Cara Menjaga Kesehatan Khusus Bagi Pengguna laptop

Laptop sudah menjadi barang yang sering menemani kita khususnya untuk seorang blogger, sangat sulit rasanya sehari saja tanpa laptop. Begitu juga untuk para pelajar dan pekerja yang sehari - harinya memanfaatkan alat ini untuk mengerjakan tugas - tugas mereka, laptop adalah si hebat nan canggih yang sangat setia untuk membantu manusia dalam menulis atau melakukan apapun yang bisa ia lakukan. Kehadiran internet kini bahkan semakin membuat orang bisa betah berlama-lama di depan laptop, entah itu hanya berselancar atau menghabiskan waktu di social media, yang jelas kegiatan ini sangat berpotensi merusak kesehatan tubuh apalagi jika dilakukan setiap hari. Radiasi laptop sangat berbahaya bagi mata, begitu juga posisi duduk yang salah dapat menyebabkan sakit punggung bahkan lebih parah dari itu. Untuk itu sebaiknya bacalah tips - tips berikut Cara Menjaga Kesehatan Khusus Bagi Pengguna Laptop :

Cara Menjaga Kesehatan


Selalu Jaga Kesehatan Mata kita dengan melakukan di bawah ini

  1. Cobalah untuk mengatur pencahayaan pada laptop agar tidak terlalu terang ataupun gelap (brightness), jangan pula terlalu silau karena mata bisa sangat terganggu dan jauh dari kenyamanan serta berpotensi merusak mata
  2. Jangan terlalu dekat memandang pada laptop, pastikan diri tidak terkena pancaran radiasi yang dipancarkan laptop sedemikian besanya dengan menjaga jarak pandang. Bila memungkinkan semakin jauh maka akan semakin baik. Normalnya jarak pandang mata dengan laptop adalah antara 0,5 sampai 1 meter
  3. Sangat dianjurkan untuk memakai kacamata anti radiasi, mata kita bukanlah mata baja yang amat kokoh, ia butuh pelindung, setidaknya untuk meminimalisir pancaran radiasi yang dihasilkan oleh layar monitor laptop
  4. Agar mata tidak kering, sebisa mungkin biasakan diri mengedipkan mata agar pelumas cairan air mata berfungsi dengan baik
  5. Mari sejenak mengabaikan pekerjaan di depan laptop ketika sudah 1 jam terlalu fokus dengannya, istirahatkanlah mata dengan memandang kepada hal lain di kejauhan, lakukan ini kurang lebih selama 10 menit
  6. Mata merah dan mata kering akibat kelelahan dapat dicegah dengan mengkompres mata dengan air dingin atau es agar efek rileks lebih terasa
Jagalah Kesehatan tubuh dengan memperhatikan hal-hal berikut:
  1. Alangkah baiknya memposisikan tubuh dengan benar, pastikan betul sudah rileks ketika mengetik ataupun menggunakan laptop terlalu lama, jangan terlalu kaku ataupun menegang karena ini dapat berefek buruk pada tulang punggung dan peredaran darah
  2. Perhatikan bagian monitor sehingga bisa sesuai dengan jarak, serta sejajar dengan pandangan kita, agar terhindar dari kebiasaan terlalu menunduk ataupun terlalu menengadah, ini untuk kenyamanan tengkuk agar tidak pegal
  3. Duduklah dengan posisi tegak lurus, tujuannya ialah agar punggung tidak cepat pegal dan capek
  4. Agar tangan tidak kaku, lakukanlah gerakan-gerakan kecil pada tangan, untuk membuat rileks dan meregangkan otot kita.
Demikianlah Cara Menjaga Kesehatan khusus bagi pengguna laptop, mungkin ini sangat bisa diterapkan bagi yang sering lupa dengan kesehatan ketika berada di depan laptop. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa bagikan serta terimakasih sudah berkunjung.

Dapatkan info terbaru via email gratis, jangan lupa klik konfirmasi pada email sobat:

2 Responses to "Cara Menjaga Kesehatan Khusus Bagi Pengguna laptop"

  1. saya kurang memperhatikan kesehatan tubuh saya sepertinya :(

    ReplyDelete