Cara Mengatasi Insomnia

Tak bosan - bosannya kami menyediakan tips - tips seputar kehidupan. Kali ini kita akan membahas tentang masalah kelainan tidur. Tidak semua orang memiliki waktu tidur yang cukup, malahan yang parahnya lagi tidak banyak orang yang bisa tidur dengan nyenyak di malam hari, sudah sangat lelah bekerja namun terasa berat ingin terlena dalam mimpi indah yang seharusnya menemani di waktu istirahat. Inilah kendala yang sering dijumpai, jika itu adalah kamu, trik macam apa yang kamu lakukan sebagai solusinya? Berikut ini adalah sedikit tips untuk Cara mengatasi Insomnia atau susah tidur di malam hari.

Cara Mengatasi Insomnia


1. Kendalikan Diri Dengan Tidak Mengkonsumsi Kopi

Kopi mengandung kafein yang mampu membuat mata kita melotot. Hindari meminum kopi atau apapun yang mengandung kafein agar tidur kita bisa nyenyak di malam hari. Ingat bahwa begadang boleh saja asal ada perlunya, tapi kalau begadang setiap hari tentu saja perlu dipertanyakan apakah ingin membunuh diri sendiri?

2. Minumlah Air Hangat


Agaknya cara ini sedikit jadul, karena memang begitulah orang-orang tua kita pada zaman dahulu menyarankan agar kita banyak minum, dan air hangat jika dikonsumsi malam hari dapat mengurangi resiko buruk tubuh yang mandet atau kesulitan melancarkan peredaran darah. Mungkin terasa hambar bila hanya minum air putih saja, maka boleh ditambahkan susu ataupun teh, yang penting adalah fungsinya untuk menghangatkan tubuh.

3. Jangan Kebanyakan Tidur Siang

Tidur siang itu bagus loh, 30 menit saja bisa menyehatkan tubuh, namun kalau sampai berjam-jam? jelas ini adalah tidur malam yang digantikan siang. Pastikan diri mengelola hal ini dengan benar, waktu tidur yang paling tepat bagi tubuh di malam hari sebenarnya tidak bisa disamakan dengan siang hari, karena aktifitas tubuh kita jelas berbeda. Waktu malam adalah waktunya untuk tubuh menggantikan sel-sel yang rusak dengan yang baru, jika ingin mengatasi insomnia, maka mulailah dengan rutin membatasi waktu tidur siang yang selama ini salah.

4. Hindari Stress

Stress masih menjadi masalah di dalam hidup, selain ia bisa mengganggu kenyamanan hati, stress juga adalah bagian yang paling memiliki andil pada masalah insomnia pada manusia. Kita harus mencari solusi dari setiap masalah yang kita miliki, jangan sampai berlarut-larut dan mulailah untuk menerapkan gaya hidup yang benar, sedikit tips dari Cara Menghilangkan Stress, maka kita bisa mengatasi problem kesusahan tidur bila semuanya sudah diatasi dan tidak menjadi beban pikiran lagi.

5. Mengonsumsi Protein Namun Tidak pada Lemak

Bagian makanan yang dikonsumsi adalah hal yang masih penting untuk mengatasi insomnia, perhatikan makanan-makanan yang mengandung daging akan menimbulkan masalah di lambung, yaitu sulitnya mencerna dan membuat asam lambung meningkat. Perbanyaklah memakan makanan yang mengandunng protein agar tidur malam menjadi pulas.

6. Membayangkan Hal yang Indah

Proses menuju tidur itu tidak serta merta bisa langsung tidur. Untuk menyiasatinya, bayangkan dan pikirkanlah hal yang indah-indah. Inilah yang mendorong kita kemudian untuk terlena dan tertidur hingga terbawa mimpi.

7. Matikan Gadget

Inilah cara yang paling sering dilupakan orang - orang, sebenarnya cahaya pada gadget, smartphone, android, tablet atau apapun itu mampu merangsang kinerja mata untuk selalu aktif. Matikanlah semua gadget yang kita miliki, bahkan bila sedang meononton televisi, matikanlah tv untuk mencegah mata terlalu asyik dengan aktifitasnya tersebut.

Demikianlah untuk Tips Cara mengatasi Insomnia. Semoga kita semua terhindar dari berbagai macam gangguan susah tidur dan bisa beristirahat dengan nyenyak. Sekian dan Terimakasih serta jangan lupa untuk berbagi tulisan ini. Mohon untuk menyempatkan diri menekan tombol share dibawah ini.

Dapatkan info terbaru via email gratis, jangan lupa klik konfirmasi pada email sobat:

4 Responses to "Cara Mengatasi Insomnia"

  1. Setuju tuh yang matikan gadget usahakan matikan lampu ruangan kalau pun butuh sedikit cahaya gunakan lampu tidur yang kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups setuju untuk gadget dimatikan, kang denny.. kalau untuk lampu sepertinya tidak semua orang menyukai tidur dengan dimatikan lampu kamar meski sangat bagus untuk kesehatan.

      Delete
    2. mungkin bisa diakali dengan menyalakan lampu tidur kan gak terlalu terang tuh

      Delete
    3. boleh juga tuh usulnya, entar admin coba mas denny,hehehe
      ketahuan yg gak bisa tidur lampu dinyalain

      Delete