Facebook dan Dampaknya yang Membahayakan Bagi Manusia (Mengerikan!)

Hari yang kelihatannya sangat panas ditambah lagi dengan rutinitas kita yang padat fullday membuat serasa hati tak kuasa menahan penat. Kayaknya kalau sudah kebawa suasana hati yang tidak karuan, lelah, bosan dan jenuh, rasanya pengen meluapkan emosi, meluapkannya dimana? hayooo biasanya kemanakah muda mudi akan mengekspresikan curahan hatinya? buku diary? ah kuno! sekarang jamannya Facebook, semua orang memilikinya dan yang terpenting fasilitasnya adalah terupdate untuk 'curcol' alias curhat colongan. Menyenangkan bukan? tentu saja, itulah sebabnya facebook didirikan, karena sang pendiri sudah sangat memprediksikan website ini akan sangat booming dan mendunia. Tapi tahukah kamu kalau ternyata dibalik itu semua ada yang lebih mengejutkan lagi, yaitu Facebook dan Dampaknya yang Membahayakan Bagi Manusia.
Facebook dan Dampaknya yang Membahayakan Bagi Manusia

  
Ada banyak sekali kerugian bermain Facebook di antaranya:


Secara langsung ataupun tidak langsung

Pandangan dari segi agama islam, facebook memunculkan ujub dan riya kepada diri sendiri, ketika kita ketagihan untuk mendapatkan respon ataupun komentar dan like yang super banyak, kemudian mulai membandingkan diri dengan facebook orang lain yang tidak sepopuler kita, mulai timbul perasaan sombong, ini alami, karena sejatinya manusia membutuhkan apresiasi, tapi kalau kelebihan jelas salah besar dan efeknya jelek bagi jiwa si penderita.


Secara psikology

Adalah tercantum dalam hasil penelitian Dr. Larry Rossen seorang Professor dari California State University, ia menjelaskan bahwa facebook dan kecanduan yang diakibatkannya menimbulkan narsisme, membuat susah tidur, menyebabkan lebih cepat cemas dan depresi. Ini terbukti karena rasa ingin diakui yang manusia miliki, terkadang dimengerti facebook lebih baik melalui teman - teman dunia mayanya yang menyenangkan namun selanjutnya berakhir destruktif di dunia nyata.


Dari Faktor kesehatan

Facebook membuat insomnia dijelaskan oleh efek Psikology juga yaitu rasa ketergantungan yang berlebihan, kecanduan, kemudian berlanjut dengan masalah serius kerusakan mata, otak dan sistem tubuh yang lainnya. Efek radiasi gadget juga sudah sangat populer sebagai penyebab kanker di era globalisasi kini.


Dari segi ekonomi

Mungkin biaya data internet tidak terlalu mahal untuk sekarang ini, tapi kalau sudah kecanduan game facebook bahkan hingga ketergantungan parah, bayangkan berapa kocek yang harus dikeluarkan untuk sekedar memenuhi kebutuhan yang tercipta dari hobi yang merusak ini, bahkan kalangan pelajar sekalipun rela untuk bolos sekolah dan menghabiskan uang jajannya hanya untuk bermain facebook dan game di warnet. Bukan hanya game di facebook, chatting bersama teman - teman di dunia maya juga terasa sangat mengasyikkan, buktinya menguatkan fenomena banyak orang hidup di dua dunia, nyata dan maya, bahkan condong lebih melupakan kehidupan nyatanya.


Memunculkan kriminalitas

Sudah bukan cerita baru lagi untuk kita simak,  tentu masyarakat sering mendengar hal - hal semacam penculikan, pemerkosaan, perampokan, penipuan, bahkan berkat kebiasaan seseorang  posting status kegiatan sehari-hari bisa menjadi peluang untuk pelaku kriminal mencari celah waktu yang tepat untuk melakukan tindak kriminal kepadanya, ia hanya cukup mengamati dan merekam kegiatannya dengan mudah dari akun facebook tersebut.


Menghambat produktivitas

Kecanduan Facebook mengakibatkan seseorang menjadi loyo, secara dunia maya ia eksis dan aktif membuat status hingga terlena di dalamnya, akibatnya dunia nyata menjadi tidak teurus dengan baik, pekerjaan berantakan, prestasi menurun, bahkan  tidak produktiv samasekali.


Masih banyak kerugian yang lainnya

Dari sekian banyak kerugian yang bisa dijabarkan, hanya dua keuntungan bermain facebook diantaranya yaitu alat komunikasi dan tempat mencari teman. Facebook sebagai alat komunikasi sangat tidak bisa dipungkiri manfaatnya luar biasa membantu kehidupan kita. Kemudian tempat mencari teman,  kalau untuk mencari teman, tentu kita sering bertemu orang - orang di dunia nyata, tapi kalau dunia maya? hal itu akan menjadi cerita yang berbeda. Seseorang di dunia maya bisa saja mencitrakan dirinya seperti apa yang ia inginkan, dengan postingan status - status religious agar terlihat religious, bisa juga melakukan copy paste untuk memperkuat pencitraan, tapi sejatinya kita hanya bisa mengenal seseorang dengan baik melalui tindak dan tingkah lakunya sehari - hari, aktifitasnya dan tentu saja hal itu tidak bisa kita amati dalam kurun waktu sehari saja.

Masalah menggunakan facebook, kembali kepada manusia tersebut apa yang ingin diambil baik maka ambillah kebaikan di dalamnya. Beberapa orang menggunakan facebook untuk promosi bisnis dan pengembangannya, ini juga merupakan hal positif yang bisa kita petik dari penggunaannya. Fakta unik yang juga menarik lainnya adalah kebanyakan orang - orang sukses tidak menggunakan facebook untuk keperluan pribadi atau gaya hidup, tentu saja facebook amat baik untuk promosi bisnis, tapi tidak untuk privacy.


Dapatkan info terbaru via email gratis, jangan lupa klik konfirmasi pada email sobat:

6 Responses to "Facebook dan Dampaknya yang Membahayakan Bagi Manusia (Mengerikan!) "

  1. Padahal pembuat dan perintis facebook ini mempunyai tujuan yang mulia, tapi kadang-kadang pengguna yang menyalahgunakannya shig timbul kerugian diri sendiri dan kerugian orang lain...btw salam kenal aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengguna harus bijak mas dalam pemakaian medsos apapun itu termasuk fb,

      salam kenal kembali

      Delete
  2. iya bener tuh kata mas nya... Semua itu tergantung dengan pengguna FB
    #salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas tom tergantung dan tidak boleh ketergantungan

      Delete
  3. betool nih mbak. aktf di facebook kdng buat males mengutamakan pekerjaan dunia nyata.
    dlu jg kesenangan main fesbuk, tugas sekolah lupa dikerjakan. kena setrap deh :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang mending main blog ya Rahayu

      Delete