Anak Indonesia Berprestasi Pencipta Alat Pendeteksi Tsunami

Ketika ditanya siapa nama artis pemeran sinetron ini dan itu, masyarakat Indonesia langsung hapal. Ketika ditanya siapa nama vokalis band ternama, orang - orang Indonesia juga langsung unjuk bicara. Tapi kalau ditanya, tahukah kamu siapa Bambang Widiatmoko M.Eng? pasti satupun diantara kita tidak ada yang tahu. Beliau ini adalah Anak Indonesia Berprestasi Pencipta Alat Pendeteksi Tsunami. Keren bukan? Inilah salah satu bukti bahwa anak-anak Indonesia banyak juga yang berotak jenius. Kemanasaja kita? Sampai kapan para jenius-jenius negeri ini terpendam mati suri?

Anak Indonesia


Maksud terpendam mati suri ini adalah potensi mereka yang tidak difasilitasi, bayangkan seberapa besar kemampuan negeri ini bisa berjaya apabila setiap ilmuan yang tersedia diberikan peluang untuk mengembangkan karyanya. Tersebut Bambang Widiatmoko, M.Eng pernah menawarkan karyanya yang sangat populer dinegara lain kepada Indonesia yaitu pendeteksi tsunami melalui BAPPENAS, namun sampai kejadian Tsunami pada 26 Desember 2004, tidak ada tanggapan yang diperoleh. Terjadilah tsunami, seharusnya sebuah alat tersebut mampu mencegah bencana melanda kala itu bila terpasang, namun faktanya alat tersebut malah laris manis dinegara lain dan lebih dihargai ketimbang di negara sendiri.

Beberapa hasil penelitian beliau yang sangat populer di antaranya adalah penemuan OFCG yaitu alat pemecah sinar laser, pembangkit sisiran frekuensi optik dan alatnya ini telah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan luar negeri berbasis fiber optik. Di Jepang alat ini digunakan untuk perusahaan-perusahaan komunikasi, berkat penemuannya tersebut Bambang memperoleh penghargaan Medali anugerah Habibie dari The Habibie Center (THC), sementara karyanya yang lain adalah alat penghacur jarum suntik. Pernah datang ke rumah sakit dan disuntik? kemanakah semua jarum suntik itu dibuang? Faktanya kebanyakan rumah sakit dan puskesmas membuangnya entah kemana dan sebagian lagi menguburnya ke dalam tanah, padahal dari jarum tersebut bersumber dan tersarang penyakit yang tentu saja berbahaya sekali apabila tersebar lagi. Sudah ada alat penghacur jarum suntik karya anak indonesia, tapi entah bagaimana kisahnya, hanya sedikit yang peduli dan mengetahui akan funngsinya.

Dapatkan info terbaru via email gratis, jangan lupa klik konfirmasi pada email sobat:

3 Responses to "Anak Indonesia Berprestasi Pencipta Alat Pendeteksi Tsunami "

  1. Negara kita ini terkesan asal2an...
    Hobinya pkai yg luar..
    Tp potensi dalam tak pernah d perhatikan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang seperti itulah kenyataannya
      salam blogwalking

      Delete
  2. Indonesia memang penuh bakat-bakat hebat sebenarnya, cuma sayang acapkali kurang diperhatikan pemerintah. Dan akhirnya mereka lebih memilih hijrah ke negeri lain, karena di luar mereka lebih dihargai daripada di tanah kelahirannya

    ReplyDelete