5 Kelemahan Memasang Kotak Komentar Facebook di Blog

Beberapa waktu yang lalu sobat mungkin telah mengamati blog Ditantang menyertakan kotak komentar facebook diatas komentar blogspot. Lalu hari ini saya resmi mencopotnya. Alasannya kenapa? bukankah komentar facebook memudahkan pengunjung yang berkomentar di blog? bukankah dengan adanya kotak komentar facebook yang tidak punya akun google bisa komentar di blog juga? jawabannya tidak salah. Komentar facebook sangat berpotensi membuat blog kita menjadi terkenal apabila fitur post setelah komentar juga diaktifkan. Masalahnya, saya menemukan banyak kekurangan di dalamnya di antaranya yaitu ada 5 Kelemahan Memasang Kotak Komentar Facebook di Blog, diantaranya:

5 Kelemahan Memasang Kotak Komentar Facebook di Blog

1. Kurang Bisa Dimoderasi

Tidak semua komentar yang masuk di dalam sebuah blog itu kita sukai dan mematuhi aturan, kadangkala seorang admin membutuhkan tindakan khusus untuk menghapus sebuah komentar yang masuk. Inilah gunanya moderasi, tapi tidak hanya itu, notifikasi komentar masuk juga bisa kita dapatkan. Nah pada kotak komentar facebook yang ada di blog ini saya tidak bisa memasang moderasi walaupun sudah kotak - katik template beberapa kali, alhasil saya lebih memilih untuk menghapusnya saja.

2. Bikin Berat Blog

Bagaimanapun juga pengunjung adalah raja, sekeren apapun sebuah blog, sehebat apapun penulis bermain dengan kata - katanya, kalau loading blog tersebut lama, otomatis pengunjung juga akan kabur dan kecewa, malas membaca dan tidak akan berkunjung lagi malah pindah ke blog lain. Para mastah mengatakan apabila blog dalam sepuluh detik tidak meloading, maka blog tersebut sudah termasuk kategori berat, biasanya blog akan ditinggalkan visitor.

3. Banyak Spam

Sudah menjadi rahasia umum kalau komentar facebook sering disalahgunakan oleh orang - orang yang terampil dalam membuat komentar spam, baik itu promosi link - link, obat - obatan, dan semua itu tidak dilakukan pada tempatnya. Komentar jenis ini tidak baik dan merusak kenyamanan website. Keputusan menghapus kotak komentar facebook adalah tepat mengingat potensinya sebagai sumber spam, ditambah lagi ada masalah pada bagian moderasi.

4. Belum Dibutuhkan

Mungkin suatu hari nanti blog ini akan membutuhkan kotak komentar facebook, tapi sampai saat ini, mengingat pengunjung yang belum mumpuni, rasanya komentar facebook tidak terlalu dibutuhkan.

5. Tampilan Jelek

Ini cuma masalah kerapihan dan enak dipandang, blog dengan dua komentar facebook dan blogspot rasanya terlalu mubajir tempat. Apabila ingin membuat komentar facebook alangkah baiknya hanya facebook saja tanpa adanya blogspot, begitu juga sebaliknya. Ini yang membuat saya menghapus kotak komentar facebook, blog yang terlalu meriah tidak baik karena sederhana masih lebih cantik dan menawan.

Itulah alasan saya tidak memasang kotak komentar facebook di blog ini, mungkin para mastah sekalian ada yang ingin memberikan masukan, tambahan, koreksi atau saran, silahkan di bawah ini.

Dapatkan info terbaru via email gratis, jangan lupa klik konfirmasi pada email sobat:

17 Responses to "5 Kelemahan Memasang Kotak Komentar Facebook di Blog "

  1. Kayaknya setuju Mbak dengan analisanya, apalagi menyangkut mubajir itu Mbak, iya mendingan satu aja kolom komentarnya ya,,, hehehehehe :) Apalagi kalau bikin berat tuh ya, ya mendingan jangan pasang kolom komentar facebook, soalnya sebagai blogger baiknya jangan sampai memberatkan pengunjung, hehehehehehehehehehehehehehe :) Siiiippppp Mbak! :)

    ReplyDelete
  2. akhirnya di hapus juga kolom komentar facebooknya ,,,hehehe

    ReplyDelete
  3. Kalau menurut saya karena membuat loading blog jadi berat mbak meskipun memudahkan pengunjung yang mau berkomentar lewat akun facebook :)

    ReplyDelete
  4. Setuju banget gan :D
    dulu sempet pengen ky gini tapi setelah saya pikir pikir mending cancel ajalah..
    Hehehe

    ReplyDelete
  5. Saya dulu sempat memasang komentar facebook, tapi iya bener nambah berat loading, plus jarang ada yang komen. Akhirnya aku hilangin lagi.. :)

    ReplyDelete
  6. kalo di blog yang spam jualan obat yah, kalo di IG yang spam jualan kosmetik ma baju ya sis.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia Sis, kalau buka IG rata - rata orang jualan semua yang eksis, terutama nampang di akunnya selebritis,hehe

      Mungkin mbak Aiy ayumna salah satu seleb instagramnya :D

      Delete
  7. setuju saya mbak . mana kalau pasang dua tipe komentar sekaligus kan komennya jadi terbagi , selain gak fokus juga jadi keliatan dikit yg komen :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu tau,hehehe
      100 untuk mas muchlis nopq

      Delete