Cara Menghilangkan Rasa Malas

Rasa malas itu lebih menyesakkan daripada rasa yang dulu pernah ada,lohh! plesetan mulu nih,hehehe.. Kalau lagi ada kerjaan bawaan hati mau nunda-nunda terus kerjaan itu, ataupun enggak usah dikerjain aja deh sekalian. Kalau lagi belajar maunya diabaikan terus, nanti aja deh belajarnya, mending main aja dulu sampai puas. Beginilah kelakuan kita sehari-hari, aku, kamu, dia dan mereka emang sukanya begitu,hehe.. Rasa malas yang tidak jelas hanya akan menghambat kemajuan dan menghancurkan prestasi, tapi faktanya orang-orang malah suka diperbudak oleh perasaan malas tersebut. Kenapa malas bisa sangat berkekuatan hebat? apakah manusia tidak bisa mengendalikan ini? bisa, tentu saja bisa, berikut adalah tips Cara Menghilangkan Rasa Malas...

Cara Menghilangkan Rasa Malas

1. Berdoa

Unik bukan? tips menghilangkan rasa malas adalah berdoa. Ketika melakukan sesuatu, dahulukan dengan niat yang baik dan berdoa agar kita dijaga oleh Sang Maha Pencipta dari segala macam perasaan buruk yang menghancukan seperti rasa malas yang menghantui manusia. Ketika kita tahu asal muasal malas itu dari setan, maka kita dapat segera berlindung agar dapat terhindar darinya.

2. Buatlah Target untuk Memotivasi Diri

Setiap hal yang dilakukan harus ada target, semisal dalam kasus malas belajar, pikirkan dengan mendalam dan tanamkan untuk diri sendiri, contoh: Fulan ingin juara 1 di kelas maka Fulan harus disiplin belajar setiap malam sebelum tidur dan pagi hari sebelum berangkat sekolah. Ketika rasa malas menghampiri kemudian benteng diri juga sudah kuat, tujuan adalah prioritas, keinginan terbesar manusia lebih penting daripada kemalasan tersebut.

3. Istirahatlah yang Cukup dan Jaga Pola Hidup

Manajemen hidup yang berantakan membuat badan sering kewalahan, tindakan yang tidak bijaksana apabila memaksakan diri bekerja dengan terlalu diporsir atau terlalu banyak menghabiskan waktu untuk hal - hal lain yang membuang banyak tenaga, sementara tubuh butuh istirahat, bagilah waktu dengan sangat cerdas, Ini dapat mengurangi potensi rasa malas itu terjadi. Malas bisa jadi disebabkan karena kelelahan, jadi pastikan untuk waktu prioritas seimbang antara bekerja dan istirahat. Tentu saja masa-masa berkarya akan lebih maksimal ketika tubuh sedang dalam keadaan segar bugar dan fit.

4. Memulai Yang Sulit Terlebih Dahulu

Pikirkan di dalam benak kita kalau kesulitan adalah tantangan, mengerjakan hal yang sulit terlebih dulu adalah hal yang sangat disarankan, semisal diwaktu ngantor di pagi hari. Ketika ada kerjaan yang sulit dikerjakan hingga siang, ini hanya akan menyebabkan rasa malas semakin menumpuk. Intinya, kerjakan yang susah untuk kemudian setelahnya kemudahan datang. Sisa waktu setelah menyelesaikan tugas dapat dimanfaatkan dengan beristirahat setelahnya. Ingat pepatah mengatakan berakit-rakit kehulu berenang-renang ke tepian.

5. Pentingnya Mengapresiasi Apa yang Telah Dilakukan

Oke, kerjaan sudah beres, target sudah tercapai, kini silahkan apresiasi dirimu dengan tindakan atau semacam hal yang menghibur hati. Melakukan hobi yang disukai adalah sebagai salah satu contoh hadiah untuk keseriusan kamu melaksanakan apapun dengan baik selama ini. Malas bukan sahabat terbaik lagi karena pola hidup kini sudah sangat menyenangkan, setelah jerih payah yang dilakukan, ada hobi yang terpenuhi dan ini ada rasa kepuasan tersendiri untuk manusia tersebut, sebab tantangan diselesaikan dengan baik.

6. Rajin Berolahraga

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa olahraga memiliki efek baik bukan hanya untuk tubuh tetapi juga untuk psikologis seseorang, efek bahagia yang dihasilkan dari kegiatan berolahraga ini baik untuk manusia. Rasa malas hanyalah salah satu bagian kecil dari kelemahan tubuh yang harus ditaklukkan dengan kedisiplinan. Ingat, tubuh manusia adalah milik manusia dan bukannya milik nafsu yang manusia miliki. Menuruti nafsu samasaja artinya dengan memperbudak diri sendiri dan menghancurkannya.

Demikianlah Cara Menghilangkan Rasa Malas. Mungkin ada banyak hal yang perlu ditambahkan, silahkan tambahkan dikotak komentar. Terakhir, jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke social media, mohon untuk tidak sungkan dan mampir kembali. Terimakasih.

Dapatkan info terbaru via email gratis, jangan lupa klik konfirmasi pada email sobat:

2 Responses to "Cara Menghilangkan Rasa Malas"

  1. Aku uda tertarik duluan ama gambar kucingnya..
    Heheh

    Benar malas emang berkaitan dg gerak, kudu olahraga ni aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. kucing fotogenic mbak, makanya sangat mempesona
      ayo kita olahraga biar sehat mbak Gustyanita Pratiwi

      Delete