarnya hepatitis memiliki jenis - jenis A, B, C, D, E, F, dan G. Manakah yang paling berbahaya? dan apa sajakah yang membedakannya? Simak Jenis - Jenis Penyakit Hepatitis di bawah ini...

jenis -  jenis penyakit hepatitis

Hepatitis A

Penyebab hepatitis A adalah virus hepatitis A. Infeksi terjadi biasanya didominasi karena air dan makanan yang mana virus tersebut disebarkan melalui feses manusia. Penderita hepatitis A akan mengalami rasa sakit gejala hepatitis di seluruh tubuhnya biasanya demam, lemah, letih, lesu, mudah lelah, mual, muntah, kurang nafsu makan dan berat badan berkurang. Untungnya penyakit hepatitis A tergolong masih mudah mengobatinya dan penanganannya adalah dengan memberi vaksinasi, penyakit ini bisa sampai 2-6 minggu lamanya.

Hepatitis B

Hepatitis B biasanya disebabkan oleh virus hepatitis B (VHB) menyebabkan peradangan pada hati akut dan menahun bahkan pada beberapa pasien kelanjutannya adalah sirosis hati atau kerusakan pada organ hati dan kanker hati. Diketahui bahwa ada penyebab lain selain virus pada penyakit ini yaitu obat kimia, setiap apa yang kita makan bila mengandung zat kimia berbahaya maka akan berakibat fatal kepada hati. Jelas bahwa hati akan rusak fungsinya sebagai penetralisir racun apabila terlalu diforsir. Penyakit ini memiliki gejala yang hampir serupa dengan hepatitis A, hanya untuk penanganannya harus lebih serius memberikan imunisasi hepatitis B dengan sebanyak tiga kali yaitu dasar satu bulan dan enam bulan kemudian.

Hepatitis C

Hepatitis C adalah jenis penyakit yang penyebabnya yaitu virus hepatitis C akibatnya terjadi peradangan hati (hepatitis) yang asimtomatik. Penyebarannya ialah dengan kontak darah. Penanganan melalui medis harus disegerakan karena bahaya penyakit ini telah tercatat 150-200 juta orang di dunia mengalami terinfeksi virus tersebut.

Hepatitis D

Penyakit yang satu ini disebut hepatitis D sebab virus penyebabnya yaitu Virus Delta sangat unik, membutuhkan replikasi virus hepatitis B. Perlu diketahu bahwa penyakit ini ditularkan melalui hubungan badan, jarum suntik dan transfusi darah. Variasi dari gejalanya banyak, muncul dalam gejala yang ringan (ko-infeksi) atau amat progresif.

Hepatitis E

Virus Hepatitis E yaitu penyebab penyakit hepatitis E, tersebar melalui makanan dan minuman yang kotor oleh virus. Untuk gejalanya hampir serupa dengan gejala tipe lain yaitu demam, lelah, letih kurang nafsu makan, mual, sakit perut, urin berwarna kuning tua serta mata menguning. Dikhususkan kepada ibu hamil agar lebih waspada terhadap penyakit ini sebab akan parah dan pada masa kehamilan usia kandungan 3 bulan terakhir.

Hepatitis F

Dikabarkan hanya ada sedikit kasus dan untuk hepatitis F ini belum terlalu dilaporkan oleh para pakar, kesepakatan bahwa sebagai hepatitis yang terpisah juga tidak berlanjut.

Hepatitis G

Penyakit hepatitis G disebabkan oleh virus hepatitis G (HGV) yang memiliki kemiripan dengan virus hepatitis C, selain itu kontak dengan darah juga adalah penyebab yang lainnya. Gejalanya kebanyakan dijumpai yaitu tidak memiliki gejala akut. Untuk pengobatan, tidak ada perawatan  khusus untuk penyakit ini, pasien harus banyak - banyak beristirahat, memakan makanan yang sehat, dan tidak meminum alkohol.

Demikianlah jenis -  jenis penyakit hepatitis, semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Dapatkan info terbaru via email gratis, jangan lupa klik konfirmasi pada email sobat:

12 Responses to "Jenis - Jenis Penyakit Hepatitis"

  1. waooo .... bnyk juga yah jenisnya ... seblmny sy baru tau smpe btas hepatitis c ...
    hepatitis z ada gk ? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia mas banyak..saya juga ini share disini karena biar sama-sama tahu

      Delete
    2. Hepatitis z untuk zebra mungkin ada mas

      Delete
    3. eh ,.,, bisa aj nih neng dila jawabnya ,,,hehehe :P

      Delete
  2. tapi yang biasanya banyak terjangkit itu virus hepatitis B ya mas, kalo yang c,d,e,f sih saya masih jarang denger mas.
    makasih infonya bermanfaat banget deh nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah mb ,,, yg sering ditemukan mmg HBsAg ... :D

      Delete
    2. Ia sama sama mbak hendri hendriyana

      Mas fiu tahu aja nih

      Delete
    3. iya tau donk ,,,
      kn sudah tanya sama neng dila ...
      gini aja ,,,, coba di blog neng dila, smntara kasi profil G+ yg ada photo profilnya itu, biar yg baru mampir tau pemilik blognya ,,,hehe

      Delete
    4. bagus banget idenya mas fiu
      terimakasih ya

      Delete
    5. klo gtu buruan dipasang, atau mw sy temenin buat masangnya ,? hihihihihih

      Delete
  3. klo udah ngomongin penyakit jadi ngeri-ngeri gimana gitu,,,, semoga kita semua slalu diberi kesehatan...amin

    ReplyDelete