Tips Cara Merawat Perhiasan Emas, Berlian, Mutiara, Perak dan Pirus

Perhiasan bagi wanita adalah harta terindah yang dapat mempercantik dan membuat diri terpancarkan pesonanya, namun meskipun begitu adakalanya kebiasaan- kebiasaan kita sehari-hari malah membuat rusak dan kusam perhiasaan - perhiasan tersebut. Saking kita menyukainya perhiasan ini akan selalu kita kenakan setiap hari, mulai dari mandi, bekerja, bahkan sampai tidur lagi, tapi tahukah sobat kalau banyak aktifiitas tidak sengaja tertentu dapat mempengaruhi dan membuatnya menjadi tidak mengkilap lagi? lalu bagaimanakah tips-tipsnya agar perhiasan kita tetap awet? berikut kami sajikan Tips Cara Merawat Perhiasan Emas, Berlian, Mutiara, Perak dan Pirus di bawah ini..

cincin emas putih

Cara Merawat Emas

Campurkanlah sabun cuci piring ke dalam air hangat, lalu rendam perhiasan emas ke dalamnya selama lima belas menit, ambil sikat gigi lalu sikatlah hingga bersih. Hal ini dapat menghilangkan kotoran-kotoran yang melekat seperti debu yang lengket di dalam emas, lakukanlah denga hati-hati dan dengan penuh ketelatenan.

Cara Merawat Berlian

Rendamlah berlian dalam air hangat atau panas yang sudah dicampur dengan sedikit sabun cuci piring selama 30 menit, gunakanlah sabun pencuci piring yang murni, tanpa pelembab atau bahan anti bakteri. Jika kotoran pada berlian tidak hilang, gunakanlah sikat halus untuk menggosok seluruh permukaan, bagian belakang dan sisi sekeliling berlian tersebut. Bilas dengan air hangat yang mengalir dan ulangi sampai seluruh kotoran menjadi luruh. Hindari menggunakan zat pemutih terkena pada berlian, zat pembersih jendela dan jaga serta perhatikan,sebab produk-produk pembersih yang kasar akan menggores perhiasan. Lepaskanlah perhiasan sebelum anda berkebun ataupun memasak.

Cara Merawat Mutiara

Mutiara sangat rentan rusak oleh keringat manusia, jadi elaplah dengan kain halus setiap kali selesai memakainya. Sesekali bersihkanlah dengan air hangat yang dicampur dengan sabun lembut dan dengan sikat yang sangat halus. Bilas kemudian dengan handuk dan pastikan sudah kering total ketika dikenakan. Yang perlu dihindari agar mutiara yang kta miliki tetap awet adalah jangan merendamnya ke dalam air, menggunakan pembersih ultrasonic, bahan kimia ataupun zat asam untuk membersihkannya. Jangan menggunakannya ketika berenang ataupun mandi karena air dapat merusak benang sutera yang dikandungnya.

Cara Merawat Perak

Sabun pencuci piring bisa menjadi solusi untuk membersihkan perak, campurkan beberapa tetes saja ke dalam air hangat, lalu rendam kain halus di dalamnya untuk kemudian digunakan sebagai alat penggosok dan membersihkan perak dengan lembut. Bilas dengan air dingin dan keringkan, bila kotoran masih membandel, gunakanlah baking soda. Hindari merendam perak yang kita miliki karena ini dapat membuatnya terlihat pudar.

Cara Merawat Pirus

Gunakanlah sikat halus dan air untuk membersihkan permata pirus, setelah itu gunakanlah sikat halus lain dan air untuk membersihkan logam pengikat pirus. Setelah bersih segera keringkan untuk menghilangkan kelembapannya. Gunakanlah kain halus untuk mengeringkan bagian logam, tapi hindari jangan sampai menyentuh permata pirus sebab akan merusaknya. Cara merawat perhiasan ini sama dengan perhiasan lainnya, jangan pernah memakainya pada saat mandi dan berenang, jangan gunakan cairan pembersih, dan bila sudah terjadi antisipasi dengan mengelapnya memakai kain halus. Hindari juga terkena kosmetik yang kita gunakan, tabir surya, parfum dan body lotion agar perhiasan tetap awet.

Ya, itulah untuk postingan kali ini, beberapa yang bisa diterapkan untuk Tips Cara Merawat Perhiasan Emas, Berlian, Mutiara, Perak dan Pirus. Ada manfaat yang kita pelajari dari memelihara perhiasan kita. Ketika kita mampu untuk membeli maka sudah sebaiknya kita mampu untuk merawat. Demikianlah, semoga bisa membantu. Mohon untuk tidak lupa share bila artikel ini menarik dan menginspirasi. Tombol share social media di bawah ini, please klik share. Terimakasih.

Dapatkan info terbaru via email gratis, jangan lupa klik konfirmasi pada email sobat:

22 Responses to "Tips Cara Merawat Perhiasan Emas, Berlian, Mutiara, Perak dan Pirus"

  1. subhanallah, sangat koncret sekali tips nya, terimakasih mbak sudah berbagi, salam sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. what is the maksud of koncret?

      Sama-sama mas Mukhlis, semoga mas juga semakin sukses selalu

      Delete
  2. Hallooo mbak, salam kenal.

    Punya mutiara lama disimpen, pas mau digunakan, bbrp butirannya tergores, mengelupas dan kusam ... sediiiih ih.

    Terimakasih tipsnya sgt bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mbak sedih rasanya kalau perhiasan kita rusak.. salam kenal kembali mbak Mysweet Ladyluck, terimakasih kembali sudah berkunjung.

      Delete
  3. Klo tips untuk mendapatkan banyak perhiasan gimana sist,,,,hehhhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. cari jodoh pemilik jewelry aja mas wahab, kan banyak tuh perhiasannya
      asalkan jangan nyolong aja, apalagi jaga lilin..haram hukumnya, wkwkwk

      Delete
  4. Perhiasan memang harus selalu dirawat agar pesona keindahannya terlihat bagus... salah perawatan bisa merusak... butuh perawatan ekstra agar terjaga keasliannya... saya cuma punya emas dan batu cincin yang terbuat dari alloy

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggak masalah mas achmad fazri, yang penting perhiasan itu adalah harta berharganya kita jadi harus dijaga. Mantap deh..

      Delete
  5. Kebetulan saya punya batu pirus Mbak, jadi ilmunya bisa langsung dipraktekan mengenai cara merawat pirus... Siiippp makasih mbak... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow mantep dah kang Diar, monggo praktek langsung

      Delete
  6. itu merawat emas direndam pakai air hangat emang ga bakalan berkurang warna emasnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kagak dong mbak ratna, itu emas kan logam mulia..
      kecuali mas-mas tampvan yang direndam air hangat pasti melevuh
      hehehe

      Delete
  7. Mantap nih mbak tipsnya, jadi tau cara merawat perhiasan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip gan, entar bisa langsung koleksi yang lebih banyakan lgi untuk agannya

      Delete
  8. itu beneran perhiasannya punya mba.. aku mau punya perhiasan kayak diatas, mewah sekali ya hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan mbak santika, itu perhiasan punya tetangga,hihi

      Delete
  9. caranya cukup mudah, perlu di coba nih,, kebetulan saya juga punya nya perak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia mbak saya juga demennnya perak, lebih cantik ya mbak

      Delete
  10. tips merawat perhiasannya hanya untuk bekal ilmu saja, maklum jangankan berlian emas saja pun cuman punya 2,5 gram

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah punya kang, saya malahan minjem :)

      Delete
  11. Wah sangat bermanfaat sekali informasinya..
    Tapi perhiasan ku jarang juga dipake, sayang. Jadi cuma disimpan aja.. terus waktu dilihat lagi tetiba yang mutiara sudah ngelupas aja syediih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia yah sayang mutiaranya tuh
      mungkin mba Arum harus beli yang baru..

      Delete