Sejarah TNI (Selamat HUT TNI ke 70)

Kalau ngomongin sejarah kayaknya anak - anak muda tidak terlalu suka mempelajarinya. Anak-anak jaman sekarang cenderung sukanya dengan hal-hal yang berbau hedonisme, betapa ini menjadi sebuah fenomena yang tidak bisa dipungkiri lagi. Sejarah diabaikan, sejarah dilupakan. Kita dicekoki oleh hal-hal yang berbau kesenangan hingga pada tahap yang membuat terlena, padahal sebenarnya hal-hal yang berbau kesenangan tersebut selalu dimanfaatkan oleh yang ingin menghancurkan manusia. Kini kita sedang membicarakan tentang Negara, maka bangsa kita yang patut diwaspadai dalam ancang-ancang untuk menuju prosesnya itu, yaitu penghancuran. Masyarakat awam pun tahu saat ini bumi pertiwi sedang dalam kacau balau, asap dimana-mana, ekonomi yang merana, krisis serba krisis. Bahasan kita agak berat, mau dibawa kemanakah negeri ini?

Bangsa yang baik adalah bangsa yang selalu mengenal sejarahnya. Kita tahu dan kita pahami maka tidak akan terjadi untuk yang kedua kalinya kesalahan-kesalahan dimasa lampau. Sudahkah kita mengingat sejarah? dimulai dengan kali ini sesuai topik Hari Ulang Tahun TNI yang ke 70. Seperti apakah TNI dihati masyarakat? apakah kita bergitu sangat amat mengenalnya?

Sejarah TNI (Selamat HUT TNI ke 70)


Sejarah TNI 

Secara singkat kali ini Ditantang akan membahas sejarah TNI untuk pengetahuan bersama juga untuk lebih mendekatkan kita dengan mereka yang paling berjasa untuk negeri ini. TNI yaitu singkatan dari Tentara Nasional Indonesia lahir yaitu pada tanggal 5 oktober 1945 setelah sebelumnya bernama BKR (Badan Keamanan Rakyat), TKR (Tentara Keamanan Rakyat), dan TRI (Tentara Republik Indonesia). Sebenarnya TNI baru disahkan pada 3 Juni 1947 oleh presiden Soekarno, lalu setelah KMB (Konferensi Meja Bundar) pada 19 desember 1949 Indonesia berubah menjadi negara federasi Republik Indonesia Serikat (RIS) lantas dibentuklah Angkatan Perang RIS (APRIS) yakni TNI dan KNIL digabungkan menjadi satu. Kemudian pada 17 agustus 1950 RIS dibubarkan dan dibentuklah Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan menyatukan angkatan perang dengan kepolisian negara untuk satu komando yaitu ABRI. Setelah terjadi situasi politik yang  tak menentu kemudian TNI dan Polisi dipisahkan lagi pada 1 April 1999 kemudian. Proses yang amat panjang hingga akhirnya kini TNI adalah pasukan perang negara yang kita kenal.

latar belakang dibentuknya TNI ini adalah untuk menjadi wadah untuk mempersatukan laskar-laskar dan badan perjuangan rakyat. Kekuatan besar yang dimiliki TNI mampu membawa Indonesia hingga saat ini menggenggam kemerdekaannya, maka daripada itu sudah sepantasnya kita menghargai mereka dengan apresiasi yang sebesar-besarnya. Seorang TNI yang memiliki semboyan merdeka atau mati adalah contoh kekuatan semangat pemuda-pemuda kala itu. Harus ditanamkan dalam diri, untuk muda mudi pada masa kini, jangankan merebut kemerdekaan, mempertahankannya saja sudah jauh dari kata yang memadai, bahkan banyak dari kita tidak mensyukuri, malahan mengisi hari hari setelah kemerdekaan dengan waktu yang disia-siakan. Selamat HUT TNI yang ke 70, semoga Indonesia bisa menjadi tersejahterakan, tidak krisis lagi, tidak amburadul lagi, memiliki laskar yang kokoh tidak hanya ditentaranya namun juga didalam setiap insannya yaitu di dalam hati dan jiwa kita.

Dapatkan info terbaru via email gratis, jangan lupa klik konfirmasi pada email sobat:

0 Response to "Sejarah TNI (Selamat HUT TNI ke 70)"

Post a Comment