Tips Belajar Bahasa Arab Cepat dan Mudah Mahir

Kalau rata-rata penduduk Indonesia adalah muslim, itu adalah kenyataan, tapi kalau ditanya apakah semua orang Indonesia yang muslim jago bahasa arab.. tentu saja tidak, jangankan untuk bisa mahir dan jago, mampu mengenal huruf hijaiyah saja sudah sangat bagus sekali untuk masyarakat kita. Fenomena sekarang ini bahkan sering terjadi seorang muslim bahkan yang sudah tua sekalipun tidak pandai mengaji, namun sangat pandai berbahasa inggris. Salah satu tanda-tanda kiamat sudah tinggal menunggu waktu, bahasa arab yang tadinya adalah bahasa internasional kini menjadi asing bahkan untuk kaumnya sendiri yaitu umat islam.

Belajar Bahasa Arab

Bahasa Arab adalah bahasa yang digunakan di  dalam Al-Quran, juga merupakan bahasa tertua atau kita bisa menyimpulkannya sebagai bahasa nenek moyang dari segala bahasa yang ada di dunia ini. Tidak hanya di Timur tengah dan Afrika, dahulu bahkan bahasa arab sangat terkenal di Indonesia, hal ini dapat dibuktikan dengan uang logam yang kita miliki pada tahun 1952 yaitu uang 25 sen, disana tertulis jelas huruf arab melayu. Tentu saja bahasa arab jauh lebih populer ketimbang bahasa inggris pada masa itu, tapi entah mengapa kini ia digantikan atau sengaja disingkirkan, sehingga berubahlah sistem tulisan di Indonesia menjadi abjad/alfabet yang kita gunakan sehari-hari untuk menulis. Lalu, masih pentingkah belajar bahasa Arab? Jawabannya relatif, kalau tujuan kita adalah dunia, maka belajar bahasa inggris akan membuat kita terdepan di kancah global, tapi untuk bahasa arab.. bukan hanya dunia yang berada di dalam genggaman, tapi seluruhnya hingga akhirat kelak.

Nah, Berikut adalah Tips Belajar Bahasa Arab Cepat dan Mudah Mahir diantaranya adalah

1. Menimba Ilmu dari seorang guru yang profesional

Belajar dengan cara menteladani guru adalah cara yang paling efektif, untuk itu kita membutuhkan seorang guru yang profesional dalam mengajar bahasa arab tersebut, yang mampu memberikan koreksi kepada kesalahan - kesalahan yang mungkin kita lakukan saat belajar dan pelafalan. Carilah seorang guru yang menyenangkan dan berkompeten sehingga memotivasi diri kita untuk menjadi yang terbaik dalam penguasaan bahasa.

2. Mari memperbanyak menghapal

Tanamkan dalam diri bahwa menghapal itu mudah dan asyik sehingga hal ini dapat terus menerus kita jaga. Belajar dapat dimulai pada hapalan yang mendasar terlebih dahulu, misalnya barang-barang yang ada di sekitar kita.

3. Selalu bawa kamus bahasa arab atau buku

Belajar tidak melulu harus dengan buku jadul, hal ini dapat kita siasati dengan memasang aplikasi belajar bahasa arab pada smartphone kita, seperti kamus dan buku-buku lainnya. Selalu sediakan dan bawa kemanapun kita berada, jangan lupa untuk menyenangi kegiatan membaca buku-buku tersebut. Ketika ada waktu luang maka bacalah dengan fokus dan hapalkan bila ingin cepat menguasainya.

4. Berteman dengan seorang yang berbahasa arab

Karena kita di Indonesia mungkin sedikit agak susah untuk mencari orang arab yang memang bahasanya mereka yang sedang kita pelajari, namun demikian adalah solusi untuk kita bila kita sungguh-sungguh ingin menguasai bahasa arab, carilah seorang teman yang ahli pada bidang itu dan selalu jaga komunikasi dengannya dengan bahasa arab. Niscaya cara ini sebenarnya adalah cara yang paling efektif, sebab prakteklah yang membuat kita cerdas, bukan hanya teori yang dirumus-rumuskan.

5. Belajar dengan video

Jaman sekarang sudah canggih, ada banyak sekali video di internet tentang belajar bahasa arab, kalau kita ingin mendalami bahasa ini dengan baik, maka jangan tanggung-tanggung untuk mendownload seluruh video yang memiliki informasi tentang cara belajar bahasa arab di dalamnya. Lihat, pahami dan praktekkan, cara ini lebih seru daripada harus mempelajari buku, namun alangkah baiknya bila kta mempelajari kedua-duanya sekaligus.

6. Mulai sekarang latihan setiap hari

Belajar akan sangat sia-sia bila tidak ada praktik, ini sudah dibuktikan dengan kenyataan bahwa kita akan lupa dengan apa yang kita pelajari setelah sekian lama tidak melatihnya secara langsung. Jangan hanya teori, harus usahakan setiap hari mengajak orang-orang disekitar berbahasa arab, walaupun orang tersebut tidak mampu, setidaknya kita melatih lidah kita agar terbiasa dengan suatu bahasa yang tadinya asing dan tidak kita ucapkan sehari-hari.

Demikianlah untuk Tips kita kali ini, sebenarnya tips ini juga untuk mimin yang sedang mempelajari bahasa arab, semoga kita bisa mahir dan menguasainya dengan mudah tanpa hambatan. Jazahumullahu khairan. Mohon dishare bila dirasa bermanfaat.

Dapatkan info terbaru via email gratis, jangan lupa klik konfirmasi pada email sobat:

2 Responses to "Tips Belajar Bahasa Arab Cepat dan Mudah Mahir"

  1. Tiga tahun saya belajar bahasa arab di MTS,,,,tapi sekarang udah pada lupa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah inget lagi dong mas Wahab, sayang banget tuh...
      yuk mari kita belajar

      Delete